Issue of the Day

1.TOPPING OFF WISMA ATLET KEMAYORAN

Presiden Joko Widodo menyaksikan pengecoran akhir atap atau topping off proyek Wisma Atlet Asian Games XVIII 2018 mendatang, di Kemayoran, Jakarta, Kamis (29/12). Bangunan yang sudah mencapai lantai terakhir atau topping off itu ada di Blok D10 Tower 1 dan 3 (24 lantai) dan Blok C2 Tower 1 dan 3 (18 lantai). Di lahan seluas kurang lebih 10 hektare ini, rencananya dibangun 10 tower rusun atlet dengan 7.424 unit untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Keseluruhan rusun atlet ini dapat menampung 22.278 orang penghuni. Pembangunan rusun ini diperkirakan akan selesai pada September 2017.

2.PERBAIKAN JEMBATAN KODO 1 DI BIMA

Kementerian PUPR bakal melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang di Kota dan Kabupaten Bima pekan lalu. Salah satu infrastruktur yang mengalami kerusakan parah adalah Jembatan Kodo 1. Rusaknya jembatan itu membuat distribusi barang dari dan ke Bima terputus. Selain jembatan tersebut, terdapat dua jembatan lainnya yang mengalami kerusakan, tetapi karena kondisinya yang buruk akan dilakukan desain ulang dan dibangun jembatan baru.

3.KERJASAMA INFRASTRUKTUR INDONESIA-JEPANG

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Transportasi Jepang, Mr. Keiichi Ishii. Kunjungan ini membahas perpanjangan kerja sama dalam memperkuat pertukaran pengalaman, informasi, peningkatan kapasitas SDM khususnya di bidang sumber daya air dan sanitasi di Jakarta, sampai tentang penanganan longsor. Menteri Basuki di Kantornya, Jakarta, Kamis (29/12) mengatakan kerjasama ini meneruskan kerja sama infrasuktur dengan Jepang yang dulu 2013-2016 dan akan diperbarui jadi 2016-2019. Kerja sama ini dititikberatkan tentang sistem pengelolaan air limbah atau sewerage system di Jakarta untuk dipercepat yang sebelumnya selesai di 2050 menjadi 2025. Di mana perusahaan Jepang, Japan Internasional Cooperation Agency atau JICA, akan membantu di zona 1 dan 6. Selain infrastruktur, pihaknya dengan Jepang juga bekerjasama dalam transfer teknologi untuk pembangunan rumah susun yang tahan gempa.

4.PEMBANGUNAN FISIK 7 PLNB SELESAI

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan 7 PLBN Terpadu secara fisik telah rampung. Namun untuk peresmiannya perlu dilakukan koordinasi dengan pihak lain seperti imigrasi, bea cukai dan balai karantina dan lainnya yang dikoordinir oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan. Menteri PUPR Basuki mengatakan Presiden tidak ingin yang diresmikan hanya bangunan saja, namun harus sudah operasional. Seperti PLBN Nangga Badau dan Aruk di Kalimantan sudah rampung namun masih menunggu koneksi fiber optiknya.

5.TIM SABER PUNGLI

– Kementerian PUPR pada Oktober lalu tengah menyiapkan tim saber pungutan liar (pungli). Hal itu guna memberantas pungli di lingkungan kementeriannya. Saat ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sedang mempersiapkan beberapa hal sebelum tim saber pungli ini dijalankan. Pihaknya sedang mengidentifikasi pelayanan publik di Kementerian PUPR dan kemudian membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) bagaimana untuk masing–masing pelayanan publik itu dilakukan, kemudian disepakati dan baru diimplementasikan.

6.PEMBERSIHAN SAMPAH PASKA BANJIR DI BIMA

Dalam rapat koordinasi di Posko Tanggap Darurat di Kantor Wali Kota Bima, Wakil Presiden Jusuf Kalla  (28/12) menginstruksikan agar penanganan darurat banjir di Kota Bima dapat lebih dipercepat. Apabila penanganannya lama akan memakan biaya lebih besar dan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

Dirjen SDA Imam Santoso mengatakan, untuk penanganan darurat, pihaknya telah menurunkan excavator amphibi untuk membersihkan sampah yang banyak sekali di badan sungai dan tersangkut di jembatan. Selain itu juga diturunkan 2 excavator dan 4 dumptruck untuk pembersihan sampah.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN