Garuda Muda Menggulung Swedia di Final – Selamat Datang Fajar Sepakbola Indonesia !

KITANESIA– Gamla Ullevi Gothenborg Swedia, 23 Juli 2016, Khairul Iman Zakiri, Reyhan Syaviano dan Egy Maulana Vikri memberondong gawang IF Elfsborg, lawan hanya mampu membalas 1 gol. Peluit panjang berbunyi. Pertama dalam sejarah, Indonesia juara dunia !

gal_ope_2

Ya juara dunia…Sejak berdirinya PSSI 19 April 1930, baru kali ini Indonesia meraih gelar juara dunia di salah satu turnamen FIFA. Gothia Cup adalah kejuaraan dunia junior terbesar di dunia, yang sudah berlangsung sejak tahun 1975 di Gothenborg Swedia. Acara ini sejak dimulainya memang sudah sangat spektakuler karena selain menjadi ajang kompetisi junior, acara ini mengembang misi persahabatan sedunia. Pada ajang pertamanya, dihadiri 275 tim dari 5 negara yang memainkan 700 pertandingan di 16 lapangan rumput eksotik di Valhalla, surga Odin All Father bangsa Viking. Zlatan Ibrahimovic dan Alan Shearer adalah contoh pemain dunia alumni kejuaraan ini. Pada tahun 2016 ini berkumpul 1709 tim dari 80 negara yang memainkan 4170 pertandingan di lebih dari 100 lapangan!

gal_ope_8

Gothia Cup adalah kejuaraan dunia junior terbuka dari umur 11 sampai 18 tahun. Peserta bisa berasal dari klub yang tergabung dalam asosiasi sepakbola yang berafiliasi ke FIFA atau tim yang berafiliasi dengan sekolah sepakbola (SSB). Segera setelah Indonesia terbebas dari sangsi FIFA 13 Mei 2016, sejumlah sekolah sepakbola membentuk tim, yang kemudian dengan dukungan beberapa sponsor berhasil menseleksi banyak pemain dan membentuk 6 tim di kelompok umur (KU ) 13,14,15 dan 16 tahun.

gal_ope_9

Indonesia ASIOP (Akademi Sepakbola Intinusa Olah Prima) Apacinti adalah tim yang ikut di U-15. Sebelum bertarung di Gothenborg, tim ini sudah bersiap dengan mengikuti liga Kompas di Indonesia dan melakukan ujicoba pertandingan di Oslo Norwegia

“Saya bilang ke anak-anak kita tidak punya target tapi bermainlah sebaik mungkin” (Benny Soetrisno, pendiri dan pembina ASIOP Apacinti).

Kelompok U-15 diikuti 229 klub dari 36 negara. Pada babak penyisihan, para peserta dibagi menjadi 55 grup, dimana Indonesia tergabung pada Grup 21 bersama dua klub Swedia Ahus Horna BK dan Gerdskens BK dan satu klub Jerman, SC Nienstedsen. Tim Indonesia berangkat ke Gothenborg melalui Oslo, dengan sambutan yang hangat dari duta besar Indonesia dan staff serta warga Indonesia di negara Viking tersebut. Pada acara pembukaan, tim memakai pakaian tradisional Indonesia.

Gothia 2

Senin, 18 Juli 2016 pukul 17.30, pertandingan pertama Indonesia melawan Ahus Horna BK di Kviberg 25 Oester. Belum 3 menit, Dennish Diaz Himawan sudah mencetak gol pertama Indonesia dan astaga….menyusul 10 gol lagi. 11 – 0 untuk Indonesia,Egy Maulana Vikri mencetak penttrik,Luar biasa…Pernah tim senior kita buat skor sebesar itu???

Berikutnya Gerdskens BK dibantai 1 – 4, dan SC Nienstedsen disikat 0 – 3, dan Indonesia menjadi juara grup 21 dan maju ke babak playoff. Selanjutnya Tim Indonesia berlaku seperti tim Magnificient Magyar Hongaria di Piala Dunia 1954. Berturut-turut AFK Linkoping Vit Swedia dibabat 5 – 0, lalu Mossens BK Swedia 4 – 1, Skara FC 3 – 0, Oppsal IF Norwegia 5 – 1, dan PFC Botev Bulgaria 5 – 3 dan sampailah Indonesia ke semifinal.

ULLEVI GÖTEBORG FINAL GOTHIA CUP 2016 BOYS 15 ASIOP APACINTI - ELFSBORG JUBEL HOS INDONESIERNA FOTO TOMMY HOLL
ULLEVI GÖTEBORG FINAL GOTHIA CUP 2016 BOYS 15 ASIOP APACINTI – ELFSBORG JUBEL HOS INDONESIERNA FOTO TOMMY HOLL

Lawan di semifinal adalah tim Jepang yang diwakili oleh JL Juniors di Overasvallen, sebuah klub yang terkenal kuat , karena tim ini adalah kumpulan pemain binaan klub besar di Jepang. Biasanya setiap Indonesia bertanding, hanya dalam waktu 5 menit pertama sudah dapat menciptakan gol, namun kali ini dalam babak pertama hanya memberi hasil kacamata. 8 menit memasuki babak kedua, sang top skor Indonesia Egy Maulana Vikri menjebol gawang JL Junior, namun 4 menit kemudian Yusuke Aoki berhasil membalas. Pertarungan menjadi seru dan menegangkan…namun 4 menit sebelum bubar Vikri berhasil menjebol lagi gawang JL Junior 2 – 1….Indonesia masuk Final !!.

gal_mat_7

Gamla Ullevi Gothenborg Swedia, Sabtu, 23 Juli 2016, stadiun legendaris Swedia yang pada tahun 1958 menjadi saksi Pele dengan “Ginga Style” menjebol gawang tuan rumah, gol terindah sepanjang final Piala Dunia, dan membawa Brasil menjadi juara dunia untuk pertama kali. Di stadion inilah Indonesia menghadapi klub tuan rumah IF Elfsborg.

maxresdefault-1

Cobaan datang sejak awal hari, ketika tim sampai ke halte bus untuk menuju stadion, ternyata karena Sabtu hari libur, maka schedule bis lebih lambat 20 menit dari biasanya. Karena terlambat maka official tim akhirnya berembuk untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Akhirnya diputuskan bahwa tim tetap akan menunggu bus yang jadwalnya lebih lambat 20 menit dari biasanya.

bus-

“Kami yakin di Swedia semua bis tiba tepat pada waktunya….” Ade Prima (Direktur Tim)

Dan tentu saja bis yang ditunggu datang tepat waktu, sehingga mereka dapat segera berangkat. Halte bis tempat mereka akan turun berjarak 500 meter dari stadion, karena merasa terlambat maka akhirnya diputuskan bahwa mereka akan berlari menuju stadiun sekaligus pemanasan. Benar saja panitia sudah menunggu tim yang memang datang terlambat, sehingga tanpa basa-basi mereka langsung menuju ruang ganti.

Screen Shot 2016-07-26 at 2.57.51 PM

“Ruang ganti tim sangat bagus” “Di masing-masing bangku sudah ada nama masing-masing pemain” Ade Prima (Direktur Tim). Walau terlambat, sejak di kamar ganti putra-putra kebanggan Indonesia sudah menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Akhirnya peluit pertandingan pun dibunyikan, dimulailah perhelatan akbar tersebut. Indonesia memulai dengan baik, bahkan saat pertandingan baru berjalan 4 menit, Firdas Hilmi mendapat peluang cantik namun tidak berhasil membuahkan gol, namun 4 menit kemudian lahirlah sebuah gol dari Indonesia yang dicetak Imam Zakiri saat memanfaatkan pantulan tendangan bebas. Kurang dari 4 menit babak pertama berakhir, gol kedua kembali tercipta dari tendangan Reyhan Syaviano, score berubah menjadi 2 – 0 untuk keunggulan Indonesia, dan bertahan sampai turun minum.

Pasukan peri tuan rumah berjuang mati-matian untuk mengejar ketinggalannya, dan memperoleh beberapa peluang namun belum melahirkan gol. 4 menit babak kedua berjalan, Egy Maulana Vikri, sang top skor, kembali menjebol gawang pasukan peri 3 – 0. Luar biasa Vikri !…26 gol…dari 13 pertandingan beruntun!, lebih hebat dari Just Fontaine yang cetak 14 gol dalam 1 piala dunia 1954, lebih hebat dari Miroslav Klose, top skor piala dunia sepanjang masa dengan 16 gol, dan juga lebih hebat dari Jairzinho, yang “cuma” mencetak 7 gol dari setiap 7 pertandingan di piala dunia tahun 1970. Tidak salah akhirnya Egy Maulana Vikri, sang anak Medan terpilih sebagai the Most Valuable Player (MVP) di kejuaraan ini….

mvp

Tuan rumah hanya mampu membalas gol hiburan di menit 10 babak kedua lewat Alexandar Ceganjac. Tuan rumah harus mengakui kegagahan Indonesia, negara ke–20 yang menjuarai FIFA International Youth Cup. Tuan rumah harus melihat Indonesia mengangkat trophy FIFA pertamanya, sama seperti tuan rumah harus melihat Brasil dan Pele di stadion yang sama mengangkat Jules Rimet Cup untuk kali pertama 1958.

gothiacup

This is incredible, fantastic. The boys played very great this tournament. We have trained three months for this, it’s a dream come true (Ade Wellington ,Team Manager)

Selamat Datang Fajar Sepakbola Indonesia ! Unbeatable 45 gol dari 10 pertandingan !

Semoga bisa mengikuti jejak Brasil dan Pelenya yang meraih masa keemasan setelah meraih trophy pertamanya !

Sepenggal Kisah Saat Menyambut Sang Juara..

Unknown-10

Tepat Pukul 16.30 Rombongan Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia Sepakbola Junior Gothia Cup 2016 yang diwakili oleh ASIOP tiba di Bandara Soekarno – Hatta, disambut oleh keluarga dengan penuh haru dan bangga dan sudah sejak pukul 14.00 mereka telah menunggu, selain pemilik club Benny Soetrisno tak ketinggalan pula dari Kantor Staf Presiden dari Deputi Komunikasi Eko Sulistio dan Tim tampak menjemput.

Unknown-9

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh keluarga pemain yang sudah menunggu di depan pintu keluar terminal 2 E ini, suasana penuh bangga dan haru terlihat menyelimuti suasana sore itu, semangat keluarga salah satu pemain yang membawa rombongan ayah,ibu, adik, bude, tante dan tak ketinggalan sang nenek pun ikut menjemput “saya kangen dengan cucu saya, dia dan timnya sudah begitu luarbiasa dalam berjuang membela merah putih, saya bangga sekali“ ujar nenek Fatimah yang menjemput salah satu pemain Reyhan Syaviano pencetak Gol kedua saat laga final melawan tuan rumah.

Unknown-1

Lain halnya seperti yang diutarakan oleh salah satu orang tua pemain yang turut mendampingi putranya berlaga di Swedia, totalitas tampak sekali di wajah Fanny Irawan “ Kebetulan anak saya memang sekolah akademi Sepakbola di Spanyol dan ikut membela Tim ini di Swedia, kalau lihat perjuangan mereka saat bermain di turnament itu sampai ”merinding”, anak-anak ini sangat tangguh dan ngga gentar dengan lawan, lawan terberat mereka di turnamen ini adalah Bulgaria yang memiliki stamina yang prima dan juga Timnas Jepang yang sangat taktis dan cerdik dalam bermain, tapi anak –anak mampu mengatasi dengan baik, luar biasa mereka .“ ungkap Fanny

Begitu pula yang disampaikan Yahya asisten pelatih yang pernah melatih di Arsenal Indonesia ini mengatakan “Anak-anak ini ngga boleh berhenti disini, mereka harus tetap berlanjut, mereka adalah embrio – embrio Tim Nasional Indonesia masa depan” ujarnya.

Ass. Pelatih Yahya dan MVP dan Top Scrorer- Egi
Ass. Pelatih Yahya dan MVP dan Top Scrorer- Egi

Acara temu kangen dengan keluarga sore itu diakhiri di sebuah restaurant di seputar bandara , para pemain masing–masing mendapat hadiah sebuah celengan ayam, terpancar wajah gembira dan cerianya anak–anak ini saat menerima hadiah itu, tak ketinggalan pula dari wajah Egy Maulana Vikri yang diganjar MPV dan Top Scorer dengan 26 golnya dalam 13 pertandingan “ Mas tolong sampaikan pesan saya untuk Presiden, kami telah berhasil membuat Indonesia dan orangtua kami bangga, ini hadiah dari kami anak–anak Indonesia untuk Kemerdekan dan kalau beliau berkenan kami ingin bertemu Presiden “ ujar Egy, si anak Medan yang luar biasa ini menitip pesan kepada tim kitanesia, seperti kita ketahui bersama Presiden sangat mendukung sekali kemajuan sepakbola Indonesia, berbagai jurus – jurus telah dilakukan untuk perkembangan dan kemajuan sepakbola nasional.

ayam-celengan

Sore itu adalah sore yang sangat mengembirakan saat berkumpul dengan keluarga dan kangennya mereka dengan masakan khas Indonesia, namun mereka harus melanjutkan kembali perjalanan menuju Kemenpora yang mendadak menghubungi tim untuk bisa berkunjung kesana, Kemenpora sendiri tidak tampak hadir dalam penyambutan mereka, mudah-mudahan saja Kemenpora yang harusnya menaungi mereka tidak selalu dadakan dalam membuat perencanaan untuk masa depan sepakbola Indonesia.

Unknown-4

*(Tim Redaksi Kitanesia.co)

Baca juga kisah perjuangan pesepakbola muda Indonesia dalam cerber “Gawang Merah Putih” episode 1-11 bersambung…

MERAH PUTIHMU

253 KOMENTAR

  1. Luar biasa! Saya sangat bangga mengetahui kabar ini. Semoga mereka menjadi pemain sepak bola professional dan berkiprah di luar negeri.
    Kita harus memotivasinya, jangan biarkan mereka jadi tidak semangat karna urusan politik negeri ini.

  2. Sekali lagi ini membuktikan bibit pemain muda kita setara atau bisa dikatakan lebih unggul dari negara lain berkaca pada hasil diatas, namun demikian masih menjadi pertanyaan besar mengenai akan dibawa berkompetisi dimana talenta emas ini mengingat kompetisi nasional kita dan pssi yg masih carut marut.

  3. Perjuangan yang berat….semangat yang membara dan kemenangan yang sempurna. Selamat Adik-adikku, aku bangga pada kalian. Sekiranya Pemerintah memandang sebelah mata kepada kalian, jangan surutkan semangat kalian, karna kalian adalah penerus bangsa. SEMANGAT!!!!!!

  4. Subhanallah akhirnya muncul juga bibit2 emas sepak bola indonesia,semoga allah selalu memelihara mereka agar tidah tercampur kedalam kepentingan politik negri yg kita cintai ini…..amin..

  5. Serasa ga percaya.. bener tuh sampevmau mewek bacanya… salut. selamat buat bocah bacah.. jangan menyerah semoga bisa menjadi pemain top dunia…

  6. Good luck the young Garuda sayang timnas senior ga pernah seperti ini,semoga kalian jadi superstar bro semoga lebih maju lagi jangan mau kalah

  7. Mana sambutan dari para pejabat Kementerian Olah Raga, Anggota Dewan, dan pejabat lainnya…? sungguh penyambutan kurang greget atas prestasi yang luar biasa ini

  8. Turut gembira dan haru saat membaca ini. Membayangkan Indonesia Raya berkumandang di negara orang dalam kemenangan. Semoga banyak yang jadi pemain di Liga Eropa. Jangan mau jadi pemain di liga Indonesia karena nanti gak akan jadi pemain bagus.

  9. Satu kata Alhamdulillah, saat di dalam negeri sepakbola Indonesia masih belum bersih dari konflik tapi adik-adik ini menunjukkan apapun keadaan di dalam negeri tidak jadi masalah, prestasi tetaplah prestasi jika mau memberikan dan mengerahkan yang terbaik saat berlaga. MERDEKA !!!

  10. Kami bangga kepadamu para anak muda. Majulah trus dan pantang untuk mundur. Walaupun liku2 badai menghadang di negri ini. Merdeka

  11. Saya sangat bangga dan terharu membaca berita ini, sangat membanggakan junior kita ini, PSSI jangan hanya memberikan penghargaan yg bersifat serimonial saja, ini asset bangsa kita, PSSI jangat hanya bisa memberikan sanksi, tapi bagaimana kelangsungan pembinaan terhadap prestasi yang telah dicapai para junior ini. Selamat dan Sukses para Pelatih dan Sponsor yang sangat membenggakan ini.

  12. Kita harus jaga bersama kemurnian perjuangan dan nasionalisme bibit2 bintang dunia dan pahlawan2 muda kita ini dari kebejatan moral politikus dan oportunis bisnis di negeri ini termasuk kelo,pok mereka yg sdh duduk di kursi pemerintahan,

  13. Baca aja merinding hehe. Apalagi pas nyanyi INDONESIA RAYA di ruang ganti. Beh seperti kesambar SEMANGATnya ^_^

    Tulisannya juga Bagus, Enak dibaca hingga selesai.

    INDONESIA JAYA !!!

  14. Bangga sekali mendengarnya, Masa dpn ind sdh tmpk pd di depan mata, kalianlah yg akn mengharumkanya…ttp berlatih jgn bangga smp si situ saja,target berikutnya hrs naik kelas.

  15. Kecilnya pemain indonesia mantap mantap
    Besarnya…..? Waktu u19 mengalahkan korea selatan saya sangat senang sekali.
    Kemana mereka sekarang…..?

  16. Alhamdulillah… Generasi unggul.. Generasi Juara…….Generasi Bangsa. Inilah Sinyal bahwa nuswantara akan bangkit memimpin peradaban Dunia.
    Selamat anak anak… Trimkasih atas perjuanganmu.

  17. Alhamdulillah… Generasi unggul.. Generasi Juara…….Generasi Bangsa ini. Inilah Sinyal bahwa nuswantara akan bangkit memimpin peradaban Dunia.
    Selamat adik adik…. Trimkasih atas perjuangan kalian.

  18. Tersenyum dan berurai air mata haru … ternyata masih ada yg boleh membanggakan rakyat Indonesia ditengah-tengah kekisruhan bangsa. Respect!!!

  19. gak berkata apa2 lagi,cuman bisa bilang HEBAAAAAAAAATTTTT…..,KEEEREEEEENNNN……..,ane Bangga pada mu GARUDA MUDA acungan sepuluh jempol kalo bisa.LANJUTKAN!!

  20. pas lagi baca perasaan lagi mimpi tapi pas sadar ternyata benar2 lagi di alam sadar. bravo…bravo…bravo… garuda muda. yakin kedepannya indonesia bisa unjuk gigi dikancah sepak bola dunia seniornya.

  21. ahkirnya sekian lama Indonesia bisa unjuk gigi ke dunia sepakbola walau mereka2 masih Junior. Semoga besar nanti bisa lebih kuat dan solid dlm timnya.Amiin. Terharu bener2 bacanya ini.

  22. Amazing, Saluuuttt atas prestasi kalian semua, semoga pak presiden dan menpora bisa melihat keberhasilan kalian sebagai tonggak awal membangun sepak bola indonesia di masa ug akn datang.

  23. Bangga…terharu ternyata INDONESIA BISA maju trs sepak bola Indonesia..☆ada video pertandingannya ga yaa..penasaran bgt…

  24. prestasi yang sangat membanggakan. Ini menjadi ke depan bagaimana bisa menjaga bibit ini tetap berprestasi sampai tingkat senior.
    fokus kepada sepakbola jangan terpengaruh dgn iming2 ketenaran sesaat dgn lebih sering tampil sebagai selebritis di media daripada di lapangan hijau.

  25. Ini baru luar biasa2… gak pake berita2 apa keberangkatannya lgsg pulang membawa berita membanggakan.. talenta ini sebaiknya dididik dluar negeri saja biar dpt kompetisi dan pembinaan yg sehat drpd hancur sm sistem di dlm negeri….

    Hebatnya ini tdk merepotkan pemerintah malah… beda sama si pembalap f1 yg ngemis2 uang ber miliar cmn pgn main di f1 tim gurem….

  26. Kalau memang sekrng indonesia mndapat juara Dunia di usia 15 tahun maka 2018 indonesia harus bisa menang level asia tenggara U17….. dan bisa menang AFF U19….. jika emank bner lagi…. indonesia harus bisa menang Di AFF U21….Dan 2025 indonesia harus bisa menang di level ASIA dan bisa lolos ke PIALA DUNIA KELAS PROFESIONAL….. BUKTIKAN…… JGN JAYA Dimasa kecil saja….. beri dukungan dari pemerintah…… jgn merubah TiM…. tetap tim yg sma….kembangkan fan banggakan….
    dukungan dari semua pihak di perlukan…. khusus nya pemerintah… masalah uang saku… gaji..makan… transport… kesehatan… kesejahteraan pemain…dan bnyak hal…..

  27. bangga sekali dengan prestasi ini ditengah minimnya gelar hampir di seluruh cabang olahraga, pemerintah harus sadar bahwa ini adalah aset bangsa, bukan selalu ribut dengan masalah konflik politik,ekonomi bangsa.
    terharu dari pertama lahir sampe udah besar ini gelar bergengsi internasional yg ku dengar pertama sejak berdarah indonesia
    selamat sekali lagi hidup garuda!!!

  28. Hebaat…hebaaat..
    Semoga pemerintah memperhatikan dan membina mereka dengan baik sebagai embrio masa depan sepak bola Indonesia….
    Sekali lagi…hebaaaaatt …

  29. Keren garuda muda,mudah2 han prestasi ini bisa tetap di pertahankan untuk masa kedepan nya? Hanya saran sedikit..untuk para pelatih,kalau bisa satu tim ini jangan di pisahkan,biarkan mereka berkembang bersama dalam satu tim ini agar menjadi satu tim yg lebih solid dari seniornya yaitu TIMNAS U-19 dulu..?!?

  30. Im proud of you guys…suddenly my tear drop on my phone..keep up agood work,,allahu akbar…you are the future 4 indoneaian soccer..amin…

  31. Semoga dibina dengan baik sampai tingkat senior. Jadi ingat Angelique Wijaya, juara tunggal putri junior tenis Wimbledon, yg bersinar saat junior, namun tdk berbicara saat senior. Semoga tidak terjadi seperti yg demikian….Jaya Garuda Muda…Jaya Indonesia

  32. Komentar
    selamat…
    terharu bacanya,,,
    semoga embrio2 bertalenta ini kelak lahir dan tumbuh dengan beriringan dengan talenta yg luar biasa…
    Amiin…

  33. Selamat..membanggakan dan sangat luar biasa prestasi yg telah di raih..terimkasih bagi org tua dan pelatih klub yg telah merintis upaya yg tentu tidak mudah, sangat disayangkan bila tidak dilanjutkan dan dikembangkan. Tinggal bagaimana keseriusan semua pihak terkait dalam melanjutkan, Anak Anak sudah berada pada jalurnya..dan mereka sudah membuktikan kualitasNYA.

  34. Sangat membanggakan dan sangat luar biasa prestasi yg telah di raih..terimkasih bagi org tua dan pelatih klub yg telah merintis upaya yg tentu tidak mudah, sangat disayangkan bila tidak dilanjutkan dan dikembangkan. Tinggal bagaimana keseriusan semua pihak terkait dalam melanjutkan, Anak Anak sudah berada pada jalurnya..dan mereka sudah membuktikan kualitasNYA.

  35. Beritanya mengaduk2 emosi sampai berkali2 berkaca2. Selamat adik2ku yg luar biasa, kalian bibit2 unggul sepakbola negeri ini. Selamat!!!

    Terima kasih Apacinti yg sudah bersedia memfasilitasi mereka.

  36. Dari awal berangkat mereka dengan bangga bawa nama Garuda Muda Indonesia walaupun tanpa ada dukungan dari PSSI,tapi bukan berarti mereka cenggeng atau lemah justru mereka buktikan bahwa sepakbola Indonesia masih Ada! Hidup NKRI,Hidup sepakbola Indonesia!

  37. Mohon pertandingannya disiarkan walaupun cuma rekaman, buat bangga negara tapi belum mendapatkan penghargaan apa2 dari negara. Sungguh menyakitkan!!!

  38. KEREN ABIS….Saya sampai terharu dan berkaca kaca membaca artikel ini..sungguh prestasi yang sangat membanggakan..
    MAJU TERUS KAWAN….

  39. Hebaaaaat……
    Ini baru namanya berita.
    Dan baru disini sy tau berita ini.
    Kok dimedia TV nda ada ya?????
    Atau krn sy jarang nonton tv.
    Atau mungkin media tv lg sibuk..
    Atau mungkin????????

  40. Luarr biassaa…sampe merinding bacanya, semangat yg sangat tinggi dengan mambawa nama Indonesia, walaupun telat dan bukan dinegara sendiri mereka mampu menunjukan kemampuan terbaik yg mereka miliki, Bravo Indonesia

  41. Masya’allah …. md2han anak-2 yang masih murni dalam bermain untuk bangsa dan negaranya tidak terkontaminasi oleh senior-2nya yang kurang baik, saya sendiri sudah hilang rasa dengan pemain-2 Sepakbola bangsa sendiri kenapa…. kompetisi banyak di dalam negeri …. apabila bertanding di tingkat Asean aja hasilnya nihil….. berapooo ….Indonesia Muda berjuangla untuk bangsa dan negaramu……Indonesia…..

  42. Danone Cup, Gothia Cup, indonesia muda selalu tampil cemerlang, dulu ada irvin museng sebagai pemain istimewa,tapi setelah masuk kelompok usia senior entah apa yang terjadi seperti ada rantai prestasi yang terputus. Semoga kesuksesan mereka menjadi awal untuk pengurus yang mengurusi persepakbolaan Indonesia bisa lebih serius,bebas mafia pertandingan,dan korupsi.amin ya rabb..

  43. Sepertinya akan sangat bagus bila di filmkan. Pasti akan jadi film yg memotivasi generasi muda. Jaya Indonesiaku.
    Kalo ada filmnya wajib ditayangkan perjuangan mereka.

  44. Subhanallah…sayang gk ad TV yg menyiarkan…mn publikasix? jangan hanya kekerasan dll yg negatif aj yg di publikan..hadoow

  45. luar biasa… merinding… pertahankan mereka.. lindungi mereka… bimbing mereka… semoga tetap bersemangat sampai level senior… bravo timnas!!!!!!

  46. Bangga dengan kalian… putra Bangsa !! kalau ada campur tangan PSSI akan beda… selama masih ada kader Partai di PSSI, jangan harap PSSI bisa lebih baik & sepak bola bisa maju…

  47. Selamat buat semua anggota tim…bangga, indonesia bisa punya prestasi dunia! Terima kasih atas perjuangan kalian!

  48. sampai berkaca-kaca membacanya, keren sekali anak anak muda indonesia terus berjuang untuk persepak bolaan indonesia, tunjukan dengan prestasi…

  49. BANGGA…
    Mudah2an tidak sampai disini saja Sepak Bola Indonesia di ajang international..
    Jangan pisahkan Mereka dalam 1 tim.., Mudah2an di kaki mereka Nama Indonesia Makin Besar di dunia sepak bola..

  50. semoga dan semoga saja bisa membuat tim sepakbola Indonesia semakin disegani..
    tanpa terasa ternyata saya juga melankolis..hahahahah

  51. kami bangga,senang gembira dan sangat trharu dngn kbrhsilan anak anak indonesia yng tlh mnorehkn sejarah bahwa kita mammpu bersaing dengan negara2 besar,maju trs pntang mundur,,,jngn prnah menyerah.kami bangsa indonesia selalu mendukung kalian semua,,,,merdekaaaa…..

  52. wahai wakil rakyat, para pemimpin bangsa. jangan kau matikan talenta2 muda & masa depan ini HANYA karena POLITIK & KEPENTINGAN sesaat.

    Semangat terus garuda muda, MERDEKA!!!!

  53. Prestasi ni yg pling luar biasa,.
    Semoga mreka yg brprestasi d gotiacup ni, 10thun kdepan bsa brprestasi d piala dunia U-19 atw U-21 n piala dunia snior,.
    Krn yg plru kwn2 ingat sblmny indonesia d tim anak tempo dulu jga bnyak prestasiny,.
    Dr era 90an kurniawan dwi yulianto dkk d primavera itali pling d takuti, itu trmksd prestasi jga,.
    D 2006 indonesia juara 4 dunia piala danon,.kmna mreka2 stelaah 10 thun kmudian,.
    Skrg juarà dunia gotiacup,.
    Smoga 10thun kmudian politik olah raga tidak mncurangi mreka..
    Hehee

  54. Asli saya nangis baca !! Haru dan Bangga!! Mohon tim dari manajemen PSSI atw dari KEMENPORA bisa dapat rekaman tiap pertandingan Indonesia di sana,, bekerjasamalah dgn salah satu TV swasta di tanah air,, unt dapat video rekamannya,, lalu tayangkan full perrandingan dr penyisihan , play off sd partai final. Terimakasih…

  55. Asli Nangis bacanya,, haru dan bangga!! Mohon kepada tim manajemen dari PSSI atau dari KEMENPORA,, Bisa mendapatkan video rekaman lengkap pertandingan TIM Hebat ini,, dari play off sd Partai Final. Kerjasama dgn TV Swasta saja,, untuk bisa ditayangkan secara penuh di Indonesia. Jd rakyat semua bisa nonton perjuangan hebat anak bangsa.

  56. kok ane terharu bacanya ya?? semoga bisa jadi batu loncatan buat lbih keras brjuang dmasa depan, jgn terlena dngn apa yg telah kalian raih saat ini, smangat garuda muda 🙂

  57. Alhamdulullah, Luar Biasa, Allahu Akbar, kami semua salut pada kalian, smg di masa mendatang kalian akan tetap menjadi juara sehingga mengangkat harkat dan martabat persepakbolaan Indonesia di mata dunia,,,amiin

  58. Mantap generasi penerus Bangsa pertahankan integritas dan jangan tergiur godaan seperti yang terjadi selama ini disaat berprestasi ada saja yang mau memanfaatkan untuk kepentingan atau keuntungan pribadi Sukses dan GBU.

  59. mau netes ni air mata sebaris demi sbaris saat membacanya.. Bangga & sangat terharu tau & membaca berita ini. Cahaya disaat kegelapan sedang melanda sepakbola Negeri. Terima kasih adek2,kalian sudah membuat bangga & harum bangsa ini.

  60. Good job.pengen liat videonya.kalo bisa disiarkan ke televisi.biar semua warga indonesia tau dan pssi tau.heee

  61. Gak nyangka bgt indonesia bisa juara dunia… Ini cermin kalau sepak bola indonesia tidak payah… Malah bisa juara… Saya berharap kepada pemerintah indonesia khusunya di bagian prestasi olahraga agar anak2 ini lebih di perhatikan… Semangat terus buat indonesia… Buktikan sepak bola indonesia bisa berbicara di piala dunia selanjutnya….

  62. Kita punya banyak bibit yang unggul di bandingkan negara lainnya, tapi pemerintah negara lain masih menang dalam mengurus bibitnya di banding negara kita..

  63. berapa jempol yang harus saya acungkan dengan warga Indonesia yang lain?
    semoga terbina sampai senior nanti
    dan jadilah generasi yang masuk ke ajang piala Dunia seniro, nantinya
    amin!

  64. Subhanallah sungguh luar biasa semangat para generasi muda kita. Untuk Timnas Senior liat semangat yg di lakukan generasi muda kita. Tirulah semangat dari mereka yang pantang menyerah. Bravo Garuda Muda Indonesia. We love u

  65. Luar biasa patut diapresiasi. Tapi jangan euforia berlebihan. Mutiara – mutiara ini akan hilang begitu saja kalau tdk diasah dengan kompetisi yg berkualitas.

  66. TV Nasional koq Gak Siarkan Team Indonesia Juara di Turnamen di Sewdia Kenapa ????? Bravo Buat Arjuna Muda Indonesia salam hormat saya buat anda semua nya dan sudah selayak nya R1 menerima anda semua di Istana Kepresidenan

  67. LUAR BIASA !!! bangga sebangga-bangga nya sama kalian semua, semoga akan selalu dan semakin cemerlang kedepannya dan semoga mata hati dan pikiran para pemimpin negeri ini lebih terbuka terhadap hal2 yang mengharumkan bangsa. Aamiin.
    #nangis lho ini hahaha

  68. Pemain muda indonesia mmg luar biasa…biasanya pemain bola indonesia hebat saat blm menikah…saat blm ada tanggungan.
    Setelah menikah…mereka akan di hadapi dg berbagai masalah…istri mau makan…anak mau sekolah…sedangkan penghasilan pas-pasan…di tambah lagi gaji terlambat dibayar oleh club…mereka akan latihan dengan membawa beban masalah yg berakibat permainan mrk gak ber kembang…..
    Lihat saja saat mrk sdh berkeluarga…
    Mereka akan berlari dg wajah murung…

  69. Ya biasanya awal2nya bagus tetapi setelah masuk tim liga indonesia taunya ya tawuran trus jadi sepak bola indonesia ga maju2

  70. Saya heran pemberitaan u 15 juara dunia ga serame kyak yg senior meskipun permainan lbih jelek yg seniornya. Kmn ini media media bayaran.

  71. Sebaiknya berkarir aja kalian diluar negeri..kl kembali kesini jd rusak permainanmu..ntar kl ada kjuaraan yg ats nama negara br pulang & main, abis ntuh ya berkarir lg di luar sana..

  72. Ga sadar lg baca ini air mata pun ikut menetes krna bangga dengak adik2 garuda muda yg hebat, jgn berhenti sampai di sini ini baru awal bulatkan tekad utk menjadi lebih baik lg. Utk tim jajaran pelatih dan staff we are proud of you. MERDEKA

  73. Jangan main iklan sosis
    Jangan main sinetron
    Jangan pacaran sama artis dulu

    yang penting………..
    Jangan tiru kakak2mu yaa

  74. Indonesia banyak pulau dan banyak yg berbakat bagus2.. asal team seleksinya yg benar tanpa ada KKN….. bravo sepak bola indonesia.

  75. Untuk sepakboka junior, indonedia selalu hebat di even2 internasional. Bgtu para pemain ini direkrut oleh PSSI menjadi timnas senior, pasti anjlok. Untk tgkt asean sj susah jd juara. Saatnya skrg ini urusan sepakbola diserahkan kpd swasta dan masyarakat Klau mau sepakbola indonesia berprestasi di tkt dunia. Selama pemerintah msh ikut campur mengurus, jgn harap akan ada prestasi krna terlalu bnyk kepentingan yg ikut bermain didalamnya.
    Untuk pemain2 junior hebat ini, teruskan profesi kalian ke luar negeri. Jangan kembali sebelum sepakbola indonesia benar2 sehat dan pengelolaannya sudah profesional.

  76. Biarkanlah mereka bermain main dilapangan, wahai para politisi jangan ganggu mereka. Mereka telah membuktikan bermain sebaik mungkin, akan menghasilkan prestasi yang gemilang, menghilangkan dahaga bangsa Indonesia. ” Saya bilang ke anak-anak kita tidak punya target tapi bermainlah sebaik mungkin” (Benny Soetrisno, pendiri dan pembina ASIOP Apacinti).

  77. Alhamdulillah Indonesia akhirnya juara dunia… Ini adalah embrio tim nasional Indonesia yg akan berprestasi dimasa mendatang. MAJU TERUS SEPAKBOLA INDONESIA !!!

  78. Lanjutkan terus prestasi kalian GARUDA MUDA, kami seluruh Indonesia BANGGA, Doa kami selalu menyertai

  79. Bravo…Bravo… Bravo….
    Tim sepakbola yang kerenn…. Tolong dipertahankan & di fasilitasi ….
    Kepada PSSI tolong jangan melihat besar kecilnya kompetisi tapi mereka diluar negeri sudah bisa menjadi juara….. klub manapun belum tentu bisa seperti ini,
    Kepada TV Swasta/Nasional tolong siarkan babak demi Babak Tim ini sampai dengan Babak Final pasti ratingnya akan tinggi, Sekali lagi Bavo… Bravo…. Bravo……………….

  80. terharu dan sampai memneteskan air mata membaca nya INDONESIA JUARA DUNIA,,,,, moga aja mimpi tim nas senior jadi juara dunia terlaksana oleh anak2 Indonesia ini nanti nya.. Aamiin ya robal alamin

  81. Sebenarnys sejak dulu di cabor apapun ktika di tingkat junior atlet2 Indonesia sering berprestasi, namun ktika mereka beranjak mnjadi senior prestasinya cenderubg tak brkembang/mandeg. Apakah pmbinaannys yg kurang baik?

  82. gokil… kereennn abisss… mata dah berkaca2 baca ini dan merasakan perjuangannya… salute buat team junior Indonesia.

  83. Bangga sekali baru membacanya sudah terharu apalagi mengalaminya sendiri…. saaaluuut buat perjuangan kalian semua… #garudamudaindonesia

  84. Alhamdulillah.
    Smoga kedepanya sukses.
    Jangan sampai terlena bujukan pejabat dan pemerintah saat ini, maju terus dulu…
    Sayang entar di aku aku dadakan. Oleh pemerintah sekarang.

  85. Kami bangga dan terharu dg perjuangan tim masa depan bangsa. Hormat buat smua yg turut andil dlm meraih sukses tim ini…jayalah Indonesiaku. Amin3x

  86. Alhamdulillah.. mungkin bisa membuat sesikit lega dan ada harapan untuk sepak bola Indonesia.
    Sempat deg2an bacanya , takut dibawah ada tulisan mimpi Indonesia… ternyata bener yaa

  87. Komentar
    Alhamdulillah…lanjutkan…jangan dekatkan mereka dengan media dan entertainment…fokus saja berlatih dan berprestasi tanpa hiruk pikuk media akan lebih baik dan mempertahankan mental juara para JUARA MUDA ini. Selamat berjuang untuk tahap berikutnya…kami sangat bangga dan terharu.

  88. Alhamdulillah, stelah diterpa badai, kini saatnya sepak bola Indonesia BANGKIT… terus pupuk dan jaga kuntum bunga yg akan segera mekar…

  89. Salutee… Luar biasa.. jujur bibit ini lebih berpotensi dri pd generasi Timnas u19 aff dlu.. jgn sia” kan potensi yg ada sekarang..

  90. Talenta Garuda muda kita ternyata patut diacungi jempol,sebenarnya kita sudah punya bibit unggul tinggal kita merawatnya bagaimana,kalo kita biarin aja meskipun bibit unggul g akan jadi apa apa,buat pemerintah ayo kita pupuk bibit unggul kita,kita jaga mereka karna mereka yang akan membanggakan merah putih kita d luar negri

  91. Turut bangga atas prestasi yg telah engkau capai wahai garuda muda.. kepakkan sayapmu membelah dunia.. benamkan cakarmu tuk raih anganmu.. asahlah paruhmu tuk taklukkan semesta.. terbanglah tinggi garuda muda ku.. tp ingan hatimu tetep merah putih..

  92. Salut ,sampai merinding bacanya,kami bangga padamu smoga menjadi tamparan bagi PSSI yg selalu berebut kekuasaan

  93. Selamat buat adek2 pejuang tanah air, jgn berhenti sampai di sini teruslan kalian berlari ciptakan prestasi dan gapailah mimpi kalian… ini kita sayangkan dgn Tuan-tuan petinggi negeri ini, suatu prestasi yg luar biasa ini hrsnya di tanggapi dng bangga oleh mereka… ini adalah momen Tuan, hrsnya tuan datang dlm penjemputan mereka di bandara.. jd Tuan jgn punya mental ingin di hargai terus, jdlah pelayan buat negeri ini krn uang yg Tuan terima tiap bulan berasal dari Rakyat..

  94. Sangat terharu dan bangga sama kalian para penerus sepakbola indonesia, jadikan ini sebagai awal yang baik bagi sepakbola indonesia. saya sangat berharap kepada semua yang berkepentingan agar menjaga, melatih dan mendidik mereka dengan semangat, saya sampai berkaca-kaca membaca artikel ini. Terima kasih anak indonesia. Terus Buat INDONESIA BANGGA

  95. SELAMAT GARUDA MUDA INDONESIA
    beberapa masukan untuk ke depannya
    1.Disiplin waktu dan latihan
    2.Disiplin makanan dan pola hidup
    3.Focis ke sepakbola dan mengharumkan nama bangsa
    4.No more Party Party an
    5.No more Celeb Celeb an
    6.No more Hang out Hangout an
    7.No more Sinetron Sinetron an
    8.Your team is your family, be one pack of them.

  96. Merinding,terharu,berkaca-kaca. Semoga Indonesia melihatmu sebagai satu harapan besar untuk mengharumkan nama bangsa dimata dunia.

  97. Sebuah Prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan bangsa Indonesia….
    Selalu sukses dalam setiap pertandingan Garuda Muda….
    We are Proud of you….

  98. Slamat atas perjuangan dan keberhasilannya. Biasa tim sepak bola yg jadi juara diarak keliling dan ada pestanya….. Skarang dan kedepan nanti mau diapakan mereka?

  99. Rangkul segera cita-cita nyata mereka PSSI.. ini jelas Harapan kejayaan bangsa dikemudian waktu akan datang.. Buka mata, sambut dengan sisa kekuatan mu PSSI.. ini moment sempurna memperbiki tubuh mu!!!

  100. Masha Alloh…. luar biasa…
    Terharu aku membacanya…
    Selamat adik-adikku…
    Semoga Indonesia bisa membina bibit-bibit unggul ini menjadi pemain-pemain bola kelas dunia yang disegani…
    Aamiin…

  101. Selana ini mls sy ngikuti berita PSSI yg ramaix hny.di masalah yg tak kunjung abis….
    Kali ini, dari sekelompok anak muda yg benar2 harapan bangsa dan negara Indonesia benar2 mengejutkan seksligus membanggakan. INDONESIA RAYA membahana dan sy “mbrebes mili” (meneteskan air mata) meski baru membaca beritanya….. Semoga ini awal kebangkitan INDONESIA di mata dunia…..

  102. Beneran nih????Waduh luar biasa bingiiit…Jagaiiin anak muda hebat ini…jangan sampai digelincirkan oleh orang2 yg tdk bertanggung jawab….

  103. Hebat si Egi,bisa cetak gol sampai 26 gol dlm 13 pertandingan..kalau Ronaldo seumuran dgn Egi masa itu,blm tentu bisa cetak gol sebanyak itu atau bawa timnya jadi juara.salut buat remaja indonesia,pukulan bagi tim senior yg blm pernah juara dunia..

  104. seharusnya menpora mengumumkan ke masyarakat indonesia akan kedatangan juara dunia di bandara…..sambutan yang jauh dari layak untuk sang juara dunia

  105. mudah mudahan ini cikal bakal sepak bola indonesia di kancah dunia.mari kita doakan saja jangan bisa menghujat saja memangnya kalian yg menghujat bisa lebih baik dari mereka???

  106. Alhamdulillah, luaaaar biasa, jayalah terus Indonesia, tendanglah bolamu raih prestasi untuk senyum indah ibu pertiwi dan tangis bangga anak negeri ini, hancurkan benteng politik yang menghalangimu, buka mata sebelah yang tertutup yang selalu mengacuhkanmu, Buat pemerintah jangan jadikan semua ini sebagi tumpangan politik tapi jadikanlah politikmu untuk membawa sepakbola indonesia lebih jaya, bravo GARUDA, BERKIBARLAH MERAH PUTIH,

  107. Mengapa prestasi generasi muda yang sangat amat Gemilang ini tdk ada yang mempublikasikan??
    Untuk generasi muda sepak bola Indonesia yg sudah menoreh sejarah dunia dengan tinta emas, Terima Kasih karena kalian sudah membuktikan Klo Indonesia mampu untuk menjadi Juara Dunia, semoga ALLAH SWT selalu melindungi kalian AAMIIN.

  108. Yg muda yg ber prestasi, kebangkitan negeri ini…luar biasa, tularkan semangat ini, bakar semangat kami…Jaya Indonesia..! Tayangkan perjuangan mereka…utk Indonesia baru….

  109. jangan berpuas diri, pembinaan pengembangan terus dijalankan. jangan hanya dibiarkan. jangan hanya rusak karna pergaulan selanjutnya.

  110. Merinding… Ga bisa nahan air mata BAHAGIA ini..
    PR besar PSSI, pejuang merah putih jgn kau acuhkan, mereka penerus generasi bangsa…
    MERDEKA!!!

  111. Adik2 trus lah berkarya jadi bangsa ini menjadi bangga dan janganlah terpengaruh dalam dunia politik karena kelak akan membuat hancur generasi bangsa…utk pemerintah jangan cuma lihat atas keberhasilannya tapi lihatlah pengorbanannya..

  112. Bangga aku dengan perjuangan mereka semoga ini menjadi titik balik persepakbolaan kita maju terussss .Hiduplah INDONESIA Raya

  113. Merinding dan sangat bangga saat membacanya.
    Habis gelap terbitlah terang, inilah saatnya Garuda muda beraksi di persepakbolaan dunia. Di tahun 2022 InsyaAllah Indonesia bisa tampil dan tidak mustahil bisa juara juga!!

  114. Bangga dan sangat menynangkan ,pemerintah harus lebih perhatikan dan menindak lanjuti bagaimana kader2 sepak bola ini ke depan sehingga Indonesia menjadi jaya dan negara yang lebih maju dalam olahraga …….

  115. terharu membacanya semangat garuda muda yg tak kenal lelah untuk bangsa merka berjuang, merah putih berkibar di negeri orang dengan capaian yg sangat luar biasa!!! tangis bahagia saat mendengar dan membaca perjuangan kalian garuda muda👍👍👍👍

  116. Aku bangga padamu wahai garuda muda belia… maju terusss… Jgn surutkan langkah mu, tegak kan kepalamu, lihat masa depan gemilang, persepak bolaan indonesia ada di pundakmu… Jgn jadi jumawa..dgn kemenangan ini, Smga tetap jaya indonesiaku… Merdeka..!!!

  117. Sangat terharu bacanya. Smpai pgn nangis. Selamat untuk generasi emas sepak bola. Smga kedepan sepak terjang smakin membuat bangga Indonesia lg. Dan smga pemerintah memperhatikan bibit unggul Indonesia dgn baik.

  118. Sering kali ketika usia dibawah 15 th jadi jawara tapi diusia selanjutnya sering gagal.silahkan dikaji/evaluasi…..seolah2 semua yg kita dipandang sbl mata

TINGGALKAN PESAN