Issue of the Day

1.KUNJUNGAN KERJA KE NTT

Peresmian PLBN

Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dijadwalkan meresmikan PLBN Terpadu Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (28/12) besok. Selain itu, Jokowi dan Basuki akan meninjau pembangunan PLBN Motamassin di Kabupaten Malaka. Kedua PLBN Indonesia dan Timor Leste tersebut dibangun sejak tahun 2015. PLBN Terpadu Motaain dibangun di atas lahan seluas 8,03 hektar dengan anggaran Rp 82 milyar.  Sementara itu, untuk PLBN Motamassin dibangun di atas lahan seluas 11,29 hektare dengan anggaran Rp 128 milyar.

Progres Jalan Perbatasan NTT

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga saat ini tengah membangun jalan perbatasan NTT,  provinsi yang berbatasan dengan Timor Leste sepanjang 176,19 km dengan 27 buah jembatan yang di kenal dengan istilah Sabuk Merah Sektor Timur, di kabupaten Bellu. Untuk sebelah barat, Kementerian PUPR juga akan membangun jalan Sabuk Merah Sektor Barat di daerah Timor Tengah Utara (TTU). Saat ini, jalan Sabuk Merah Sektor Barat yang sepanjang 30,88 km dengan 12 buah jembatan sedang dalam perencanaan dan diharapkan konstruksinya dapat dilakukan pada 2018.

Adapun, pada tahun anggaran 2016 terdapat dua paket pekerjaan yang merupakan pembangunan jalan akses PLBN dengan sistem kontrak tahun tunggal, yakni paket pembangunan jalan ruas Wini-Sakato sepanjang 2,3 km dan ruas Lakafean-Motaain sepanjang 1,5 km. Untuk pembangunan jalan dengan sistem kontrak tahun jamak dilakukan pada ruas jalan Motaain-Silawan-Salore-Haliwen-Sadi-Asumanu-Haekesak sepanjang 25,2 km dengan anggaran Rp106,4 miliar dan ruas jalan Jalan Motamasin – Laktutus – Dafala sepanjang 24,53 km dengan anggaran Rp106,4 miliar yang telah ditandatangani kontraknya pada 2 Desember lalu.

2.PEMBANGUNAN BENDUNGAN KUWIL KAWANGKOAN

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (27/12) direncanakan akan meninjau kemajuan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Presiden Joko Widodo menargetkan bendungan berkapasitas raksasa mencapai 23 juta meter kubik dan luas mencapai 308 hektare tersebut rampung pada 2019. Jokowi mengatakan, waduk tersebut nantinya akan berfungsi untuk cadangan air baku di wilayah tersebut, meliputi Manado, Bitung, Minahasa Utara, dan sekitarnya. Fungsi lainnya adalah untuk mengatasi banjir, dan juga ada fungsi pembangkit listrik, serta pariwisata.

3.PROGRES PEMBEBASAN RUAS TOL TRANS JAWA

Realisasi pengadaan lahan bagi ruas–ruas trans Jawa yang ditargetkan untuk tuntas 100% hingga akhir tahun ini, baru mencapai 89,3%. Tuntasnya pembebasan lahan akan molor hingga tahun depan

Kepala Sub Direktorat Pengadaan Tanah Kementerian PUPR Sri Sadono mengatakan mengatakan pencapaian itu belum maksimal dikarenakan terkendala lamanya prosedur bagi penggantian tanah wakaf yang dilewati rute jalan tol Trans Jawa. Terutama katanya ada sekitar 150 titik di Trans Jawa yang melewati tanah wakaf. Sri bertekad mengebut sisa pembebasan lahan lewat penyederhanaan Peraturan Pemerintah 44/2006 tentang wakaf.

4.PERBAIKAN JEMBATAN CISOMANG

Perbaikan Jembatan Cisomang yang terletak di ruas jalan tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat terus dilakukan pasca-mengalami pergeseran pada Jumat (23/12/2016). Terlihat pekerja terus melakukan perbaikan pada kedua tiang yang mengalami pergeseran. Jembatan yang berada di antara perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu hingga kini masih aman untuk dilalui kendaraan golongan satu seperti mobil pribadi, bus kecil dan truk kecil. Sementara untuk kendaraan golongan dua atau lebih besar, dialihkan untuk keluar di gerbang tol sebelum Jembatan Cisomang. Penanganan Jembatan Cisomang dilakukan secara cepat. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR memperkirakan proses pengerjaan akan selesai dalam kurun waktu 3 bulan mendayang.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN