Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ – 5°40’ LS, 106°25’ – 106°37’ BT sebelah utara Jakarta.
Secara administratif kawasan TNKpS berada dalam wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, tepatnya di tiga kelurahan yaitu Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Secara geografis Taman Nasional ini terletak pada 5°24’ – 5°45’ LS, 106°25’ – 106°40’ BT’ dan mencakup luas 107.489 ha (SK Menteri Kehutanan Nomor 6310/Kpts-II/2002), yang terdiri dari wilayah perairan laut seluas 107.489.ha (22,65% dari luas perairan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu) dan 2 pulau (Pulau Penjaliran Barat dan Pulau Penjaliran Timur) seluas 39,50 ha. Dengan demikian, pulau-pulau lain (wilayah daratan) yang berjumlah 108 sesungguhnya tidak termasuk dalam kawasan TNKpS Pulau Seribu.
Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau indah yang berada di Utara Ibukota DKI Jakarta. Pulau Pramuka adalah pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu mengembangkan Wisata Pendidikan dan Konservasi Laut di Pulau Pramuka dan sekitarnya yang diarahkan di Pulau Pemukiman dengan maksud mendekatkan potensi perputaran ekonomi dari resort wisata ke pulau permukiman masyarakat sekitarnya.
Demikian besarnya animo masyarakat terhadap program tersebut di atas, sehingga pada saat ini para wisatawan, pelajar atau Peneliti yang akan menginap dan beraktifitas di Pulau Pramuka, perlu reservasi selambatnya 2-3 minggu sebelumnya, dan khusus untuk rombongan besar (diatas 50 orang) reservasi dilakukan 1-2 bulan sebelumnya.

Pendidikan dan Konservasi Laut

Obyek Wisata Pendidikan dan Konservasi Laut di Kepulauan Seribu antara lain:
  • Area transplantasi coral, ekosistem Mangrove, Lamun, serta terumbu karang, Pelestarian Penyu; Para wisatawan dapat menyaksikan kegiatan pelestarian penyu mulai dari penetasan telur semi alami, pemeliharaan tukik dan melepas tukik,
  • Konservasi satwa langka atau dilindungi, antara lain burung elang dan muncak di Pulau Kotok Besar.
  • Snorkeling dan diving, aktifitas outbound
  • Suaka Margasatwa Pulau Rambut; Di sini dapat dilihatberibu-ribu burung yang merupakan burung setempat maupun burung migran.

Pulau Pramuka, Taman Nasional Kepulauan Seribu 1 S Res

Perairan sekitar Kepulauan Seribu terbilang bagus untuk Anda sepuasnya snorkeling atau scuba diving karena air lautnya jernih dan berarus yang tenang. Kawasan ini terbilang kaya dengan terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebasnya. Selain terumbu karang, pantai di kepulauan ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini.Di Kepulauan Seribu ada beberapa pulau yang berpenghuni dan ada yg pulau yang khusus resort saja.

KULINER

Disini biasanya kulinernya bernuansa makanan olahan laut seperti ikan, cumi dan udang. Beberapa jenis makanan lain yang tersedia adalah sayur asem, perkedel, lodeh, dan lainnya.
Menu makanan disini bervariatif dan juga memiliki harag yang berbeda-beda, mulai dari Rp. 20.000,- hingga Rp. 50.000,- sekali makan. Disini juga terdapat beberapa rumah makan, restoran hingga restoran ditengah laut.

BERBELANJA

Tersedia banyak penjual kudapan khas Kepulauan Seribu yaitu keripik sukun. Makanan ini berbahan sukun pilihan dipadu rempah-rempah pilihan dan tanpa bahan pengawet. Biasanya di pulau-pulau disini juga tersedia cenderamata berupa baju dan kerajinan lainnya.

AKOMODASI

Penginapan di sini memiliki hargayang bervariatif dan terbilang terjangkau dengan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk keluarga maupun rombongan. Tarifnya bervariasi mulai dari Rp350.000,- hingga Rp500.000,-, fasilitasnya berupa AC, televisi, dan kamar mandi. Beberapa penginapan mampu menampung lebih dari 10 orang dengan beberapa matras atau kasur tanpa ranjang. Ada banyak pilihan penginapan di pulau ini yang sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia. Namun di pulau tertentu juga tersedia Resort yang bagus.

KEGIATAN

Di pulau yang masih alami tetapi tersedia fasilitas lengkap ini Anda dapat melakukan banyak hal mulai dari snorkeling, diving, memancing, canoe, atau sekedar duduk santai sembari memandang Matahari terbenam di dermaganya.Untuk menikmati keragaman dan keindahan biota bawah laut di sekitaran Kepulauan Seribu maka manfaatkan jasa penyedia snorkeling di dermaganya. Anda hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp20.000,- hingga Rp40.000,- untuk sewa peralatan selama 6 jam dan Rp300.000,- untuk sewa perahu berkeliling sekitar pulau tergantung lokasi dan jarak.
Tersedia beberapa titik menyelam dan snorkling disini, dapat juga naiki canoe atau di daratnya dengan bersepeda mengelilingi Pulau, bagi yang hobi memancing dapat melakukanya di dermaga pulau ini tepatnya di bagian depan pulau. Pilihan lain adalah menyewa kapal nelayan menuju lokasi yang dihuni banyak ikan besar.

BERKELILING

Pulau dsiini umumnya tidak terlalu luas sehingga Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekira 1-2 jam untuk menjelajahinya. Manfaatkan juga penyewaan sepeda untuk berkeliling yang dapat Anda temui di beberapa pulau.

TRANSPORTASI

Anda perlu menempuh jalur laut selama 2,5 hingga 3.5 jam dari Muara Angke menggunakan kapal kayu bermesin berkapasitas 50 orang tegantung ke pulau mana anda hendak pergi. Kapal tersebut berangkat setiap harinya pukul 07.00 dan 13.00 pulang-pergi. Ongkos per orangnya mulai dari Rp35.000,-. Beberapa pemilik kapal tradisional melengkapi layanannya dengan jasa asuransi. Untuk anak berumur di bawah 3 tahun dibebaskan dari biaya dan anak 4 tahun ke atas akan dikenakan harga normal. Saat masa liburan atau akhir pekan, Anda disarankan datang 30 menit menjelang keberangkatan karena biasanya harus berebut tempat dengan penumpang lain.

Pilihan lebih ekslusif, Anda dapat memanfaatkan speedboat dari Dermaga Marina Jaya Ancol. Jadwal keberangkatan selain yang reguler juga bisa di-carter. Waktu tempuhnya sekira 1-1,5 jam dengan kapasitas kapal bervariasi mulai 15 hingga 30 penumpang. .

Disamping itu banyak juga tersedia penyewaan carter tujuan Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, PulauKotok, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara, serta pulau lain sesuai tujuan di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

*Sumber: Kementrian Pariwisata

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN