Issue of The Day

1.KUNJUNGAN PM BELANDA KE SEMARANG

Pemerintah Belanda bakal terlibat lebih banyak dalam penanganan persoalan rob dan banjir di ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang. Komitmen ini ditegaskan Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte saat berkunjung ke Kota Semarang, Selasa (22/11). Pemerintah Belanda, jelasnya, telah terlibat dalam penenganan rob dan banjir yang menjadi persoalan klasik warga Kota Semarang. Peran serta ini diwujudkan dalam pembangunan Polder Pengendali Bajir Kali Banger.

Sistem Polder Banger menggunakan sistem penanggulangan banjir dan rob seperti yang diaplikasikan di Belanda. Ke depan, jelasnya, kerjasama ini akan terus ditingkatkan melalui bantuan teknis. Komitmen Pemerintah Belanda ini telah dibahas dalam pertemuan dengan Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono;  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

2.MENTERI BASUKI TERIMA PENGHARGAAN AFEO

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima penghargaan dari Asean Federation Engineering Organization (AFEO) atau organisasi insinyur di Asean untuk kategori AFEO Distinguished Honorary Fellow pada acara 34th Conference of The Asean Federation of Engineering Organization ( CAFEO) di Puerto Princessa, Palawan, Filipina, Selasa (22/11). Penghargaan diterima oleh Widyaiswara Utama Kementerian PUPR Hermanto Dardak yang juga merupakan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mewakili Menteri Basuki.

3.PENGHARGAAN PUPR UNTUK PEMPROV RIAU

Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Riau. Sebab, Riau termasuk provinsi yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Bangunan Gedung di seluruh kabupaten/kota. Penghargaan ini merupakan akhir dari Kegiatan Pendampingan Penyusunan Peraturan Daerah tentang Bangunan Gedung yang diselengarakan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (22/11).

4.CITY SANITATION SUMMIT

Sebanyak 48 bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota se-Indonesia akan mengikuti City Sanitation Summit (CSS) XVI. Acara ini akan berlangsung di Banda Aceh sejak 23 – 25 November 2016. Acara yang digelar  oleh Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), mula direncanakan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kepala Sekretariat CSS XVI AKKOPSI Banda Aceh, Syukri, Selasa (22/11/2016) mengatakan karena Presiden berhalangan digantikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani. Selain itu, Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, dan Menteri BPN/Kepala Bappenas juga dipastikan akan hadir. Kata

5.TIK EXPO 2016

Kementerian PUPR melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) menyelenggarakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) EXPO 2016 yang bertempat di Gedung Sapta Taruna, Jakarta. Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini yaitu 17-18 November 2016 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, dan turut dihadiri oleh Kepala Badan Sandi Negara, Perwakilan Menteri Komunikasi dan Informatika, para Staf Ahli Menteri PUPR dan undangan lainnya. Dalam sambutannya, Anita menyampaikan bahwa TIK EXPO ini bertujuan untuk memberikan peluang dalam pengelolaan data dan informasi yang cepat, akurat yang membantu efektivitas, efisiensi, dan transparansi dengan melihat antusiasme penggunaan TIK di dalam semua aktivitas di lingkungan Kementerian PUPR sehingga mampu memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan Kementerian PUPR diharapkan mampu memberikan manfaat dan kerjasama dalam mengkoordinasikan kebutuhan data dan informasi yang berkaitan dengan berbagai program Kementerian PUPR.

6.PERBAIKAN JALAN TULUNGAGUNG-JARAKAN

Tak hanya menggenjot proyek infrastruktur, pemerintah juga gencar melakukan peningkatan sarana–prasarana yang sudah terbangun. Salah satunya, yakni perbaikan jalan nasional pada ruas Tulungagung–Jarakan di Kabupaten Trenggalek, yang dilakukan BBPJN VIII Jatim – Bali, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR. Jalan tersebut terdapat kerusakan sepanjang kurang lebih 700 meter. BBPJN VIII akan melakukan penanganan sementara (holding treatment) berupa peninggian badan jalan disertai pengaspalan.

7.PEMKAB SUKOHARJO TUNGGU BALASAN SOAL PENGELOLAAN WADUK MULUR

Pemkab Sukoharjo menelusuri surat tentang pengajuaan pengelolaan Waduk Mulur yang dikirim ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum. Kabag Pemerintahan Pemkab Sukoharjo, Ary Haryanto menjelaskan, lebih dari satu bulan ini, surat yang dikirim ke pemerintah pusat, belum ada balasan. Pihaknya akan menelusuri surat tentang pengajuan pengelolaan waduk di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari itu. Dia berharap, paling tidak pada akhir tahun ini, sudah ada balasan dari Ditjen Sumber Daya Air itu.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN