Issue of The Day

1.REKOR DUNIA PENANAMAN POHON SERENTAK

Presiden RI, Joko Widodo  turut serta dalam pemecahan rekor dunia penanaman pohon serentak terbanyak, yang mengalahkan rekor dunia sebelumnya. Filipina sebelumnya menanam 250,000 pohon dan dikalahkan dengan rekor baru ini dengan 238,000 pohon di lahan 23 hektar. Kegiatan menanam pohon itu dilakukan di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Senin (28/11/2016). Dalam kunjungan tersebut, turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jawa Timur adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala KSP Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

2.KEMENTERIAN PUPR BANGUN TEROWONGAN ATASI BANJIR DI BANDUNG

Kementerian PUPR akan membangun terowongan air di Curug Jompong, Jawa Barat, untuk mengatasi banjir di wilayah Bandung, khususnya di kawasan Baleendah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Walikota Bandung , yang mengatakan jika Pemkot Bandung dan pihak ITB sudah berencana membangun tujuh unit small ponds untuk pengendalian banjir.

3.OPTIMIS TRANS JAWA RAMPUNG 2018

Menteri PUPR Basuki Hadumuljono menyambut kedatangan para peserta Gowes Bandung-Jakarta dalam rangka memperingati Hari Bhakti PU ke-71 yang finish di Kampus Kementerian PUPR Jakarta, Minggu (27/11/2016). Peserta yang terdiri dari pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, para pensiunan, mitra kerja di lingkungan PUPR serta pencinta olah raga sepeda telah menempuh perjalanan sepanjang 182 kilometer dari Gedung Sate Bandung dan berakhir di Kampus PUPR di Jakarta. Dikatakannya, kalau nanti  Tol Trans Jawa yang panjangnya 651 kilometer dari Surabaya sampai dengan Banten sudah selesai pada 2018 mendatang, Menteri Basuki berencana mengadakan Gowes Tol Trans Jawa.

4.SERTIFIKASI PEKERJA KONSTRUKSI

Sebanyak 19 insinyur Indonesia memperoleh Sertifikat ASEAN Chartered Professional Engineer (ACPE) dan 16 arsitek mendapatkan Sertifikat ASEAN Architect (AA). Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yusid Toyib di Jakarta, Senin (28/11). Sertifikat tersebut merupakan pengakuan kompetensi ditingkat regional ASEAN. Dengan sertifikat ACPE dan AA, maka insinyur dan arsitek dapat berpraktek di negara-negara ASEAN lainnya dengan mendapatkan pengakuan berupa kesamaan standar kompensasi dan benefit. Saat ini jumlah insinyur yang memiliki sertifikat ACFE sebanyak 864 orang dan arsitek yang memiliki sertifikat AA sebanyak 111 orang. Yusid Toyib dalam sambutannya, mendorong para tenaga ahli yang telah tersertifikasi untuk dapat membuat komunitas dan menyebarkan ilmunya untuk kepentingan generasi mendatang.

5.KOTA KOMPAK CERDAS

Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) terus mendorong terwujudnya Kota Cerdas Berkelanjutan salah satunya melalui pengembangan Kota Kompak Cerdas. Pengembangan kota kompak cerdas merupakan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) buku III tahun 2015 – 2019 tentang pembangunan kota kompak dan vertikal yang juga merupakan implementasi dari standar kota cerdas berkelanjutan yang disusun BPIW. Demikian disampaikan Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan seperti dikutip dari situs Kementerian PUPR, Senin (28/11). Lebih lanjut Rido menyatakan, sebuah kota memiliki peran internal dan eksternal, dimana harus mampu melayani kebutuhan masyarakat dalam kota tersebut dan memiliki kemampuan sistem regional atau network cities.

6.PERDA BANGUNAN GEDUNG

Peraturan Daerah tentang Bangunan Gedung (Perda BG) merupakan instrumen yang sangat penting dalam penyelenggaraan bangunan di daerah. Hal ini sejalan dengan amanah dalam Undang–Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (UUBG) dan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang–Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Sri Hartoyo mengatakan penyelenggaraan bangunan gedung di daerah manjadi kewenangan pemerintah daerah, termasuk di dalamnya penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang seyogyanya sudah diatur di dalam Perda Bangunan Gedung.

7.SOSIALISASI DAN EVALUASI PENGHEMATAN ENERGI DAN AIR

Kementerian PUPR melakukan kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Penghematan Energi dan Air, di Gedung Utama Kementerian PUPR, Jakarta. Kegiatan yang dibuka oleh Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Sriyanto dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air, dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 546/KPTS/M/2011 tanggal 30 Desember 2011 tentang Pembentukan Gugus Tugas Penghematan Energi dan Air di Lingkungan Kementerian PUPR.

8.PENGGUSURAN DI BEKASI

Meski Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah meminta agar penggusuran di Pekayon dihentikan, namun Pemkot Bekasi jalan terus.

Pada Senin (28/11/2016), Satpol PP tetap melakukan penggusuran di Pekayon Jaya. Sebelumnya, Menteri Basuki meminta penggusuran dihentikan lantaran menuai kegaduhan. Selain itu, Menteri Basuki telah mengirimkan tim khusus. Lantaran, lahan yang menjadi masalah adalah milik Kementerian PUPR.

9.PERPRES DANA TALANGAN LAHAN TOL

Peraturan Presiden tentang Dana Talangan Pembebasan Lahan untuk pembangunan jalan tol segera ditandatangani Presiden sebelum akhir tahun ini sehingga bisa mempercepat penyelesaian infrastruktur jalan. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan jika Peraturan Presiden atau Perpres itu sudah keluar maka proses pembuatan jalan tol bisa lebih cepat dan lancar.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN