1100 Talents Dipersiapkan untuk Jember Fashion Carnaval 2017

KITANESIA, JEMBER – Meski even Jember Fashion Carnaval (JFC) 2017 baru akan dilaksanakan Agustus, namun official #JFC2017 sudah mulai melakukan persiapan dalam tiga bulan lalu. Mulai dari rekruitmen para talent hingga pelatihan mewarnai persiapan awal even yang akan berlangsung 9-13 Agustus itu.

Bahkan persiapan ini sebenarnya sudah dirancang sejak setahun lalu. Yakni dengan menentukan tema Victory. ‘’Tema itu sengaja kami ambil, karena melihat kiprah JFC pada tahun-tahun sebelumnya, yang berhasil meraih sukses di berbagai even fashion carnaval baik nasional maupun internasional,’’ kata Wakil Presiden JFC, Suyanto, Rabu (14/6).
Tercatat berbagai even internasional berhasil diraih JFC.

jember

Seperti, Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang,  Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia, Best National Costume Miss Universe 2014 di Florida, USA  Best National Costume Miss Supranational 2015 di Warsawa, Polandia, Best  National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas Amerika Serikat, dan Best National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia.

Menurut Suyanto, JFC saat ini sudah memposisikan diri sama dengan fashion carnaval Internasional. Maka untuk tahun depan, even akan menambah lagi kategorinya. Yakni kolaborasi dengan drumband musik carnaval. ‘’Jadi sudah nggak jauh beda dengan even karnaval di Pasadena Amerika nantinya,’’ katanya.

jember

Kolaborasi dengan konser music drumband itu kini sudah mulai dimatangkan official JFC. Sehingga pada 2018 nanti, ada warna baru dari JFC. Bahkan, pada 2018 itu, pihaknya akan mengundang peserta internasional. ‘’Sekarang ini memang ada peserta luar negeri. Tapi itu perorangan. Selama ini, Kami belum berani mengundang peserta internasional dengan full delegasi,’’ kata Suyanto.

Seperti tahun sebelumnya, even JFC akan diisi pula dengan conference, pameran, dan Exhibiton. Bahkan kedepannya Official JFC akan mengemas lebih professional lagi untuk menjadikan JFC sebagai bagian dari MICE (meeting, incentive, Convention, Exhibition) Kota Jember. ‘’Sekarang kan sudah ada conference, pameran, dan exhibition. Nanti official JFC akan mengemas lagi lebih professional lagi sebagai bagian dari MICE,’’ jelasnya.
JFC 2017 ini akan melibatkan sekitar 1100 talen mulai dari TK hingga perguruan tinggi dan umum. Para talen itu sebagian besar merupakan putra putri Kota Jember. Mereka akan menyusuri catwalk jalan sepanjang 3,6 km. ‘’Pokoknya 90 persen warga Jember,’’ kata Suyanto menambahkan.

Even yang dihadiri lebih dari ratusan ribu pengunjung ini harus diakui menjadi multiple efect secara ekonomi bagi Jember. Tidak hanya hotel yang yang merasakan fullbooked, namun masyarakat yang mengambil peluang bisnis selama pelaksanaan JFC turut pula merasakannya. ‘’Ya mayarakat Jember juga kebagian secara ekonomi. Mulai dari mereka yang menjalankan bisnis kuliner, souvenir dan trasnportasi. Bahkan sampai tukang parkir kebagian rejeki,’’ ujarnya.

Menpar Arief Yahya bakal menetapkan Jember sebagai Kota Carnaval. Karena sudah 16 tahun non stop menggelar JFC yang semakin mendunia. JFC juga konsisten, menjadi ikon Kota Jember, Jawa Timur. “Saya yakin Jember dengan fashion cnarnaval itu semakin menarik wisatawan, bukan hanya nusantara, juga mancanegara,” ungkap dia.
(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN