Gempabumi Wetar-Timor Leste M=5,5 Tidak Berpotensi Tsunami

Kitanesia.co – Kamis (7/7/2016), pukul 17.12.08 WIB gempabumi tektonik mengguncang wilayah Pulau Wetar dan Timor Leste. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=5,5. Episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 8,04 LS dan 126,79 BT, tepatnya di laut pada jarak 152 kilometer arah timur laut Kota Dili, Timor Leste, pada kedalaman hiposenter 42 kilometer.

Berdasarkan analisis peta guncangan (shakemap) BMKG, tampak secara umum guncangan gempabumi ini dirasakan di seluruh wilayah Pulau Wetar dan wilayah Negara Timor Leste bagian timur. Di Pulau Wetar guncangan gempabumi mencapai skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI) demikian di beberapa kota di Negara Timor Leste, seperti Baucao, Laga, Lautem, Bauro, Tutuala, dan Los Palos guncangan terjadi dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI). Diskripsi skala intensitas gempabumi di daerah-daerah tersebut di atas, yaitu guncangan dirasakan oleh orang banyak, hingga menyebabkan beberapa warga berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri, dan benda yang tergantung terayun-ayun. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan sebagai dampak gempabumi.

Unknown-1

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi Wetar-Timor Leste yang terjadi merupakan gempabumi dangkal. “Dengan memperhatikan peta tataan tektonik setempat, tampak bahwa episenter gempabumi Wetar-Timor Leste terletak pada jalur Punggungan Wetar (Wetar Ridge) yang berupa struktur geologi sesar naik (thrusting) lokal yang terletak di antara Pulau Wetar dan Pulau Timor. Kondisi tektonik ini relevan dengan hasil analisis mekanisme sumber gempabumi yang terjadi yaitu berupa sesar naik (thrust fault) dengan jurus sesar yang berarah baratdaya-timurlaut.” jelas Daryono – Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG

Patut disyukuri, bahwa meskipun gempabumi ini dibangkitkan oleh sesar naik dan terjadi di laut, tetapi karena kekuatannya relatif kecil sehingga tidak berpotensi tsunami. Untuk itu masyarakat di Pulau Wetar dan Timor Leste dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu yang tidak dapat diperbertanggungjawabkan.

*(KitaBM)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN