Buffer Zone – Pemudik Tidak Perlu Antri Beli Tiket di Pelabuhan.

Kitanesia – Lagi – lagi ditahun ini ada sebuah sistem baru yang dikembangkan oleh Pemerintah dalam memaksimalkan pelayanan terhadap pemudik , untuk meminimalisir antrian di pelabuhan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga membuka booth penjualan tiket di Rest Area (buffer zone) khususnya di KM 43 dan 68 Tol Tangerang – Merak yang rencananya akan dimulai H-12 (23 Juni 2016), selama 24 jam. Untuk arus baliknya, booth penjualan tiket akan tersedia di Hotel 56 Kalianda, Lampung Selatan.

“Buffer zone ini menjadi alternatif bagi pengguna jasa, sehingga tidak perlu antri beli tiket di pelabuhan. Dengan pembelian di buffer zone, pengguna jasa dapat menikmati jalur khusus (fast track) di pelabuhan saat akan naik ke kapal. Fast track akan disediakan di jalur 1 dan 2 menuju dermaga 1 dan 3,” kata Kemal.

Berdasarkan data ASDP, jumlah trip kapal di lintasan Merak – Bakauheni yang merupakan jalur penyeberangan tersibuk akan mengalami kenaikan 2 persen dari 1.566 trip tahun lalu, menjadi 1.597 trip tahun ini. Jumlah penumpang akan mengalami kenaikan 13 persen, truk sebanyak 4 persen, sepeda motor 5 persen, kendaraan kecil 8 persen, dan bus sebanyak 5 persen.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy Cannon mengatakan, saat arus puncak mudik diperkirakan akan mencapai 112 trip, dengan jumlah penumpang bisa mencapai 90.000 orang per hari , sepeda motor 20.000 unit per hari, dan sekitar 13.000 kendaraan kecil per harinya. Namun demikian, kapasitas terpasang kapal akan mencukupi karena akan dioperasikan kapal berukuran besar mulai H-5. ”Sebanyak 56 dari total 59 unit kapal yang beroperasi di Merak, siap melayani angkutan penyeberangan selama mudik Lebaran 2016,” ujar Tommy.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN