Issue of the Day 21 Januari 2017

1.PELANTIKAN PENGURUS PUSAT HATHI

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melantik pengurus pusat Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) periode 2016 – 2019, di Gedung Ditje SDA Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/1). Ketua Umum HATHI periode 2016 – 2019 adalah Imam Santoso yang juga merupakan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Hadir pada kesempatan tersebut Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti, anggota Dewan Kehormatan HATHI yang juga Mantan Menteri PUPR yakni Suyono Sosrodarsono dan Djoko Kirmanto, Ketua HATHI periode sebelumnya Mudjiadi dan para penasehat HATHI. Acara pelantikan tersebut juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) HATHI ke – 37. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya meminta kepada seluruh anggota HATHI harus memegang teguh kode etik profesi, AD/ART organisasi dan taat pada regulasi yang berlaku.

2.PEMBANGUNAN BENDUNGAN MILA DAN TANJU

Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian bendungan Tanju dan Mila di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB lebih cepat dari rencana. Kontrak bendungan tersebut berakhir pada Desember 2018.

Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Imam Santoso melalui siaran resmi, Jumat (20/1) menyatakan bendungan Tanju dan Mila akan lebih cepat pekerjaannya karena pembebasan tanahnya lebih cepat, khususnya bendungan Tanju kami usahakan rampung konstruksinya Desember 2017, kata  Begitu juga dengan bendungan Mila yang diharapkan selesai pada April 2018.

Progres pembangunan untuk bendungan Tanju saat ini mencapai 18,5 persen dan bendungan Mila 30,45 persen.  Ia mengatakan, setelah pekerjaan konstruksi selesai akan dilaksanakan pengisian air bendungan atau impounding yang memakan waktu 6 hingga 12 bulan, tergantung kondisi hujan. Kontrak kedua bendungan tersebut yang ditandatangani pada Juni 2015 senilai Rp 357,16 miliar, dengan porsi 30 persen untuk bendungan Tanju dan 70 persen untuk bendungan Mila.

3.SERTIFIKASI PEKERJA KONSTRUKSI DI PERBATASAN

Kementerian PUPR melaksanakan uji sertifikasi terhadap 50 orang tenaga kerja konstruksi di Pos Lintas Batas Negara, Entikong, Kalimantan Barat, Kamis (19/01). Kegiatan sertifikasi dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Yusid Toyib yang diwakili oleh Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Dudi Suryo Bintoro. Turut hadir pada acara tersebut Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Masrianto.

Seperti diketahui bersama Undang-Undang Jasa Konstruksi (UUJK) telah disahkan pada Sidang Paripurna DPR RI, Desember lalu. Dalam UU Jasa Konstruksi yang baru terdapat pasal yang mengatur tenaga kerja konstruksi, dan mengharuskan seluruh tenaga konstruksi memiliki sertifikat baik pekerja di tingkat ahli maupun terampil.

4.LELANG DINI DITJEN BINA MARGA

Kementerian PUPR kembali menunjukkan komitmen percepatan pembangunan infrastruktur dengan meneken paket pekerjaan penanganan jalan dan jembatan 2017 senilai Rp1,29 triliun. Paket tersebut sendiri telah ditenderkan oleh Ditjen Bina Marga sejak September 2016 lalu.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto menuturkan, paket pekerjaan senilai Rp1,29 triliun tersebut tersebar pada 53 proyek di seluruh Indonesia. Arie menuturkan, dari total pagu Ditjen Bina Marga tahun ini sebesar Rp41,39 triliun sebesar Rp18,47 triliun atau 53 persen diantaranya diperuntukkan untuk pemeliharaan jalan nasional sepanjang 47.017 km. Anggaran Ditjen Bina Marga juga dialokasikan untuk dana pembangunan jalan sepanjang 778 km senilai Rp4,94 triliun, peningkatan jalan 825 km senilai Rp2,34 triliun, pembangunan 8.650 meter jembatan senilai Rp3,25 triliun dan pemeliharaan 486.296 meter jembatan senilai Rp1,33 triliun.

5.PEMBANGUNAN TOL DEMAK

Pembangunan jalan tol Demak dipastikan dimulai tahun ini. Sebagian besar lahan untuk proyek jalan bebas hambatan tersebut telah dibebaskan. Wakil Bupati Demak Joko Sutanto menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR berencana mempercepat realisasi tol Demak karena jalan Kaligawe yang menjadi jalur utama Surabaya sering tergenang rob.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN