Bandara Abdul Rachman Saleh Malang Ditutup Akibat Erupsi Gunung Bromo

Kitanesia.co– Erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur yang membawa abu vulkanik ke arah Barat-Barat Daya menyebabkan Bandara Abdul Rachman Saleh ditutup mulai Senin (11/07/2016) pukul 11.00 WIB hingga Selasa (12/07/2016) pukul 09.00 WIB. Hujan abu vulkanik tipis di sekitar bandara menyebabkan pihak otoritas bandara menutup semua aktivitas penerbangan hinga besok hari.

“Gunung Bromo pada Senin pagi secara visual cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 9-20°C. Asap kawah teramati kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 300-1200 meter dari puncak kawah kearah Barat-Barat daya. Berdasarkan pengamatan Pos Gunung Bromo PVMBG secara seismik tremor amplitudo maksimum 1-5 mm dominan 2 mm. Artinya potensi erupsi kecil dengan membawa material abu vulkanik tipis masih akan berlangsung.” ujar Sutopo Purwo Nugroho –
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Status Gunung Bromo tetap Waspada (level II). Rekomendasi PVMBG dalam status WASPADA  masyarakat di sekitar G.Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif G.Bromo.

Gunung Bromo tetap aman untuk wisata asal tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km

Masyarakat dihimbau tenang. Tidak perlu ada pengungsian. Pihak otoritas bandara akan terus berkoordinasi dengan PVMBG dan BMKG mengenai buka tutupnya bandara.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN