Intip Yuuks ! Kesiapan Mudik 2017 Moda Transportasi Udara

KITANESIA – Kekhawatiran masyarakat untuk mudik lebaran menggunakan pesawat tidak akan terjadi lagi. Kementerian Perhubungan Udara sudah mempersiapkan peningkatan kenyamanan masyarakat.

Langkah antisipasi untuk mudik transportasi udara sudah dipersiapkan dari berbagai aspek oleh Kementerian Perhubungan Udara.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyampaikan dalam berbagai kesempatan kepada masyarakat bahwa akan hadir 532 armada pesawat yang akan beroperasi mulai H-7 sampai H+7 untuk menampung lonjakan kenaikan penumpang pesawat sebesar 9,8% dibanding tahun 2016. Kenaikan ini lebih tinggi dibandingkan dengan moda angkutan darat dan laut.

Total 532 pesawat tersebut dioperasikan oleh 14 armada milik Badan Usaha Angkutan Udara Nasional. Dari total 532 pesawat tersebut, 5% diantaranya adalah extra flight yang akan melayani jalur mudik pengguna moda transportasi udara. Diperkirakan penumpang pesawat mudik tahun ini sekitar 5.404.814 penumpang dan prediksi untuk penumpang luar negeri sejumlah 675.527 penumpang. Sedangkan kapasitas seat yang tersedia untuk penerbangan dalam negeri sebanyak 5.780.374 dan seat untuk jalur luar negeri sebesar 930.379.

Bandara yang dipantau sebagai jalur utama mudik sebanyak 35 bandara dan Kementerian Perhubungan telah menyiapkan posko mudik di setiap bandara tersebut. Periode pemantauan akan berlangsung selama 27 hari.

Agus menekankan bahwa faktor keamanan dan keselamatan penerbangan tetap menjadi prioritas utama dalam semua persiapan antisipasi mudik 2017.

seat

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN