Issue of the Day

1.LELANG DINI PROYEK PUPR 2017

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, hari ini kementeriannya telah melakukan lelang dini sebanyak 1.821 paket pekerjaan, dengan total senilai Rp9,89 triliun. Dari jumlah tersebut, berdasarkan unit organisasi eselon I, terbanyak di Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air 998 paket, Ditjen Bina Marga 618 paket, dan Ditjen Cipta Karya 108 paket, Ditjen Penyediaan Perumahan 82 paket. Basuki menjelaskan, jumlah paket pekerjan yang sudah masuk ke sistem informasi rencana umum pengadaan, sampai saat ini sudah tercatat sebanyak 8.029 paket pekerjaan siap lelang, dengan nilai Rp52,1 Triliun. Alokasi anggaran Kementerian PUPR sendiri untuk tahun 2017 sesuai hasil Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI Oktober lalu, sebesar Rp 101,4 triliun. Seperti diketahui, Menteri Basuki sudah mengeluarkan Surat Edaran Menteri PUPR No.57/2015, tentang pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-procurement).

2.DANA TAX AMNESTY UNTUK PROYEK INFRASTRUKTUR

Kementerian PUPR akan mengusulkan pemanfaatan dana hasil tax amnesty untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp 93,73 triliun dari total hasil tax amnesty sebesar Rp 234,2 triliun. Usulan sebesar Rp 93,73 triliun tersebut terdiri dari dana tebusan sebesar Rp 60,79 triliun dan dana repatriasi senilai Rp 32,94 triliun. Tenaga Fungsional Bidang Pengawasan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan SDM PUPR Taufik Widjoyono dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kadin Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur 2016 di Jakarta, Kamis (17/11) mengatakan bahwa kebutuhan anggaran Kementerian PUPR untuk memenuhi infrastruktur Renstra 2015-2019 mencapai Rp 931 triliun namun yang bisa didanai APBN diperkirakan maksimal sebesar Rp 628 triliun. Salah satu upaya pemerintah untuk menaikan anggaran adalah dengan kebijakan tax amnesty.

3.WADUK CIBEET MENDESAK UNTUK TANGANI BANJIR

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong Kementerian PUPR mempercepat penuntasan studi kelayakan Waduk Cibeet guna menyelamatkan kawasan Bekasi dan Karawang dari Banjir. Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan banjir besar yang menyergap Tol Jakarta–Cikampek di kawasan Delta Mas dan banjir besar yang melanda kawasan Teluk Jambe, Karawang membuat rencana pembangunan Waduk Cibeet layak dipercepat.

4.PENANGANAN BANJIR DI BERBAGAI DAERAH

Karawang & Bekasi

Kepala Seksi Bendungan, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, Direktortat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Jaya Sampurna mengatakan, banjir di sejumlah lokasi sepanjang Sungai Citarum di Karawang dan Bekasi disebabkan pembukaan bendungan Jatiluhur. Menurutnya, debit terlalu besar dibuka dari Jatiluhur, kalau tidak dibuka, Jatiluhur akan kolaps sehingga terpaksa dibuka.

Restorasi DAS di Bekasi

Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Jawa Barat, memastikan rencana restorasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi dalam rangka penanggulangan banjir tengah dalam proses pembahasan. Kepala Bidang Perencanaan Disbimarta Kota Bekasi Sugiyono di Bekasi, mengatakan pihaknya masih menjalin komunikasi intensif dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung–Cisadane (BBWSCC) terkait kegiatan restorasi DAS Kali Bekasi.

Normalisasi Situ dan Sungai di Tangerang

Kota (Pemkot) Tangerang meminta Kementerian PUPR untuk segera menormalisasi Situ Bulakan, Sungai Sabi, dan Cisadane untuk mengatasi banjir yang kerap melanda kota itu. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, kemarin, mengatakan Situ Bulakan perlu dikeruk untuk diperdalam karena kondisinya sangat dangkal dan menjadi salah satu penyebab banjir di kota yang dipimpinnya.

Sementara itu, Sungai Sabi dan Cisadane perlu dinormalisasi dan daerah aliran sungainya ditata ulang agar aliran di kedua sungai tidak tertahan.

Penanganan Banjir Terintegrasi di Cimahi

Pemkot Cimahi memastikan pelaksanaan penanganan banjir terintegrasi yang melanda Kelurahan Melong, tepatnya di RW 01, 02, 14, 30 dan 34, Cimahi Selatan, Kota Cimahi akan berjalan efektif 2017 mendatang. Seperti diketahui banjir di wilayah tersebut terbilang parah karena ketinggian air bisa mencapai 2 meter. Bahkan, menurut informasi, kondisi banjirnya semakin parah. Rencana penanganan banjir yang melibatkan pemerintah pusat melalui Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS), Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

5.TOUR DE BOROBUDUR 2016

Tiga Menteri kabinet kerja dipastikan ikut gowes dalam pesta bersepeda BTN Tour de Borobudur 2016. Ketiganya menteri tersebut yakni Menteri Ketenaga Kerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri, Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono serta Menteri BUMN , Rini Soemarmo. Ketiganya tercatat sebagai peserta kategori C yang akan menempuh jalur dari Banaran Cafe Ambarawa, Kabupaten Semarang hingga Candi Borobudur Magelang.

6.FESTIVAL HIJAU DI SABANG

Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, program pengembangan kota hijau Kementerian PUPR, bersama forum komunitas hijau terawah kota Sabang, gelar Sabang festival hijau 2016, di kota Sabang. Kegiatan yang dimaksudkan guna melahirkan agen kota hijau, yang mampu menyeberkan informasi terkait pemahanan akan pentingnya kota hijau bagi kesemimbangan kota yang berkelanjutan ini, akan dilakukan pada Minggu, 20 November 2016 mendatang, dengan tiga titik kegiatan.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN