Issue of the Day 20 Januari 2017

1.PROGRES PEMBANGUNAN JALAN TOL

Progres Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat ditemui usai rapat di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (19/1) optimis tol Transjawa bakal tersambung tahun depan.  Secara umum, untuk pembebasan lahan secara umum Trans Jawa sudah beres sepanjang 661 km pembebasan lahannya sudah 91 persen. Sementara itu, untuk Batang-Semarang, sepanjang 152 km proses pembebasan lahannya sudah 92 persen dan akan dibayar 100 persen dua minggu lagi. Selain itu, untuk tol Trans Sumatera, Basuki, menyebut progresnya sudah 62 persen. Seperti Bakauheni-Terbanggi Besar, dia berharap dapat dioperasikan tahun ini.

Kebutuhan Dana Pembebasan Lahan Tol

Kementerian PUPR mengungkapkan pihaknya tahun ini membutuhkan dana Rp 28 triliun untuk pembebasan lahan proyek tol. Saat ini, pemerintah baru mendapat alokasi dana Rp 13 triliun dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan kekurangan dana akan diambil dari sejumlah tender proyek dan melalui tambahan dana dalam APBN-P 2017.

2.TARGET PENGOPERASIAN TOL MEDAN-KUALANAMU- TEBING TINGGI

Pembangunan Jaringan Tol Trans Sumatera Ruas Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi terus dikebut mengingat jadwal pengoperasiannya tahun ini. Hingga saat ini, proses pembebasan lahannya telah mendekati rampung yang ditandai dengan perkembangan konstruksi yang sudah lebih dari separuhnya. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto Progres pemebasan tanah saat ini sudah sebesar 86 persen, sementara progres fisiknya memasuki 51 persen dan rencana operasi tetap pada akhir tahun 2017.

3.JEMBATAN TIMBANG DI MERAK

Pemerintah berencana mengaktifkan kembali jembatan timbang di  Merak guna mencegah kerusakan jalan arteri lebih parah. Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Achmad Ghani Ghazaly menyatakan, selama ini kerusakan parah kerap terjadi di jalan arteri yang menuju ke Pelabuhan Merak. Kerusakan terjadi karena banyaknya truk yang kelebihan muatan melintasi jalan tersebut.  Menurutnya Rata-rata 90% truk yang lewat kelebihan muatan. Karena itu Kementerian PUPR memberi dukungan agar Kemenhub mengaktifkan kembali jembatan timbang.

4.PENGEMBANGAN DATA CENTER JALAN TERINTEGRASI

Pusjatan Kementerian PUPR bersama Kementerian Perhubungan dan Polri baru ini telah memulai proses pembangunan dan pengembangan Data Center Terintegrasi atau Integration Road Data Center Operation (IRODCO). Pembangunan Data Center Terintegrasi IRODCO diinisiasi oleh Pusjatan Kementerian PUPR melalui program hibah Korea International Cooperation Agency (KOICA) Kepala Pusjatan Kementerian PUPR Herry Vaza mengatakan, IRODCO merupakan sebuah konsep sistem penyimpanan basis data jalan terintegrasi dalam sebuah pusat penyimpanan (Data Center).

5.TARGET PEMBONGKARAN TOL KARANG TENGAH

Kementerian PUPR memastikan penutupan gerbang Tol Karang Tengah di Kota Tangerang, Banten akan dilaksanakan pada April mendatang. Gani Ghazaly Akman selaku Direktur Pembangunan Jalan pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR saat ditemui di Karawaci, Kabupaten Tangerang, Kamis (19/1) menyatakan selain untuk mengurangi angka kemacetan, langkah ini dilakukan untuk integrasi jalan tol , Merak, dan Surabaya.

6.SUBSIDI PERUMAHAN

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus mengatakan bahwa Skema Subsidi Selisih Bunga (SSB) dapat dijalankan terlebih dahulu dibandingkan KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan dalam acara Rapat Kerja Internal Ditjen Pembiayaan Perumahan Tahun 2017 di Ruang Rapat Prambanan, Jakarta, Senin (16/1). Menurut Maurin, SSB bisa dijalankan lebih dahulu karena penerbitan DIPA KPR Sejahtera FLPP lebih lama daripada SSB. Untuk Konversi dari KPR Sejahtera FLPP ke SSB sudah dirapatkan di kantor Wakil Presiden. Berdasarkan arahan dari Wakil Presiden, konversi ini didasarkan pada UU APBNP.

7.TARGET PEMBANGUNAN RUSUN UNTUK PENDIDIKAN 2017

Kebutuhan Rumah Susun (Rusun) ke depan semakin meningkat akibat keterbatasan lahan. Oleh karenanya disamping pembangunan Rusun oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan perguruan tinggi juga diharapkan mampu mendorong pembangunan rumah masyarakat ke arah hunian vertikal. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin beberapa waktu lalu. Sementara itu disela Peresmian Rusunawa Darul Hikmah, Tulungagung, Senin (16/1/2017), Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR Kuswardono mengatakan, Kementerian PUPR menargetkan pada tahun 2017 akan membangun sebanyak 20 twin block Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk sektor pendidikan termasuk pondok pesantren.

8.PELEBARAN TOL TANGERANG-MERAK

  1. Marga Mandalasakti (MMS) tengah mengerjakan pelebaran ruas jalan tol Tangerang-Merak menjadi empat lajur pada tahun 2017. Pengerjaan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan pelayanan jalan tol yang mengakomodasi pengguna dalam mengakses ujung barat Pulau Jawa. Presiden Direktur PT MMS Wiwiek D Santoso, Kamis (19/1) mengatakan penambahan kapasitas jalan dengan lajur keempat ini sudah disetujui oleh Kementerian PUPR.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN