Issue of The Day

 

#1 JEMBATAN DARURAT DI PANGANDARAN

Ditjen Bina Marga mengirimkan jembatan darurat (bailey) ke lokasi rusaknya Jembatan Ciputra Pinggan di ruas jalan Pangandaran–Banjar dan Jembatan Ketapang di Kabupaten Banjar, Jawa Barat. Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengatakan langsung memobilisasi dan kirim jembatan darurat.

#2 NPL TAK PENGARUHI PROYEK JALAN NASIONAL

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto memastikan proyek jalan nasional atau tol tetap berjalan normal walaupun perbankan melakukan pengetatan likuiditas. Upaya perbankan memperketat likuiditas ini menyusul tingginya angka Non Performence Loan (NPL) sejumlah perbankan nasional saat ini. Data Bank Indonesia (BI) angka kredit macet atau NPL perbankan hingga Juli 2016 tercatat 3,18%. Angka ini naik dibandingkan tahun 2012 yang hanya 1,5%.

#3 TARGET PROGRAM BSPS

Program Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal dengan program bedah rumah milik Kementerian PUPR menjadi salah satu cara penyediaan hunian layak bagi masyarakat kurang mampu. Setelah menghabiskan Rp 1,1 triliun untuk membedah atau meningkatkan kualitas rumah sebanyak 82.245 unit pada 2015 silam, Direktorat Rumah Swadaya Kementerian PUPR kembali melanjutkan program BSPS pada tahun ini dan menaikkan jumlah anggarannya. Dirktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Jhony Fajar Sufyan Subrata mengatakan pada 2016 ini targetnya 94.210 unit dengan rincian 93.210 unit peningkatan kualitas rumah tak layak huni dan seribu untuk pembangunan rumah baru.

#4 PROGRAM 100-0-100 DI BANDA ACEH

Dalam rangka pelaksanaan program kolaborasi pengembangan infrastruktur permukiman dan perkotaan di Kota Banda Aceh guna mendukung pencapaian gerakan 100–0–100, Pemerintah Kota Banda Aceh dan Direktorat Jenderal Cipta Karya bersepakat bekerjasama guna meneguhkan komitmen kedua belah pihak. Kesepakatan kerja sama yang juga terkait dengan pewujudan Banda Aceh sebagai “Kota Wisata Islami Dunia yang Berketahanan” tersebut ditandangani langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dan Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo di Ruang Rapat Ditjen Cipta Karya, Jakarta, Senin (10/10).

#5 PROGRAM KOTAKU DI MANOKWARI

Kementerian PUPR lewat Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman melaksanakan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong. Di Provinsi Papua Barat terdapat 41 kelurahan/desa yang masuk dalam program Kotaku dengan luas areal 154,78 hektar, dirinciannya di antaranya 10 di Manokwari dan di Kota Sorong 31 kelurahan/desa.

#6 PROGRES SPAM SEMARANG

Pemerintah kota Semarang mulai menyiapkan lahan bagi pengerjaaan proyek SPAM Semarang Barat setelah pemerintah pusat memutuskan bahwa proyek itu akan dilakukan menggunakan APBN ketimbang menjadi proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo menyatakan proyek tersebut tengah menunggu tuntasnya pembebasan lahan yang dijanjikan oleh pemerintah kota Semarang.

#7 ALOKASI PERUMAHAN UNTUK TNI/POLRI

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah menyiapkan alokasi dalam RAPBN 2017 sebesar Rp390 miliar untuk unit hunian bagi anggota TNI/Polri.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN