Issue of The Day

1.RENCANA PERESMIAN TIGA PLBN

Desember nanti rencananya akan ada peresmian tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di NTT. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketiga PLBN yang akan diresmikan, yakni Motaain, Mota Masin dan Wini.  Berdasarkan pernyataan Menteri Basuki, peresmian tiga PLBN itu akan dilakukan bertepatan dengan HUT NTT dan rencananya sambil groundbreaking Bendungan Napunggete, Sikka di Flores. Sementara untuk PLBN lainnya, kata Menteri PUPR  menambahkan sudah ada beberapa yang sudah siap, seperti Entikong, Nanga Badau, Aruk, itu PLBNnya sudah siap semua Desember ini. Konstruksi sudah 100 persen siap.

2.KONGRES XII HATHI

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meminta dukungan dari Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) menyukseskan program pembangunan bendungan yang saat ini sedang dilakukan Kementerian PUPR. HATHI diharapkan bisa ikut memberikan masukan terhadap desain bendungan, irigasi dan pengelolaan sumber daya air. Basuki saat membuka acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XXXIII dan Kongres XII HATHI di Undip Tembalang, Jumat (25/11) malam menyatakan ada 65 bendungan yang sedang dibangun sepanjang lima tahun ini (2014-2019). Sebanyak 16 bendungan, sudah dibangun dari 2014, sedangkan 49 baru dibangun. Dari 49 bendungan baru, 13 di antaranya dibangun pada 2015 lalu dan 8 di 2016 ini. Tahun 2017, nanti dibangun 9 lagi dan seterusnya lagi sampai 65 selesai. HATHI diharapkan bisa memberikan masukan desain bendungan, irigasi dan water manegement-nya.

3.PENGHENTIAN PENGGUSURAN LAHAN DI BEKASI

Upaya penggusuran warga di lahan milik pemerintah pusat mendapat perhatian serius Kementerian PUPR. Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengaku kaget lantaran penggusuran di Pekayon Jaya, Kota Bekasi, membuat gaduh warga.  Untuk itu, Basuki akan membuat surat resmi kepada Pemkot Bekasi agar penggusuran distop bila menimbulkan keresahan di masyarakat. Dia juga bakal menurunkan tim khusus untuk mengecek proses dan kondisi penggusuran di lahan milik Kementerian PUPR ini. Sebab, warga sudah 25 tahun lebih menempati lahan dengan membayar sewa kepada Perum Jasa Tirta (PJT) II.  Basuki menjelaskan, tim dari Kementerian PUPR akan bergerak mengecek proses penggusuran lahan, dan aset-aset kementerian yang dikelola PJT II di Bekasi. Termasuk dugaan adanya jual beli lahan negara.

4.DRAFT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERTANIAN      

Pemerintah tengah menyusun draf pembangunan infrastruktur pertanian pada tahun depan dengan nilai sebesar Rp 22 triliun. Anggaran itu digunakan untuk menyokong infrastruktur dalam membangun sawah seluas 4 juta hektare (ha) yang terletak di 34 provinsi mulai tahun 2017. Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Ani Andayani mengatakan, anggaran tersebut berasal dari APBN di sejumlah kementerian terkait, yaitu dari Kementan, Kementerian PUPR, Kemendes dan Kementerian LHK. Nantinya setiap kementerian akan membangun sesuai tugas pokoknya masing-masing. Mengenai peta wilayah yang akan dibangun masih disusun dalam draf yang ditergetkan selesai bulan Desember ini, dan diharapkan mulai tahun desan sudah bisa direalisasikan.

5.STUDENTS AND LECTURERS GO TO RIVER

– Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengakui kualitas sungai Indonesia dalam beberapa tahun terakhir trennya menurun. Sekretaris Ditjen SDAKementerian PUPR, Lolly Martina Martief saat membuka Students And Lecturer Go To River di Kampus UIN Sunan Kalijaga Jogja, Sabtu (26/11/2016) menyatakan kejadian banjir beberapa daerah seperti Garut, Bandung dan lainnya membuktikan menurunnya kualitas sungai kita.

– Ketelibatan civitas akademika diharapkan dapat memicu kesadaran pelestarian lingkungan di sepanjang sungai. Sekitar seratus orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan komunitas terjun bersama guna membersihkan Kali Gajah Wong di Kecamatan Depok, Daerah Istimewa, Yogyakarta, Sabtu, (26/11). Aksi tersebut dilakukan dengan memungut limbah sekaligus mengedukasi masyarakat di sepadan sungai. Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka Bakti 71 Kementrian PUPR.

6.PROYEK INFRASTRUKTUR SERAP RIBUAN TENAGA KERJA

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Yanuarpan Yany menyatakan bahwa megaproyek yang sedang dikerjakan di Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyerap banyak tenaga kerja. Sejumlah megaproyek yang saat ini sedang digarap antara lain proyek light rail transit (LRT), Fly Over Simpang Tanjung Api–Api, Fly Over Simpang Keramasan, Jembatan Musi IV, dan Jembatan Musi VI. Lima megaproyek itu menyerap 3.802 tenaga kerja. Sebanyak 3.055 tenaga kerja berasal dari Kota Palembang.

7.GOWES KEMENTERIAN PUPR

Rombongan gowes Kementerian PUPR tiba di Jakarta setelah mengayuh sepeda dari Bandung menuju Jakarta. Untuk menyemangati para peserta gowes, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, memberi sambutan dengan permainan drumnya yang tampak cukup lihai. Dengan energik Menteri Basuki menabuh rangkaian drum. Ditambah kacamata hitam, ia tampak bagaikan musisi rock era 80–an. Beberapa lagu diiringinya dengan penuh semangat. Membuat para peserta gowes yang rela mengayuh sepeda sejauh ratusan kilo meter (km) kembali bersemangat.

8.RUMAH APUNG SOLUSI RAMAH LINGKUNGAN DI SEMARANG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan purwarupa bangunan Rumah Apung di Tambaklorok, Tanjungmas, Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (25/11/2016).

Bangunan ini akan digunakan sebagai rumah baca dan balai pertemuan warga Tambaklorok.

“Rumah baca ini dibangun atas instruksi langsung dari Presiden. Teknologi yang digunakan yaitu teknologi apung. Selain itu listrik bersumber dari tenaga surya, sementara sanitasi menerapkan teknologi biofil. Ini merupakan inovasi baru dan pertama kali di Indonesia” jelas Basuki

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN