Issue of the Day 16 Januari 2016

1.CAPAIAN BIDANG INFRASTRUKTUR

Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan ulang tahun ke-18 Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), di Garden Ballroom, Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Presiden membeberkan sejumlah capaian pemerintah selama beberapa tahun pemerintahan. Salah satunya pembangunan pos lintas batas negara di wilayah terluar dan terdepan Indonesia yang disebut Presiden menunjukkan harga diri kita selaku bangsa Indonesia. Pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang mendukung mobilitas orang dan/atau barang juga salah satu di antaranya turut dipaparkan.

2.PEMBERSIHAN SUNGAI PASCA BAJIR DI BIMA

Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembersihan sampah yang menumpuk di 15 sungai yang melewati Kota Bima dan kabupaten Bima akibat banjir bandang beberapa waktu lalu.Kepala BWS NT 1 Asdin Juliady mengatakan beberapa sungai yang telah bersih yakni Sungai Melayu, Padolo, Salo, dan Jatiwangi. Setelah pembersihan sungai di Bima sudah selesai, penanganan dilanjutkan dengan normalisasi sungai, pemasangan bronjong, dan pasangan batu.

3.PP PERUMAHAN MBR HARUS SEGERA DISOSIALISASIKAN

Pasca terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), kalangan pengembang meminta pemerintah pusat segera melakukan sosialisasi. Terutama, sosialisasi tertuju kepada pemerintah daerah demi kesuksesan pembangunan hunian MBR di daerah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, setelah terbit PP Nomor 64 tahun 2016 ini tidak perlu lagi adanya aturan tambahan berupa Peraturan Menteri (Permen).

4.RENCANA LELANG TOL SEMARANG-DEMAK

Padatnya mobilitas kendaraan di sejumlah kawasan bisnis dan industri di Kota Semarang dan Demak, membuat pemerintah merasa perlu membangun jalan tol yang menghubungkan dua wilayah tersebut. Dengan desain saat ini, tol tersebut akan memanjang di sisi Pantai Utara (Pantura) sepanjang 24 km. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, menjelaskan lelang jalan tol ruas tersebut awalnya ditargetkan mulai akhir tahun 2016, namun ditunda karena ada penyesuaian desain tol yang direncanakan sekaligus menjadi tanggul rob.

5.INFRASTRUKTUR PARIWISATA

– Kementerian PUPR menuturkan pencairan pinjaman dari Bank Dunia untuk studi rancang induk pembangunan tiga destinasi pariwisata senilai US$6 juta direncanakan berlaku efektif mulai April 2017. Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan telah menjelaskan bahwa pinjaman ini dapat dicairkan setelah penandatanganan kontrak studi bagi tiga kawasan pengembangan pariwisata. Ketiga destinasi itu meliputi Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Borobudur di Jawa Tengah dan Danau Toba di Sumatera Utara, Kementerian PUPR, kata Rido Matari Ichwan, sedang melelang pembuatan rencana induk terintegrasi yang melibatkan konsultan internasional.

– Untuk kawasan Borobudur, dukungan kegiatan yang akan dilakukan antara lain preservasi jalan Parakan – Secang – Magelang – Bts Jogja, optimalisasi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Kota Magelang, pemeliharaan sembilan jalan, salah satunya Jalan Keprekan – Borobudur. Selain itu, studi kelayakan pembangunan ruas tol baru Bawen – Jogja juga tengah dilakukan.

Beberapa proyek yang disiapkan untuk Kawasan Mandalika, yakni peningkatan jalan Bandara Praya Mandalika dan jalan tol Bandara Praya – Mandalika. Selain itu, pembangunan Jalan Gerung – Mataram sepanjang 2 kilometer, dan penyediaan rumah susun di Kabupaten Lombok Utara. Pembangunan bypass Mandalika ke bandara masih dilakukan studi dan akan dibangun karena penting.

6.RENCANA PEMBANGUNAN IPAL KOMUNAL DI  SURABAYA

Untuk mendukung program 100–0–100 dari Kementerian PUPR, Pemkot Surabaya getol mengurangi kawasan perkampungan kumuh.

Salah satu upaya mendukung percepatan itu, melalui rencana membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal di Keputih. Harapannya, masyarakat terlebih di perkampungan dapat mengelola dengan baik air limbah yang keluar dari rumah tangga. Sehingga, pencemaran dapat teratasi sedikit demi sedikit. Sebab selama ini sistem saluran yang digunakan masyarakat tidak tertampung dengan baik, melainkan langsung dibuang ke sungai

7.JEMBATAN KUNING DITARGETKAN SELESAI 22 JANUARI

Pembangunan kembali jembatan bernilai Rp 3,4 miliar ini ditarget rampung,Januari 2017 nanti. Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum–Penataan Ruang–Perumahan–Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung, I Gusti Nyoman Supartana, mengatakan saat ini proses pengerjaan Jembatan Kuning pasca ambruk sudah hampir rampung. Pengerjaan sudah berjalan 2 bulan, sejak 6 November 2016 lalu. Anggaran Rp 3,4 miliar untuk pembangunan kembali Jembatan Kuning ini bersumber dari APBN. Sedangkan pembangunan kembali Jembatan Kuning dilakukan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah VIII Kementerian PUPR.

8.JALAN DI SELATAN JATENG

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi berpendapat, rusaknya jalan nasional pada jalur tengah dan jalur selatan Jateng merupakan akibat keterlambatan pemerintah mengantisipasi perubahan pola lalu lintas. “Kami terlambat merespons, begitu Tol Cipali hingga Pemalang jadi, pola angkutan truk ternyata juga berubah. Selepas tol, mereka semakin banyak melewati jalur lintas tengah dan selatan Jateng dengan membawa muatan sehingga jalan rusak lebih cepat,” kata Arie. Untuk 2017, lanjut Arie, perbaikan akan dilakukan lebih mendasar.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN