Issue of The Day 17 Desember 2016

1.PENANGANAN PASCA GEMPA ACEH

Target Pembersihan Pasca Gempa

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementerian PUPR untuk melakukan pembersihan daerah terdampak gempa Aceh dalam satu hingga dua pekan mendatang. Instruksi tersebut dipaparkan Jokowi pada Rapat Kabinet Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12). Basuki menuturkan, instruksi Jokowi itu serupa dengan program pascabencana yang dilakukan Kementerian PU pada bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2005 silam. Kementerian PUPR, kata Basuki, akan mengambil langkah-langkah cepat dan nyata untuk pembersihan dilanjutkan dengan rekonstruksi bangunan publik.

Target Perbaikan Fasilitas Umum

Kementerian PUPR fokus  untuk memulihkan kondisi dan aktivitas sosial-ekonomi setempat melalui pembangunan fasilitas umum yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter di Provinsi Aceh pada 7 Desember 2016. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, fasilitas umum yang menjadi fokus untuk segera diperbaiki/dibangun ulang, antara lain sekolah, musholla, masjid, pasar, dengan konstruksi bangunan tahan gempa, selain jalan dan jembatan yang menjadi tugas pokok Kementerian PUPR. Untuk perbaikan sekolah sendiri ditargetkan dalam 1 tahun.  Perkiraan kebutuhan anggaran sebesar Rp1 triliun karena kurang lebih ada 200 sekolah. Fasilitas umum lainnya adalah masjid, di mana ia menyebutkan, ada sekitar 68 masjid yang rusak ditargetkan selesai rekonstruksi sebelum Ramadan 2018. Untuk mengawali tugas rekonstruksi akan dilakukan audit teknis bangunan untuk mengetahui secara akurat jenis penanganan yang diperlukan.

2.ANTISIPASI DAMPAK KEMACETAN SAAT KONSTRUKSI TOL CIKAMPEK II

Kepala BPJT Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, akan meminimalisir sebisa mungkin dampak dari pembangunan tersebut, mengingat pembangunannya bersifat elevated atau melayang di atas jalan tol eksisting Jakarta-Cikampek. BPJT meminta supaya Jasa Marga membentuk konsultan yang mampu memngintegrasikan semua proses pembangunan yang ada. Baik itu LRT, dan rencana pembangunan kereta cepat. Pelebaran jalan tol jura diharapkan bisa dilakukan sebelum konstruksi dimulai.

3.RENCANA TOL JATIASIH-SADANG

Selain membangun tol Jakarta – Cikampek II, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga berniat untuk membangun ruas tol Jatiasih – Sadang. Proyek ruas tol sepanjang 62 kilometer dari Kota Bekasi hingga Kabupaten Purwakarta itu kini masih dalam tahap persiapan lelang. Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna menyatakan, pembangunan jalan tol tersebut rencananya akan dimulai pada 2018 mendatang. Jasa Marga pun telah mengajukan proposal proyek.

4.INFRASTRUKTUR PARIWISATA

Pengembangan tiga destinasi dari 10 tujuan wisata prioritas pemerintah, yakni Danau Toba, Candi Borobudur, dan Mandalika, perlu perencanaan yang matang. Kini disiapkan lelang rencana induk kajian terintegrasi untuk ketiga destinasi dengan biaya 6 juta dollar AS.

Pembiayaan rencana induk kajian terintegrasi itu berasal dari Bank Dunia. “Kajian itu dilakukan untuk melihat seberapa besar daya tarik dari ketiga tujuan wisata itu,” kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rido Matari Ichwan, Jumat (16/12), di Jakarta.

Rido mengatakan, pembiayaan dari Bank Dunia untuk pengembangan ketiga tujuan wisata tersebut sebesar 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 4 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar 6 juta dollar AS akan digunakan untuk membuat rencana induk kajian terintegrasi. Adapun 2 juta dollar AS dari 6 juta dollar AS tersebut merupakan hibah.

5.SERTIFIKASI PEKERJA KONSTRUKSI

– Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sertifikasi menjadi modal para pekerja konstruksi terjun dan diakui di dalam pekerjaan konstruksi. Tanpa sertifikat, tidak boleh sembarangan orang melakukan pekerjaan konstruksi.

– DJBK menggelar kegiatan Sertifikasi Tenaga Terampil dan Bimbingan Teknis Tenaga Ahli secara serentak, terutama kepada proyek-proyek swasta dan BUMN Karya yang sumber pendanaannya non APBN. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dan diikuti oleh 2.250 tenaga kerja konstruksi. Dirjen Bina Kontruksi Yusid Toyib usai membuka pelaksanaan kegiatan mengatakan sertifikasi memberi keyakinan dan optimisme bahwa Kementerian PUPR bisa dan sanggup menyiapkan dan mempercepat proses Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi seperti yang dilakukan selama tiga hari ini. Kegiatan dilaksanakan secara on job training di 15 proyek swasta dan enam proyek strategis milik BUMN Karya. Perusahaan yang terlibat antara lain PT Total Bangun Persada, PT Nindya Karya, PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya.

6.PAMERAN PERUMAHAN RAKYAT DI BANJARMASIN

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka Pameran Perumahan Rakyat tahun 2016. Program kegiatan yang digagas Kementerian PUPR itu, digelar di Duta Mall, Banjarmasin selama 5 hari. Menurut Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin sangat mendukung program dari PUPR, yang akan membangun rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah, di kota berjuluk seribu sungai. Ia juga mengharap semua stakeholder untuk mendukung program tersebut

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN