Bupati dan Walikota Se-Indonesia Berkomitmen Capai Target Sanitasi Layak 100 Persen Tahun 2019

KITANESIA, BANDA ACEH – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menunjukkan komitmennya membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi sehat. Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada acara Konferensi City Sanitation Summit XVI yang diselenggarakan Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se-Indonesia di Banda Aceh, Kamis (24/11).

Konferensi yang dibuka oleh Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  (Menko PMK) Puan Maharani juga dihadiri Ketua umum AKKOPSI yang juga walikota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dodi Krispratmadi, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S.Atmawidjaja serta dihadiri 55 wali kota dan bupati anggota Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se-Indonesia.

Menko PMK Puan Maharani dalam sambutannya meminta Kementerian PUPR untuk memberikan dukungan program dan bantuan alat berat dalam mendukung daerah terutama terkait pelaksanaan program peningkatan akses sanitasi yang sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Menurutnya pembangunan infrastruktur dasar untuk air minum dan sanitasi selaras dengan GERMAS yang beberapa waktu lalu telah diluncurkan sebagai upaya membentuk perilaku hidup sehat.

Ia berharap konferensi ini dapat menginspirasi percepatan peningkatan akses sanitasi untuk seluruh daerah dan pencapaian sanitasi layak 100 persen yang targetnya tercapai pada 2019.

“Saya yakin pada tahun 2019 dapat tercapai,” katanya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan sanitasi bernama Sanipura Award tahun 2016 kepada sejumlah Bupati  dan Walikota atas pencapaiannya dalam mendorong sanitasi sehat di daerahnya.

Menteri Basuki dalam acara menyampaikan kepada penerima Sanipura Award untuk mengusulkan dukungan yang diperlukan dari Kementerian PUPR baik berupa program atau kebutuhan alat berat pada tahun depan.

“Saya berkomitmen memberikan bantuan tersebut untuk memotivasi, kita selama ini juga telah memberikan bantuan kepada daerah-daerah berupa escavator, dan tanki air. Dengan ada penghargaan ini saya support, tapi harus pilih mau dukungan program atau alat berat,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pembacaan Deklarasi Banda Aceh Tahun 2016 yang berisi komitmen para Walikota dan Bupati seluruh Indonesia dalam mensukseskan pembangunan sanitasi di daerah yang dibacakan oleh Ketua Bidang Advokasi dan Komunikasi AKKOPSI Illiza Saaduddin Djamal.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN