Gedung Panin Sebagian Berhasil Diruntuhkan dalam hitungan 15 detik

KITANESIA– Pada Hari Kamis pukul 2.15 pagi, 20 Oktober 2016, Gedung Panin di  Bintaro Tangerang Selatan berhasil diruntuhkan sebagian pada bagian yang diberi pembebanan berlebih (overload). Proses pembebanan pada hari Rabu 19 Oktober 2016, dimulai pada pukul 23.00 malam pada taraf beban 300 ton dengan penurunan balok prategang 13 cm. Pada pukul 00.29 20 Oktober 2016 beban mencapai 312.8 ton dengan penurunan balok prategang 15.9 cm. Pada titik inilah mulai terjadi penurunan progresif, dan pelaksana meminta aparat keamanan melakukan pengamanan maksimal.

Dengan pertimbangan keamanan bahwa bangunan sewaktu-waktu dapat runtuh, pelaksana memutuskan mempersiapkan pembebanan dinamis berupa penarikan crown core dan penjatuhan wrecking ball, namun sebelum terlaksana, pada pukul 2.15 pagi, 20 Oktober 2016, terjadi keruntuhan progresif dari atas kebawah dalam waktu 15 detik !. Keruntuhan berhasil dibatasi pada area yang dipersiapkan, tidak menimbukan suara yang keras, serta tidak menimbulkan getaran yang besar yang menunjukkan efektifnya penggalian parit di sekitar bangunan, dan debu yang relatif terkendali karena ada tirai air yang disemprotkan oleh pemadam kebakaran. Hal ini menunjukkan persiapan keamanan yang dilakukan sebelumnya berjalan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan gangguan pada lingkungan sekitar.

Proses pembebanan pada sisa bangunan akan dilanjutkan pada Jumat malam 21 Oktober 2016 pukul 23.00 malam. Dengan sudah diketahuinya batas kekuatan struktur aktual, maka program peruntuhan bangunan akan dapat lebih diprediksi dengan baik. Pembebanan dapat dilakukan dengan overload pada taraf beban tertentu tanpa perlu dilakukan pembebanan dinamis.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN