Keputusan Cepat dan Tepat Memindahkan Kloter Haji ke Cengkareng

 

KITANESIA- JAKARTA – Terjadinya pengelupasan runway Bandara Halim yang dioperasikan PT. Angkasa Pura II setelah pesawat pengangkut Jemaah haji jenis B777 milik PT. Garuda Indonesia tinggal landas menuju Madinah Arab Saudi, mengakibatkan lalu lintas penerbangan akan mengalami keterlambatan pemberangkatan dari bandara Halim Perdanakusuma. Termasuk kloter haji hari ini.  Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya keterlambatan di Bandara Halim pada hari jumat (28/7).

Pada hari Minggu (23-7-2017), Dirjen Hubud telah mengumumkan pembatasan pengoperasian. Jika pihak maskapai penerbangan akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 777 untuk 3 bandara yaitu Lombok, Halim dan Padang maka untuk Halim diberikan Restricted Take Off Wieght (RTOW) sebesar 270.000 kg. Karena  itu pihak maskapai harus benar-benar mematuhi pembatasan beban ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, hari ini (28-7-2017) telah menerjunkan para Inspektor untuk menginvestigasi penyebab pengelupasan runway ini.

WhatsApp Image 2017-07-29 at 10.28.37

Perbaikan kerusakan pada landasan membutuhkan waktu sekitar 3 jam sehingga Bandara Halim PK ditutup selama kurang lebih 3 jam, sesuai dengan nomor NOTAM A2511/17 yang dikeluarkan Direktorat Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi instruksi kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk segera mengkoordinasikan rencana kontijensi sesuai hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh Ditjen Hubud dengan pihak Manajemen PT Angkasa Pura II dan panitia embarkasi haji Bandara Halim Perdanakusuma.

Setelah pertemuan dengan pihak PT. AP II, PT. Garuda Indonesia serta Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, maka disepakati bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk memindahkan semua embarkasi penerbangan Haji dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno Hatta.

Untuk jadwal hari Jumat (28/7) tetap sesuai jadwal, yaitu 3 keberangkatkan penerbangan haji melalui bandara Soekarno Hatta dengan rincian 1 penerbangan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan 2 penerbangan menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan menggunakan jenis pesawat B777.

Agar pemberangkatan jadwal penerbangan haji berikutnya tidak mengalami keterlambatan yang signifikan karena penutupan sementara bandara Halim PK, maka pemberangkatan jadwal penerbangan haji berikutnya yang semula akan diberangkatkan dari bandara Halim PK pukul 12.00 WIB dengan pesawat Saudia Airlines dialihkan ke bandara Soekarno-Hatta.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN