Issue of the Day 26 Januari 2017

1.PERBAIKAN JEMBATAN CISOMANG


Kementerian PUPR terus menggenjot perbaikan Jembatan Cisomang, yang berada di Km 100 +695 Tol Purbaleunyi. Jembatan yang pilarnya sempat bergeser karena pergerakan tanah itu, proses perbaikannnya direncanakan akan rampung sekitar Maret 2017.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kembali meninjau lokasi perbaikan jembatan. Menurutnya, fokus perbaikan pada Jembatan Cisomang adalah untuk menghentikan pergerakan tanah. Basuki menambahkan, pekerjaan sudah sesuai rencana. Ditargetkan 31 Maret perbaikan sudah selesai. Berdasarkan hasil analisis, pergerakan tanah ini bisa ditahan menjadi hanya 1-2 milimeter, terhitung sejak awal perbaikan. Menurut Basuki, untuk mengurangi kepadatan di ruas jalan arteri Purwakarta-Padalarang, pihaknya telah menugaskan PT Jasa Marga untuk membangun pintu tol baru di Km 99 arah Bandung dan Km 107 arah Jakarta, yang dibuka selama masa perbaikan Jembatan Cisomang.

2.MENPUPR DORONG TEKNOLOGI MURAH, CEPAT DAN BERKUALITAS

– Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendorong para peneliti yang bertugas di Balitbang Kementerian PUPR untuk menghasilkan produk riset yang dapat diimplementasikan secara luas sehingga membantu Indonesia dalam memenangkan kompetisi global saat ini. Menurutnya pada acara Dialog dengan para peneliti Balitbang Kementerian PUPR usai acara peresmian Overpass Pelangi Antapani di Bandung, Selasa (24/1), produk hasil penelitian Balitbang PUPR harus lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik kualitasnya.  Pada dialog tersebut turut hadir hadir Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, dan beberapa pejabat lain.

– Dirjen Bina Marga Arie setiadi Moerwanto menyatakan kesiapannya menerapkan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) pada pembangunan jembatan layang di Indonesia. Hal tersebut sebagai respon atas permintaan Wapres Republik Indonesia Jusuf Kalla saat meresmikan overpass Antapani di Bandung, Jawa Barat pada Selasa lalu, dikutip dari laman KemenPUPR. Wapres menyebutkan, teknologi CMP dinilai tepat karena berhasil mempersingkat masa konstruksi jembatan layang menjadi hanya enam bulan. Serta mampu menghemat biaya pembangunan hingga 70 persen

– Kepala Pusjatan Kementerian PUPR, Herry Vaza, menambahkan teknologi CMP merupakan pengembangan teknologi Corrugated Steel Arch. Teknologi ini menggunakan timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang. Penggunaan teknologi CMP dalam pembangunan Jembatan overpass Pelangi Antapani mempunyai tingkat efisiensi yang tinggi yang diperoleh dari hasil konstribusi penggunaan mortar busa untuk timbunan pendekat jembatan yang menjadi ciri khas dari teknologi CMP.

3.BANTUAN BANK DUNIA UNTUK PROGRAM SEJUTA RUMAH

Kementerian PUPR mengantongi komitmen bantuan sebesar US$197 juta setara Rp2,62 triliun dari Bank Dunia untuk program pembangunan sejuta rumah murah Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tahun ini. Maurin Sitorus, Direktur Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR menuturkan duit sebanyak itu rencananya akan dimasukkan pemerintah ke dalam program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) yang mulai dijalankan 2017 ini. Ia menyebut rencananya Program BP2BT ini akan menargetkan sebanyak 715 ribu unit rumah bersubsidi untuk MBR. Rata–rata bantuan yang akan diberikan untuk MBR ini diperkirakan sebesar Rp27 juta rupiah per rumah tangga,.

4.PENJAJAKAN KERJASAMA BIDANG PENGAIRAN DENGAN BELANDA

Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah akan melakukan penjajakan peluang kerja sama dengan IHE (Institute for Hydraulic Engineering), yakni lembaga pendidikan pascasarjana bidang pengairan internasional yang berbasis di Delft, Belanda. Direktur Bisnis IHE Johan A. Van Dijk mengatakan kunjungan ke Kementerian PUPR dilakukan untuk menjajaki peluang kerja sama di berbagai bidang, seperti pendidikan pengairan, pengembangan data science, Systems Engineering, praktek terbaik dalam manajemen proyek dan lainnya.

5.BTN DAN PERUM PERUMNAS SEDIAKAN RUMAH MURAH BAGI KOMUNITAS

Pemerintah terus berupaya menyediakan rumah murah untuk masyarakat. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan Perum Perumnas bekerjasama untuk menyediakan rumah murah dengan harga Rp 75 juta. Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, rumah tersebut akan dijual dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR) mikro.

Rencananya, fasilitas tersebut rilis 9 Februari 2017. Menurutnya, KPR mikro ini ditujukan untuk pembelian rumah baru, second, bahkan renovasi. Akan tetapi, KPR ini ditujukan untuk komunitas yang juga berlaku sebagai jaminan. Maryono memberi contoh, misalnya, community pedagang baso, pedagang martabak dan sebagainya. Maksimum mereka akan mendapatkan Rp 75 juta.

6.SERTIFIKASI TENAKER KONSTRUKSI

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan Uji Kompetensi dan Sertifikasi 67 orang Tenaga Kerja Konstruksi dengan menggunakan Mobile Training Unit (MTU), di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (24/1). Tenaga kerja konstruksi tersebut  merupakan pekerja PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang akan bekerja pada Proyek pembangunan Rumah Susun di Dubai Uni Emirat Arab.

“Uji Sertifikasi ini merupakan upaya nyata Pemerintah untuk melindungi sekaligus meningkatkan daya saing tenaga kerja konstruksi di kancah global. Dengan sertifikat, nantinya para pekerja akan mendapatkan upah yang lebih tinggi”, demikian disampaikan Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR Masrianto, saat memberikan arahan pada pembukaan. Lebih lanjut Masrianto mengingatkan kembali bahwa sertifikasi merupakan  kewajiban bagi para pekerja konstruksi indonesia, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi yang baru.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN