Issue of the Day 24 Januari 2017

1.SEKAT KANAL PENCEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN GAMBUT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan pentingnya sekat kanal untuk mengurangi angka kejadian kebakaran hutan dan lahan pada 2017. Presiden mengingatkan pentingnya sekat kanal untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan gambut. Menurutnya, jumlah sekat kanal yang dimiliki hingga 2016 sudah mencapai 11.000 unit. Namun demikian Presiden dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2017, Senin (23/1)

menganggap jumlah itu masih kurang, sekat kanal masih dikerjakan terus oleh Kementerian PUPR, Badan Restorasi Gambut, dan Kementerian Kehutanan.

2.PEMBANGUNAN JALAN PINTAS JALUR BEDUGUL-BULELENG

Untuk mendukung pemerataan pariwisata di Bali, Kementerian PUPR menyiapkan pembangunan Jalan Pintas (Shortcut) jalur Bedugul–Buleleng. Diharapkan dengan adanya jalan pintas dapat mempercepat akses dari Denpasar ke Buleleng via Bedugul maupun sebaliknya, sehingga mampu meningkatkan jumlah wisatawan ke Buleleng. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, secara umum jalan pintas yang masuk wilayah Buleleng tersebut pada tahun 2017 ini sudah memasuki tahap penyusunan desain rinci yang kemudian akan diikuti dengan pembangunan.

3.PERESMIAN JEMBATAN LAYANG ANTAPANI

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono rencananya akan meresmikan Jembatan Layang ‘Pelangi’ Antapani, Selasa (24/1). Pembangunan jembatan layang yang menghubungkan kawasan Antapani (Jalan Terusan Jakarta) dengan Jalan Jakarta ini dimulai pada 10 Juni 2015. Kala itu peletakan batu pertama dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Proses pembangunan memakan waktu cukup singkat, yakni selama 6 bulan. Sebelum digunakan pada 1 Januari 2017 lalu, jembatan layang itu telah melalui tes ujicoba lalu lintas pada 28 Desember 2016 dan serangkaian tes lainnya. Jembatan layang Antapani ini merupakan merupakan pilot project teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia.

4.POTENSI BENDUNGAN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK

Pemanfaatan lokasi bendung dan bendungan yang berpotensi menghasilkan listrik terus diupayakan pemerintah. Menurut rencana, pada Februari mendatang, dua lokasi bendung dan bendungan akan ditawarkan kepada swasta.

Kedua lokasi tersebut adalah Bendung Gerak Serayu dan Bendungan Jatibarang di Jawa Tengah. Lokasi lain yang telah dimanfaatkan adalah Bendungan Jatigede di Jawa Barat. Saat ini pedoman lelang sedang disusun.

5.PEMBANGUNAN FASILITAS PUBLIK KAWASAN PERBATASAN

Pemerintah akan memfokuskan pembangunan fasilitas publik di kawasan perbatasan. Pengerjaan fisik di sejumlah daerah tersebut kini sudah lebih baik, dan tinggal ditambah peningkatan perekonomian. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang juga kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengatakan, pembangunan kawasan ekonomi di perbatasan akan dikembangkan. Mulai dengan membangun pasar, koperasi, puskesmas, cabang perbankan, termasuk fasilitas kesehatan. Menurut dia, dua tahun Pemerintahan Jokowi–JK, program pembangunan daerah perbatasan berlangsung optimal.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN