Issue of the Day

1.CITY SANITATION SUMMIT

Komitmen PUPR

Kementerian PUPR telah menunjukkan komitmennya membantu Pemda Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi sehat. Demikian disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pada acara Konferensi City Sanitation Summit (CSS) XVI yang diselenggarakan Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se-Indonesia di Banda Aceh, Kamis (24/11/2016). Konferensi yang dibuka oleh Menko PMK, Puan Maharani juga dihadiri Ketua Umum AKKOPSI yang juga Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja dan dihadiri 55 walikota dan bupati anggota AKKOPSI se-Indonesia.

Germas

Menko PMK, Puan Maharani dalam sambutannya meminta Kementerian PUPR untuk memberikan dukungan program dan bantuan alat berat dalam mendukung daerah terutama terkait pelaksanaan program peningkatan akses sanitasi yang sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Menurutnya pembangunan infrastruktur dasar untuk air minum dan sanitasi selaras dengan GERMAS yang beberapa waktu lalu telah diluncurkan sebagai upaya membentuk perilaku hidup sehat. Ia berharap, konferensi ini dapat menginspirasi percepatan peningkatan akses sanitasi untuk seluruh daerah dan pencapaian sanitasi layak 100 persen yang targetnya tercapai pada 2019.

Deklarasi Banda Aceh

Konferensi CSS ke XVI yang diikuti oleh 55 Walikota dan Bupati se–Indonesia di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh pada Kamis 24 November melahirkan Deklarasi Banda Aceh tentang peningkatan sanitasi dan penyediaan air bersih. Deklarasi yang dibacakan oleh Walikota Non–aktif Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal itu menyatakan komitmen bersama para bupati dan wali kota yang tergabung dalam AKKOPSI dalam mewujudkan kondisi sanitasi yang ideal dalam rangka mencapai target universal access sanitasi pada akhir tahun 2019.

Sanipura Award

Pada ajang CSS)XVI yang digelar di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Kamis 24 November 2016, Akkopsi memberikan penghargaan Sanipura Award kepada 10 kabupaten/kota. Penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki sistem sanitasi terbaik dan berkomitmen terhadap program dimaksud, diserahkan oleh Menko PMK Puan Maharani didampingi Menteri PUPR Muhammad Basoeki Hadimoeljono kepada 10 bupati/walikota penerima. Adapun kabupaten/kota yang mendapatkan Sanipura Award adalah Kota Banda Aceh, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sleman, Kota Bogor, Kota Makasar, Kota Balikpapan, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ngawi dan Kota Surabaya. Kesepuluh daerah tersebut  dinilai sukses memberikan inovasi berkelanjutan dalam program penanganan sanitasi.

2.PROGRES IPAL DAN JARINGAN AIR LIMBAH DI BANDA ACEH

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Jaringan Air Limbah di Kota Banda Aceh untuk 5.000 sambungan rumah yang ditargetkan selesai pada Oktober 2017. Fasilitas IPAL di Banda Aceh tersebut adalah yang pertama kali akan ada dimiliki oleh masyarakat Aceh untuk menangani masalah air limbah di wilayah Peuniti Kota Banda Aceh. Pembangunan sudah dimulai sejak 2015 dan kita teruskan sampai 2017. Saat ini progres fisik sebesar 42 persen.

3.RENCANA TEROWONGAN GEURUTEE

Rencana pembangunan terowongan Geurutee sepanjang 1,9 km yang berada di antara Kabupaten Aceh Besar dengan Aceh Jaya tersebut masih tahap desain. Hal itu dikatakan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono seusai menghadiri pembukaan acara CSS XVI yang diselenggarakan oleh AKKOPSI di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (24/11).

4.TOL MOJOKERTO-KERTOSONO SEKSI III RAMPUNG

Pembangunan tol Mojokerto – Kertosono (Moker) seksi III rampung dikerjakan. Di targetkan, tol sepanjang 5 kilometer yang terhubung dengan ruas tol Surabaya–Mojokerto (Sumo) seksi IV ini akan bisa dioperasikan pada 1 Desember mendatang. Kepala Divisi Pelaksana Proyek Tol Mojokerto–Kertosono PT MHI, Samsul Chair mengatakan, pembangunan seksi 3 rampung sejak Oktober 2016. Hanya saja, perlu waktu cukup lama untuk dinyatakan layak beroperasi oleh BPJT dan Kementerian Perhubungan.

5.PERCEPATAN PENUNTASAN TANAH WAKAF DAN FASILITAS UMUM UNTUK JALAN TOL

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syariffudin meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat membentuk tim koordinasi percepatan penuntasan tanah wakaf dan fasilitas umum yang terkena dampak pembangunan jalan tol. Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, usulan tersebut disampaikan saat pihaknya menggelar pertemuan khusus pekan ini dengan Menag membahas sejumlah pengajuan penggantian tanah wakaf. Menteri menurutnya melihat banyak persoalan wakaf mengganjal saat proyek sudah berjalan.

6.POTENSI SAHAM SYARIAH UNTUK INFRASTRUKTUR

Direktur BEI Nicky Hogan mengatakan, potensi pembiayaan infrastruktur melalui penerbitan saham syariah sangat besar. Sebab, saham infrastruktur aktif ditransaksikan dan proyeksi ketersediaan dana di pasar saham sangat besar yang berasal dari investor institusi seperti asuransi, dana pensiun, serta program amnesti pajak. Perusahaan infrastruktur yang membutuhkan pembiayaan dengan menerbitkan saham, dananya tersedia di pasar.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN