Distribusi Beban Jalan Merata, Arus Balik Lancar

Kitanesia.co – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemenhub Sugihardjo mengatakan arus balik pada lebaran tahun 2016 ini khususnya lalu lintas jalan relatif lebih lancar dibandingkan dengan arus mudik. Hal tersebut karena  adanya koordinasi yang lebih baik antar semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan angkutan lebaran 2016.

“Salah satu penyebabnya adalah pendistribusian beban jalan yang relatif lebih merata,” kata Sugihardjo saat memberikan penjelasan kepada sejumlah media di Posko Monitoring Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 di Jakarta, Senin (11/7).

Pada arus balik ini, beban jalan terdistribusi lebih merata. Masyarakat banyak yang melewati jalur selatan sehingga jalur selatan lebih padat dibandingkan dengan arus mudik.

“Jalur selatan memang jadi lebih pads tapi kan tetap bergerak bila dibandingkan dengan ketika arus mudik, kapasitas ruas jalan Kota Brebes dan Tegal tidak dapat menampung semua kendaraan,” ungkap Sugihardjo.

Faktor lainnya, di Kota Brebes, ketika arus mudik, arus kendaraan yang besar masuk ke kapasitas jalan yang kecil sehingga mengakibatkan kemacetan. Namun, ketika arus balik, arus kendaraan dari jalan arteri masuk ke jalan tol yang berkapasitas besar sehingga dapat mengurai kemacetan.

Saat melakukan pengecekan langsung ke Brebes pada Minggu (10/7) pagi melalui Palimanan dan sampai ke Jakarta dengan  menempuh sekitar 5 jam perjalanan. “Memang Minggu sore dan Minggu malam lebih padat,” tambah Sugihardjo.

*(KitaPH)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN