Pantai Tanjung Lesung

Indonesia beruntung dianugerahi banyak pantai dengan pemandangan memesona. Hampir di setiap daerah di Nusantara terdapat pantai indah baik yang sudah banyak tersohor maupun yang belum banyak dikenal. Salah satu pantai indah yang patut dikunjungi adalah Pantai Tajung Lesung di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Apabila sebelumnya saat berkunjung ke Banten memilih Pantai Anyer atau Pantai Carita maka kali ini mengapa tidak Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung.Di sini pemandangan pantainya tidak kalah memukau dengan air lautnya bak danau yang luas serta perbukitan yang tidak begitu curam.

Nama ‘tanjung lesung’ menurut penuturan masyarakat setempat berasal dari penamaan lokasi pantainya yang berupa daratan menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu alat tradisional penumbuk padi. Pantai ini luasnya sekira 1.500 hektar dan resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1998. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten.

Pantainya yang berupa daratan menjorok ke laut mirip ujung lesung

Ketika berada di pantai ini Anda akan merasa seperti berada di Bali karena pantainya memang mirip di Pulau Dewata. Hamparan pasir pantainya yang landai mencapai 15 kilometer memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan bersenang-senang, mulai dari bermain pasir, berjemur, atau berolahraga.
Selain kawasan pantainya yang masih bersih dan alami, Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan hamparan pasir putih bak permadani. Berjalan di atasnya ditemani semilir angin sepoi merupakan kenikmatan tersendiri. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga memungkinkan Anda untuk berenang, bermain jetski, snorkeling, naik perahu, ataupun memancing.
Kawasan Pantai Tanjung Lesung sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Suasanya tenang dengan balutan pemandangannya alam yang romantis. Berjalan di pinggir pantai saat sore hari bersama pasangan sambil bergandengan tangan dan mendengarkan deburan ombak akan sangat indah dan menjadi kenangan berkesan dan romantis.
Pantai Tanjung Lesung juga cocok untuk wisata keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk berwisata di pantai ini. Anak Anda pasti senang berenang dan bermain pasir di pinggir pantai sembari Anda mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Tanjung Lesung 1
Bagi pecinta Alam, Anda bisa menikmati kekayaan hayati dan pesona alam bawah laut pantai ini. Menyelam merupakan kesempatan untuk menyaksikan indahnya terumbu karang, ubur-ubur, siput kecil yang terlihat malu-malu bersembunyi di balik terumbu karang, serta berbagai jenis ikan yang bermain kejar-kejaran dan sesekali datang menghampiri. Anda juga bisa belajar cara mentransplantasikan terumbu karang di lokasi konservasi yang ada di tengah lautnya.
Fasilitas yang tersedia di pantai ini diantaranya adalah: information center, lifeguard, money changer, parkir area, banana boat, glass bottom boat, snorkeling, kayak sea, mini golf, pool, fishing pool, park, shelter, children playing area, dan lainnya.

Tanjung Lesung 4

KULINER

Kuliner khas di sini tentunya makanan bercita rasa hidangan laut. Tersedia beragam warung, rumah makan, dan restoran yang menyediakan menu tersebut.
Setiap Sabtu malam, di sepanjang pantainya, rumah makan dan restoran menyediakan hidangan laut segar bernama barbekyu.

BERBELANJA

Di Pantai Tanjung Lesung, Anda dapat berbelanja kerajinan tangan dan berbagai oleh-oleh nuansa pantai karena tersedia toko penjualnya.

AKOMODASI

Di Pantai Tanjung Lesung tersedia penginapan dengan berbagai variasi dan tipe, baik itu hotel, villa, resort, ataupun home stay dengan beragam harga. Untuk home stay tarifnya sekira Rp100.000,- per malam, sedangkan di vila, hotel, maupun resor tarifnya Rp500.000,- hingga Rp2 juta per malamnya. Berikut ini beberapa referensi untuk Anda.

KEGIATAN

Pantai Tanjung Lesung terhampar elok di ujung barat Pulau Jawa ibarat runcing dari cula badak. Pantai ini amat memukau dengan air tenang dan jernih serta bagian laut yang menjorok ke pantai membentuk lagoon.
Banyak hal dapat Anda lakukan di Pantai Tanjung Lesung, selain menenangkan suasananya, pantai ini juga dapat membangkitkan semangat Anda. Bangunlah di pagi hari bersamaan mentari terbit lalu berlari pagi-lah di pinggir pantai. Anda juga dapat berenang atau sedikit memacu keberanian dengan bermain jetski, snorkeling dan menyelam.
Untuk pilihan lebih santai, Anda bisa duduk di pondok wisata yang ada di pinggir pantai sembari menikmati secangkir kopi hangat ditemani indahnya pemandangan burung laut yang terbang rendah dikejauhan mencoba menangkap ikan layaknya nelayan.
Di pagi hari, Anda dapat berolahraga di pinggir pantai sambil menunggu Matahari terbit ditemani burung laut terbang di atas laut lepas. Jika Anda pernah menyaksikan lukisan pantai dengan burung terbang di atasnya maka kini saatnya Anda membuatnya menjadi kenyataan.
Pastikan selama di sini Anda puas memancing mengingat daerah ini merupakan rumah bagi banyak ikan. Posisi pantainya tidak menghadap langsung ke laut lepas sehingga hembusan angin dan deburan gelombang tidak terlalu besar dan cocok untuk memancing.
Anda juga bisa menikmati indahnya Matahari terbenam dengan pasangan sambil duduk di atas perahu nelayan yang Anda sewa. Suasana ini seperti berada di atas Gondola di Venecia bedanya mungkin nelayan di pantai ini tidak bisa bernyanyi seindah pendayung perahu di Venicia. Akan tetapi, nelayan di Pantai Tanjung Lesung cukup ramah untuk Anda berbagi pengalaman hidup.
Demi suasana baru, Anda bisa mengunjungi Pulau Liwungan dengan menggunakan perahu nelayan atau speedboat kira-kira 30 menit perjalanan. Di pulau seluas 50 hektar tersebut Anda dapat menikmati menikmati keindahan Selat Sunda, panorama Gunung Krakatau di kejauhan, atau melihat konservasi terumbu karang di tengah laut.
Mengapa tidak Anda menyusuri perkampungan nelayan (Kampung Cipanon) yang terletak tidak jauh dari pantai ini. Kampung wisata tersebut menawarkan paket outbound unik dan seru, seperti: Wisata Budaya Nelayan, Wisata Matahari Terbit (Sun Rise Boat Trip), Wisata Memberi Makan Burung Camar, Wisata Konservasi (Penyelamatan Terumbu Karang), dan Fun Games di Pulau Liwungan.

TRANSPORTASI

Menuju lokasi pantai Anda akan melalui jalan provinsi yang mulus dan jaringan telekomunikasi pun mencukupi. Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.
Untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Lesung maka Anda bisa mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak. Berikutnya keluar melalui pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga berakhir di Pantai Tanjung Lesung.
Pilihan rute yang lain adalah setelah mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak maka keluarlah melalui Gerbang Tol Cilegon. Lanjutkan perjalanan menyusuri pesisir Anyer-Carita hingga ke arah Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.
Anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju pantai Tanjung Lesung dengan bus ke arah Terminal Labuan. Berikutnya lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju lokasi pantai Tanjung Lesung.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN