Issue of the Day 8 Oktober

#1 CAPAIAN INFRASTRUKTUR PUPR 2 TAHUN KABINET KERJA

Penyerapan Anggaran.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, progres penyerapan keuangan Kementerian PUPR hingga per 6 Oktober 2016 pukul 12.00 telah mencapai 52,83 persen dengan progres fisik 59,56 persen. Progres Penyerapan keuangan tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan progres penyerapan keuangan pada 2015 lalu pada waktu yang sama, yang hanya mencapai 42,9 persen dengan progres fisik 49,29 persen.

Capaian Jalan Tol.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menyatakan realisasi pembangunan jalan tol baru mencapai 17% dari target kerja kabinet dalam lima tahun. Pemerintahan JK menargetkan akan membangun 1.060 kilometer jalan tol hingga 2019 mendatang.

Potensi  SDA.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, manajemen pemanfaatan potensi sumber daya air oleh pemerintah masih banyak yang harus dibenahi. Pasalnya, Basuki mencatat, dari potensi air yang bisa dimanfaatkan sebanyak 3,906 kilometer kubik, saat ini yang mampu dikelola atau dimanfaatkan baru 15 kilometer kubik atau 63,5 meter kubik yang dapat dikelola melalui pengoperasian waduk

Capaian Bidang SDA

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan adanya 65 waduk atau bendungan yang akan dibangun hingga tahun 2019 mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari 49 bendungan baru, 16 bendungan lanjutan. Dua puluh sembilan bendungan diantaranya ditargetkan selesai hingga 2019.Saat ini, Indonesia sendiri hanya memiliki 3,3 juta ha lahan sawah yang terlayani jaringan irigasi, dengan bantuan dari 230 bendungan besar. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, akan ada sekitar 934.500 hektar lahan sawah baru yang akan teraliri dari 29 waduk yang akan selesai di 2019 mendatang.

#2 PENGHARGAAN KEPADA MENTERI PUPR

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menerima penghargaan Adi Karsa Utama dari Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Ofyar Z Tamin di Aula gedung LPPM Utara, Kampus ITERA, Lampung Selatan. Penghargaan Adi Karsa Madya juga diberikan kepada Hermanto Dardak, mantan Kepala BPIW. Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke–2 ITERA yang bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke–21.

#3 KOMPETENSI INSIYUR INDONESIA

PII menilai perlu adanya kompetensi bagi insinyur Indonesia. Hal ini dianggap sesuai dengan UU No. 11/2014 tentang Keinsinyuran. PII akan bekerja sama dengan Kemenristek Dikti, KemenPUPR, Kemenperin dan 40 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam menjalankan program profesi tersebut. Ketua PII yang juga merupakan mantan ketua BPIWHermanto Dardak mengatakan, adanya program profesi keinsinyuran sangat penting di tengah persaingan internasional, terutama berlakunya MEA.

#4 SKEMA SSB JADI ALTERNATIF FLPP

Kementerian PUPRmenyatakan hanya bisa mengandalkan program SSB untuk mengejar target program sejuta rumah tahun ini. Ini dilakukan lantaran anggaran FLPP untuk subsidi KPR tahun ini sudah habis. Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus mengatakan anggaran untuk FLPP tahun ini sebenarnya cukup besar, jumlahnya mencapai Rp 9,2 triliun. Tapi, hingga saat ini anggaran tersebut telah terserap semuanya.

#5 DAMPAK PENGHEMATAN ANGGARAN DI DITJEN BINA MARGA

Penghematan anggaran yang dilakukan selama dua kali pada tahun ini membuat Kementerian PUPR mengalihkan sebagian proyek tahun jamak yang seharusnya dibayarkan tahun ini, menjadi tahun depan. Kementerian PUPR mendapatkan alokasi pemotongan senilai total Rp15,3 triliun, yang terdiri dari Rp8,4 triliun tahap satu dan Rp6,9 triliun tahap dua. Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengatakan ditjen bina marga mengalihkan sebagian proyek konstruksi tahun jamak sekitar Rp4 triliun pada tahun depan.

#6 CAPAIAN PROGRAM BSPS PERUMAHAN

Jumlah rumah tak layak huni (RTLH) yang masih cukup banyak di Indonesia membuat pemerintah melansir program Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS). Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Jhony Fajar Sufyan menyatakan Pekerjaan rumah bagi kami dalam RPJMN 2015–2019 adalah menurunkan dari 2,51 juta unit RTLH menjadi hanya 1,9 juta unit. Artinya kami harus mengurangi RTLH sebanyak 610.000 unit hingga 2019 nanti.

#7 KENAIKAN TARIF SEJUMLAH RUAS TOL

Kementerian PUPR telah menerbitkan SK Menteri PU No.783/KPTS/M/2016 pada 6 Oktober 2016. Lewat penerbitan SK ini, Tarif Tol Sedyatmo yang menghubungkan DKI Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno—Hatta dinyatakan layak mengalami kenaikan. Direktur Operasi II PT Jasa Marga Tbk, Subakti Syukur mengatakan kenaikan tarif tol akan dimulai pada 13 Oktober 2016. Penyesuaian tarif didasrkan pada angka inflasi selama dua tahun terakhir dan dimaksudkan agar Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dapat melakukan pengembalian investasi sesuai rencana bisnisnya.

#8 PERBAIKAN JALAN AMBLAS DI BANDUNG

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, Jumat (7/10) menyatakan, jalan utama Bandung–Cirebon di Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang yang ambles pada Jumat (7/10) dini hari WIB, sepanjang 50 meter dengan kedalaman 30 cm, kini telah dapat dilintasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN