Issue of The Day Selasa, 10 Januari 2016

1.TARGET FUNGSIONAL TOL HINGGA SEMARANG
Presiden Joko Widodo yang meninjau pembangunan tol Semarang-Batang seksi 1, saat melakukan kunjungan kerja di Batang, Jawa Tengah, Senin (9/1/2016), mengatakan jika dirinya optimis jalan tol yang menghubungkan Jakarta hingga Semarang sudah dapat digunakan pada masa mudik Lebaran tahun 2017.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Senin (9/1/2017) menyatakan Kementerian PUPR dan BUJT yakni PT Jasa Marga, PT Waskita dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu untuk fungsional. Sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik Lebaran tahun ini. Jalur yang ditargetkan selesai terdiri dari tiga ruas tol, yakni Pejagan-Pemalang (57,5 kilometer/km), Pemalang-Batang (39,2 km), dan Batang-Semarang (75 km). Basuki menyatakan walaupun akan dibuka fungsional namun sudah dilapisi beton.

2.PROGRES PEMBEBASAN LAHAN TOL PASURUAN-PROBOLINGO
Pembebasan lahan untuk tol Pasuruan – Probolinggo (Pas–Pro) sudah sampai di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Dengan demikian, pembebasan lahan tersebut tinggal 5 persen lagi. PPK Jalan Tol Pas–Pro, Kementerian PUPR, Agus Minarno mengatakan, masih tersisanya pembebasan lahan itu, tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya, lahan sekitar 5 persen itu berupa Tanah Kas Desa (TKD).

3.PERBAIKAN JALAN PANTURA
Penanganan Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa khususnya di provinsi Jawa Tengah akan menggunakan kontrak long segment yakni pelebaran, rekonstruksi, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan termasuk median jalan dalam satu kontrak sehingga akan lebih efektif. Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan saat ini kontrak tersebut sedang menunggu masa sanggah untuk ditandatangani.

Kementerian PUPR mengalokasikan dana senilai Rp234 miliar untuk memperbaiki jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa pada tahun ini.
Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Herry Marzuki mengungkapkan pihaknya telah melakukan pelelangan dini untuk kontrak pemeliharaan jalan Pantura. Menurutnya, paling lambat kontrak tersebut ditandatangani di minggu keempat bulan Januari.

4.FLY OVER PERLINTASAN SEBIDANG
Pemerintah terus mengebut pembangunan jalan tol Trans Jawa. Targetnya, tol dari Jakarta sudah tersambung hingga Semarang dan bisa digunakan pada mudik Lebaran nanti. Namun, di Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah juga ada persoalan dalam hal pembangunan lima fly over. Dari kelima faly over yang akan dibangun, tiga di antaranya berada di Kabupaten Brebes dan dua lainnya di Tegal. Kementerian PUPR membatalkan pembangunan flyover di Karangsawah Kecamatan Tonjong karena selain tanah di daerah sekitarnya tanah labil, juga terdapat jalan alternatif yang sewaktu-waktu bisa digunakan terjadi kemacetan di perlintasan kereta tadi. Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Kemenpupera, Achmad Ghani Ghazali mengatakan, molornya pembangunan fisik fly over lantaran terkendala pembebasan lahan masyarakat.

5.SEBAGIAN SEKOLAH SEMENTARA DI PIDIE JAYA SELESAI PERTENGAHAN JANUARI 2017

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) saat ini tengah melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Ruang Kelas Belajar Sementara (RKBS) untuk 13 sekolah prioritas yang sebelumnya hancur akibat gempa bumi yang terjadi 7 Desember 2016 lalu.

“Kami targetkan sekolah sementara bisa selesai seluruhnya pada akhir Januari ini, namun sebagian ditargetkan selesai lebih cepat yakni pada pertengahan Januari ini,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR yang juga Ketua Satgas Infrastruktur untuk Penanganan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh Danis H. Sumadilaga di Pidie Jaya, (5/1).

6.PERBAIKAN JEMBATAN CISOMANG
Hujan yang mengguyur wilayah Jawa Barat, dalam beberapa hari terakhir dikhawatirkan akan memperparah kerusakan pada Jembatan Cisomang, Jawa Barat. Hingga kini, sejumlah institusi, seperti PT Jasa Marga dan Kementerian PUPR terus melakukan perbaikan pergeseran pilar 2 (P2) Jembatan Cisomang di Km 100+700 jalan tol Cipularang, Jawa Barat. Direktur Jembatan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Heddy Rahadian, Senin (9/1/2017) mengatakan hujan bukan hanya memperburuk proses perbaikan, tapi (bisa) memperparah kondisi (pergeseran pilar) jembatan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN