Keberagaman Indonesia Adalah Anugerah Tuhan

KITANESIA, TASIKMALAYA- Masyarakat Indonesia memang berbeda-beda, baik berbeda secara agama dan keyakinan, suku, bahasa, maupun budayanya. Namun, sampai kapan pun, Indonesia tetaplah satu dalam persaudaraan. Inilah sebuah anugerah yang harus dijaga oleh bangsa Indonesia sebagai kekuatan besar dalam menghadapi segala tantangan yang dihadapi bangsa.

Hal itu diutarakan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutannya usai melaksanakan salat Jumat berjemaah di Masjid Agung Tasikmalaya, Kelurahan Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya pada Jumat, 9 Juni 2017, yang termasuk ke dalam rangkaian agenda kunjungan kerja Presiden hari ini.

“Kita ini adalah saudara. Sekali lagi, ini adalah anugerah Allah yang harus kita jaga. Oleh sebab itu, persaudaraan kita sebangsa dan se-Tanah Air juga harus kita jaga sebaik-baiknya. Ini juga anugerah Allah yang diberikan kepada kita. Tidak ada bangsa lain selain Indonesia yang begitu banyak ragamnya, tidak ada!” Presiden menegaskan.

Dalam berkehidupan sosial sehari-hari pun, Presiden Joko Widodo menitipkan pesannya agar seluruh elemen bangsa mampu menghargai perbedaan yang ada. Hentikan sikap saling menjelek-jelekkan dan saling memfitnah.

Tasikmalaya 10

“Jangan sampai ada saling menyalahkan, saling mencemooh, saling memfitnah, dan saling menjelekkan. Itu bukan budaya bangsa Indonesia yang penuh dengan nilai kesantunan dan kesopanan,” kata Presiden.

Memang sudah takdirnya, Indonesia yang di dalamnya terdapat begitu banyak suku, bahasa, dan belasan ribu pulau terlahir beragam. Jadikan keragaman yang ada sebagai sebuah kekuatan yang terhimpun dalam persatuan bangsa untuk bersaing dan berkompetisi dengan negara lainnya. Mengakhiri sambutannya, Presiden kemudian memanjatkan doa agar Allah senantiasa melindungi dan memberikan kesejahteraan kepada bangsa Indonesia.

“Semoga Allah selalu menjaga kita, melindungi kita, memberikan bangsa kita kemakmuran, keadilan, dan kesejahteraan,” harapnya.

Dari masjid, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya untuk menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Namun sebelumnya, Presiden menyerahkan paket sembako di dua lokasi yakni di Lapangan Kecamatan Cihideung, Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 3.000 paket sembako dan di Jalan Ahmad Yani, Gang  Lengkong Pesantren 2,  Desa Lengkong Sari, Kecamatan Tawang, Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 1.000 paket sembako.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN