Jokowi Tinjau Penataan Kawasan Tepi Sungai Kapuas

KITANESIA, PONTIANAK- Selama tiga tahun belakangan, pemerintah melakukan pembangunan dan penataan pemukiman di sepanjang pinggiran sungai di sejumlah kota. Hal itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Di Kota Pontianak, salah satu kota yang menjadi prioritas penataan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan pemerintah daerah melakukan penataan kawasan sepanjang Sungai Kapuas sejak tahun 2016 lalu. Perkembangan pengerjaan tersebut ditinjau oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pontianak pada Kamis, 5 September 2019.

“Ini waterfront-nya Sungai Kapuas yang juga sambung dengan Sungai Landak yang sudah tiga tahun ini kita kerjakan dengan Provinsi dan dengan Kota Pontianak,” ujarnya di Dermaga Taman Alun Kapuas Park.

Presiden Jokowi Tinjau Penataan Kawasan Tepi Sungai Kapuas 20

Revitalisasi kawasan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menumbuhkan kegiatan perekonomian di sekitar Sungai Kapuas sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan di sepanjang sungai yang menjadi jantung kota dan kebanggaan masyarakat Pontianak tersebut.

Melalui penataan tersebut, pemukiman dan sejumlah infrastruktur di sepanjang Sungai Kapuas yang sebelumnya tampak kumuh ditata hingga menjadi sebuah kawasan tepi sungai yang lebih rapi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Kita lihat hasilnya rumah yang dulunya membelakangi sungai sebagian sudah mulai menghadap ke sungai sehingga kita lihat semuanya rapi dan mulai dihijaukan,” kata Presiden.

Presiden Jokowi Tinjau Penataan Kawasan Tepi Sungai Kapuas 6

Menurut Presiden, penataan kawasan tepi sungai dan kampung bagi para nelayan juga dilakukan di sejumlah daerah lainnya. Setelah semua upaya penataan tersebut selesai dan menjadi model percontohan, pemerintah akan mempertimbangkan untuk melakukan penataan serupa di daerah-daerah lainnya.

“Kita ini mengerjakan empat waterfront seperti ini di Bengkulu, di Kampung Nelayan di Tegal, Kampung Nelayan juga di Semarang, dan Pontianak. Ini yang paling bagus dan paling panjang,” kata Presiden.

Hingga saat ini, waterfront yang ditinjau oleh Presiden tersebut masih dalam tahap pengerjaan dan ditargetkan untuk selesai pada tahun depan. Meski demikian, kawasan tersebut kini telah ramai dikunjungi oleh warga Kota Pontianak yang ingin berwisata di sekitar Sungai Kapuas.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN