Issue of The Day

1.NATIONAL PROCUREMENT AWARD 2016

Kementerian PUPR meraih penghargaan National Procurement Award 2016 untuk kategori “Komitmen 100% eProcurement” atau lembaga pemerintah yang berhasil menjalankan 100 persen Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Selama sembilan tahun, sejak tahun 2007, Kementerian PUPR telah merintis pengadaan barang dan jasa (PBJ) secara elektronik atau e-procurement. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan PUPR baru tahun 2016 berhasil 100 persen menggunakan LPSE. Dimulai 9 tahun sebelumnya, e-procurement sudah dijalankan. Jadi ketika harus menggunakan LPSE  pihaknya sudah tidak kaget.

2.TANGGAPAN MENPUPR TERKAIT APRESIASI PRESIDEN

Pujian Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR yang dinilai mematuhi instruksinya untuk menggelar lelang proyek infrastruktur lebih dini, tidak membuat menteri Basuki Hadimuljono berpuas diri. Basuki menuturkan, Kementerian PUPR akan terus melakukan upaya–upaya percepatan pembangunan infrastruktur, seperti mendorong penyelesaian segera masalah pembebasan lahan sehingga pekerjaan konstruksi dapat segera dikerjakan.

3.PEMERINGKATAN JALAN HIJAU

Kementerian PUPR melalui Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sejak tahun lalu sudah mulai melakukan Greenroad Rating (Pemeringkatan Jalan Hijau). Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga di Jakarta, Rabu (2/11) mengatakan melalui Pemeringkatan Jalan Hijau, akan mendorong para pelaksana konstruksi menerapkan kegiatan di setiap proyek peningkatan jalan maupun jalan baru atau jembatan yang berprinsip pada pembangunan berkelanjutan. Pemeringkatan Jalan Hijau dilakukan untuk mewujudkan konstruksi berkelanjutan sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI No 05/PRT/M/2015 tentang Pedoman Umum Implementasi Konstruksi Berkelanjutan Pada Penyelenggaraan Infrastruktur Bidang Pekerjaan Umum dan Permukiman.

4.TAMBAHAN RUAS TOL SUMATERA

PT Hutama Karya (Persero) yang saat ini tengah mengerjakan proyek infrastruktur jalan Tol Trans Sumatera mendapatkan penugasan membangun tol tambahan sebanyak tiga ruas. Mengenai tambahan tiga ruas, sesuai Perpres, bahwa ruas–ruas tambahannya ditentukan oleh menteri PUPR. Menteri PUPR bulan Mei lalu memberikan tambahan ruas, yang satu revisi. Perpres bilang yang satu adalah Tebing Tinggi–Kisaran sepanjang 60 kilometer (km). Sekarang SK Menteri PUPR itu adalah Tebing Tinggi–Muara Tanjung sepanjang 120 km.

5.PENANGANAN PENGUNGSIAN DI SINABUNG

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan seluruh pengungsi korban erupsi Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, hanya berada di posko pengungsian hingga kwartal 2017. Semua pengungsi harus sudah direlokasi ke rumah hunian sementara (huntara) atau hunian tetap untuk mereka tahun depan.  Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumut Tengku Erry dalam kunjungannya ke Posko Pengungsian di Jalan Kiras Bangun Kecamatan Simpang Empat, Kabanjahe. Erry mengatakan Huntara akan dikirim oleh Kementerian PUPR minggu ini dan akan segera dibangun.

6.SWRO DIANGGAP TERLALU MAHAL

Gubernur Kepri Nurdin Basirun belum mau menerima penyerahan fasilitas aset Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) atau pengelohan air laut menjadi air siap konsumsi yang dibangun oleh Kementerian PUPR dengan anggaran APBN 2014–2015. Usai pertemuan dengan Direktur Air Cipta Karya Kementerian PUPR di Gedung Daerah di Tanjungpinang, Kamis (3/11), Nurdin mengatakan alasan belum diterima dikarenakan harga air yang telah ditetapkan pemerintah masih terlalu mahal, sehingga akan memberatkan masyarakat.

7.GROUND BREAKING WADUK CIPAYUNG

Pembangunan Waduk Ciawi dan Sukamahi yang kini menjadi Waduk Cipayung ditargetkan akan dimulai akhir tahun ini. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR, sebagai pelaksana, menginformasikan jika tidak ada aral melintang, peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden dilaksanakan pada November ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN