Issue of The Day

  1. INFRASTRUKTUR BERBASIS MASYARAKAT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meluncurkan program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) bidang PUPR. Peluncuran program tersebut akan dibarengi dengan peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dari Kementerian Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) serta Kementerian/Lembaga lainnya yang rencananya akan dilaksanakan di 10 lokasi pada 15 November 2016 dan terpusat di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

2.PENGHARGAAN KARYA KONSTRUKSI

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Yusid Toyib yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Karya Konstruksi Indonesia 2016 serta penghargaan Pemeringkat Jalan Hijau 2016, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (11/11). Pemberian penghargaan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati Hari Bakti PU ke-71 dan Jakarta Infrastructure Week.

3.PEMBIAYAAN RUMAH MBR

Sistem Pembiayaan Perumahan di Indonesia saat ini belum efisien. “Padahal sistem pembiayaan perumahan yang efisien dapat membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah memiliki rumah”, demikian keterangan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya, Maurin Sitorus dalam acara Peluncuran dan Bedah Buku “Menggagas Sistem Pembiayaan Perumahan Yang Efisien”, di Jakarta, Kamis (10/11).

Selanjutnya Dirjen Pembiayaan Perumahan, mengatakan bahwa persoalan perumahan merupakan masalah yang serius. “Persoalan ini harus ditangani bersama antara pemerintah pusat, pamerintah daerah dan masyarakat itu sendiri”, ujar Maurin Sitorus. Meskipun begitu, pemerintah berkomitmen untuk mengatasi masalah perumahan yaitu dengan mengalokasikan dana perumahan yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

4.DAK BIDANG INFRASTRUKTUR TAHUN 2017

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Konsultasi Program Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur 2017 untuk Wilayah Timur di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), (10/11). Acara ini bertujuan untuk sosialisasi, konsultasi dan sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang didanai DAK.

5.JEMBATAN TIMBANG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis sore (10/11) melakukan rapat kordinasi membahas mengenai jembatan timbang di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta.

Usai rapat, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan menyampaikan bahwa pemerintah akan mengaktifkan kembali jembatan timbang yang sudah tidak aktif lagi. Jembatan timbang tersebut diaktifkan dengan tujuan untuk mencegah kerusakan jalan, karena selama ini kerusakan jalan sering terjadi akibat angkutan yang memuat barang dengan beban berlebihan.

6.TOL KARANG TENGAH DIHILANGKAN

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bersama dengan PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan mulai memberlakukan integrasi sistem transaksi di Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak pada April 2017 mendatang.

7.PEMBANGUNAN RUMAH SWADAYA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan rumah swadaya sebesar Rp 1,3 triliun pada tahun ini. Hingga kini, anggaran tersebut telah terserap hampir seluruhnya atau sekitar 96 persen yang dikeluarkan melalui Bantuan Swadaya Perumahan Swadaya (BSPS).

“BSPS sudah tercapai untuk 96.800 rumah untuk seluruh Indonesia di 33 propinsi,” ujar Kepala Subdirektorat Perumahan Swadaya Bisma Staniarto saat diskusi media di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN