Issue of the Day

1.PERESMIAN BALAI TERAPUNG DI SEMARANG

Setelah menjalani proses konstruksi kurang dari satu tahun, akhirnya balai warga sekaligus bangunan perpustakaan apung pertama di Indonesia yang berlokasi di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah diresmikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (25/11/2016). Menteri Basuki mengatakan bahwa pembangunan balai pertemuan warga dan perpustakaan terapung Tambaklorok ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan inovasi di bidang pembangunan infrastruktur yang memanfaatkan segala keunggulan yang dimiliki. Menurut Basuki rumah baca ini dibangun atas instruksi langsung dari Presiden. Teknologi yang digunakan yaitu teknologi apung. Selain itu listrik bersumber dari tenaga surya, sementara sanitasi menerapkan teknologi biofil. Ini merupakan inovasi baru dan pertama kali di Indonesia.

Basuki mengatakan, disamping rumah apung, Kementerian PUPR pada tahun ini telah menyelesaikan desain penataan kawasan Tambaklorok. Tahun ini purwarupa tersebut telah dilelang dan harapannya pada 2017 pengerjaanya bisa mulai dijalankan. Dalam proyek ini akan ada perbaikan sistem drainase sehingga daerah Tambaklorok menjadi kawasan yang sehat dan bisa dicontoh oleh nelayan  daerah lain.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono memastikan kesiapan membantu penanganan rob dan banjir yang terjadi di Kota Semarang. Menurutnya akan ada lima polder, di antaranya dekat bandara, di tengah, dan dekat terminal. Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana sudah melakukan kontrak kerja untuk pembangunan tanggul di sungai-sungai untuk menanggulangi rob.

Di sela kegiatan peresmian rumah apung di Kelurahan Tambaklorok Semarang, Jumat (25/11/2016) sore, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono tiba–tiba memainkan drum. Di tengah kerumunan media dan warga yang hadir, Basuki tiba–tiba naik ke panggung. Basuki memainkan drum dan terlihat menikmatinya. Dia mengiringi alunan beberapa lagu karya Koes Plus, seperti “Kolam Susu”.

2.PROGRES SIMPANG SURABAYA DI BANDA ACEH

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai progres Proyek Pembangunan Fly Over Simpang Surabaya di Kota Banda Aceh sejauh ini sesuai target dan akan rampung pada November 2017. Untuk mempercepat penyelesaian proyek tersebut, ia meminta agar pembebasan lahan yang masih tersisa bisa segera diselesaikan. Menteri Basuki mengatakan saat ini sudah 47 persen, jadi masih on schedule. Hanya masih ada beberapa bidang tanah yang belum sepakat tapi sudah dalam proses pengadilan.

3.PENGEMBANGAN WISATA SUNGAI PALEMBANG

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Kementerian PUPR untuk menggarap sektor wisata sungai terkait dengan peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.Asisten III Setda Provinsi Sumsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Ahmad Najib di Palembang, Jumat, mengatakan kerja sama ini terkait keinginan pemprov menjadikan Sungai Musi sebagai destinasi pariwisata unggulan di Palembang.

4.KENDALA TRANS KALIMANTAN

Kondisi Jembatan Bujangga kian memprihatinkan. Bahkan hingga saat ini upaya perbaikan pun belum mendapat kepastian pemerintah. Sehingga masyarakat yang hendak menuju KM 5 harus melalui jalan alternatif dengan jarak yang cukup jauh dan memakan waktu. Dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau Taupan Madjid, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tak dapat berbuat banyak guna mengatasi kondisi jembatan bujangga. Mengingat jalur tersebut masuk dalam ranah trans kalimantan, dan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat.

5.LELANG JEMBATAN TUMBANG SAMBA DI KALIMANTAN LAMBAT

Direktur Eksekutif Borneo Development Watch (BDW) Andi Muhammad Dyah mendesak Kementrian PUPR untuk segera menetapkan kontraktor pemenang untuk pekerjaan proyek Jembatan Tumbang Samba di Kalimantan Tengah. Dirinya menilai Kementrian PUPR sangat lambat dalam menjalankan proyek tersebut, sebab Proses pelelangan sudah berjalan hampir satu Tahun. Andi mengatakan

proses pelelangan dimulai tanggal 4 Desember 2015. Namun pembukaan penawaran 11 bulan kemudian yakni 10 Oktober 2016.

6.BUPATI KARO MINTA HUNTARA DIPERCEPAT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meminta pemerintah pusat segera membangun hunian sementara (Huntara) untuk pengungsi Sinabung. Permintaan itu disampaikan pada rapat penanganan bencana akibat erupsi Gunung Sinabung di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) di Jakarta, Kamis (24/11).

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN