Issue of The Day

1.KUNJUNGAN KERJA MENTERI PUPR KE GUNUNG KIDUL

Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Kementerian PUPR akan melakukan rehabilitasi jaringan irigasi air tanah (JIAT) ‎di Desa Bandung, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk rehabilitasi ini, kementerian mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar. Keputusan untuk merehabilitasi JIAT di  wilayah tersebut diambil setelah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan dialog dengan Perhimpunan Petani Pemakai Air (P3A) di Desa Bandung. Para petani di wilayah tersebut membutuhkan satu sumur bor lagi agar produktivitas pertanian dapat meningkat.

Rusus untuk Peneliti

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau ke lokasi pembangunan rumah khusus (Rusus) Wanagama untuk peneliti di Kawasan Hutan Wanagama, Daerah Istimewa Yogyakarta (19/11/2016). Menteri Basuki mengatakan rusus yang berada di kawasan 600 hektar merupakan bagian dari hutan produksi tapi dijadikan hutan pendidikan dan didalamnya akan dibangun rusus sebanyak 16 unit untuk tempat tinggal para peneliti supaya betah dan fokus. Usai meninjau proyek pembangunan rumah khusus di kawasan Hutan Pendidikan Wanagama Gunungkidul, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono, menyambangi Jembatan yang di kawasan hutan tersebut. Sebagian badan jembatan ini hancur akibat gempa bumi di 2006 lalu. Sebelumnya, jembatan itu berfungsi sebagai penghubung ke salah satu tempat penelitian tanaman di Hutan Wanagama.

Rumah Bagi Warga Relokasi Magersari

Kementerian PUPR siap memberikan bantuan berupa pembangunan rumah bagi warga relokasi magersari. Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, seusai mengisi Seminar Nasional Pengembangan Industri Pariwisata Gunungkidul, di Royal Ambarrukmo hari Jumat lalu (18/11). Pembangunan rumah bagi warga terdampak Bandara Kulonprogo tersebut, lanjutnya, akan dibarengkan dengan program Kementerian PUPR yakni pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Tol Tasikmalaya-Yogyakarta-Solo

Tiga kota yaitu Tasikmalaya–Yogyakarta–Solo‎ akan tersambung jalan tol. Pembangunan jalan bebas hambatan ini diharapkan akan mendorong pengembangan pariwisata Gunungkidul, Yogyakarta. ‎Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini tengah dilaksanakan studi kelayakan atau feasibilty study (FS). Akan ditentukan desain dari ruas tol tersebut apakah berupa landed tollroad atau elevated tollroad (melayang) mengikuti jalan nasional yang ada.

2.PROGRES TRANS JAWA

Kementerian PUPR memastikan pembangunan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak–Surabaya sepanjang 661 kilometer dipantau hari demi hari agar dapat selesai sesuai target. Menteri PUPR menyatakan akan terus memantau untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan yang dilakukan dalam pembangunan tol Trans Jawa itu serta mencari solusi jika ada hambatan.

3.USULAN BEBERAPA RUAS TRANS SUMATERA JADI PROYEK STRATEGIS NASIONAL

Kementerian PUPR mengusulkan beberapa ruas jalan tol trans Sumatra ke dalam proyek strategis nasional (PSN). Langkah tersebut dilakukan untuk mempercepat proses pengerjaannya. Dengan masuk sebagai PSN, maka proyek jalan tol trans Sumatra dapat lebih mudah mendapat pendanaan seperti dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Seperti diketahui, pendanaan LMAN hanya diberikan kepada proyek–proyek strategis nasional. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan PU-Pera Herry Trisaputra Zuna mengatakan, proyek jalan tol trans Sumatra diberi beban waktu untuk dapat segera menyelesaikan setidaknya hingga tahun 2019. Oleh karena itu, tanpa ada insentif kemudahan finansial maka proyek tersebut sulit diselesaikan tepat waktu.

4.STATE GUARANTEE MODEL

Sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan jalan tol di daerah secara ekonomi layak namun secara finansial memberi keuntungan kecil bagi badan usaha (swasta & BUMN) Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggunakan State Guarantee Model atau penugasan kepada BUMN untuk melakukan proyek pembangunan jalan tol secara menyeluruh dengan didukung penuh oleh pemerintah.

Kepala BPJT Hery Trisaputra Zuna mengatakan dengan BUMN yang membangun jalan tol, kemampuannya bisa sampai 4 kali lipat dari pemerintah (Kementerian PUPR).

5.INFRASTRUKTUR ASIAN GAMES

Kementerian PUPR terus menggenjot penyelesaian pembangunan venue dan penataan kawasan Gelora Bung Karno dan wisma atlet di Kemayoran, Jakarta. Ini dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018.Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku optimistis proyek pembangunan itu bisa dirampungkan tepat waktu. “Saya optimis akan selesai sesuai target semuanya Oktober 2017 nanti,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 19 November 2016.

6.PENGHARGAAN TOKOH STANDARISASI

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mendapatkan penghargaan Tokoh Standardisasi kategori Pemerintah Pusat dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Pemberian penghargaan diberikan oleh Kepala BSN Bambang Prasetya dan diterima oleh Sekretaris Balitbang Kementerian PUPR Bernaldy mewakili Menteri PUPR dalam acara puncak peringatan Bulan Mutu Nasional 2016, di Jakarta baru–baru ini. Menteri Basuki menerima penghargaan tersebut karena di bawah kepemimpinannya pengembangan standardisasi telah mendapat perhatian dan dukungan yang signifikan.

7.KOTA BARU PALEMBANG RAYA

Metropolitan Baru Palembang Raya merupakan salah satu kawasan yang ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019.  Kawasan metropolitan baru tersebut mencakup Kota Palembang sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN), sebagian Kabupaten Banyuasin, sebagian Kabupaten Ogan Ilir, dan sebagian Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kepala BPIW Kementerian PUPR, Ir  Rido Matari Ichwan, MCP mengatakan, salah satu bentuk dukungan yang dilakukan BPIW adalah melakukan perencanaan pengembangan infrastruktur PUPR terpadu di kawasan metropolitan baru tersebut. Untuk itu BPIW akan membuat masterplan pengembangan Metropolitan Baru Palembang Raya, yang dilengkapi dengan program pembangunan infrastruktur sebagai acuan dalam pengembangan infrastruktur PUPR. Hal itu disampaikan Rido, saat pelaksanaan Seminar Pengembangan Metropolitan Palembang Raya, di Aula Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, di Palembang, beberapa waktu yang lalu.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN