Kereta Api Hybrid Siemens Mencapai 200 km/jam

Foto: Property of Siemens

Kitanesia.co – Dunia transportasi saat ini bukan hanya mengedepankan teknologi kecepatan dan kecanggihan, namun juga efisiensi penggunaan bahan bakar. Siemens sedang memproduksi kereta hybrid yang memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Siemens bukanlah pemain baru dalam teknology hybrid industri transportasi, sehingga kemudian mereka mengumumkan niat mereka untuk menciptakan pesawat terbang hybrid yang jauh lebih dulu dari NASA.

Namun Siemens lebih banyak mengerjakan transportasi darat dalam bentuk kereta api penumpang cepat.

Menurut Business Insider, mereka (Siemens) akan membangun kereta diesel hybrid listrik untuk Brightline (sistem kereta api cepat di Florida, Amerika Serikat) yang dibiayai oleh swasta. Rencananya kereta ini akan menghubungkan Miami, Fort Lauderdale dan West Palm Beach. Brightline menegaskan bahwa kereta ini akan memankgkas waktu perjalanan dari Miami ke Fort Lauderdale selam 30 menit, dan memberikan pelayanan perjalanan ramah lingkungan kepada pengguna setempat dan turis.

Pesisir Barat Florida akan menjadi tempat bermulanya penggunaan kerete cepat berbasis hybrid, namun Siemens juga menyatakan bahwa mereka sedang membuat 69 buah kereta hybrid disel-listrik lainnya untuk California, Illinois, Maryland, Michigan, Missouri dan untuk Dinas Transportasi Washington.

Siemens mengembangkan dan memproduksi kereta ini di lahan seluas ± 55 Ha di Fort Lauderdale, Sacramento, negara bagian California untuk kemudian diantarkan ke lokasi operasionalnya.

Pembangunan jalan kereta api dari Miami menuju West Palam Beach akan dimulai pada pertengahan tahun 2017, namun dalam waktu dekat belum ada data lain untuk pengembangan kereta tersebut diluar Florida.

Saat ini Florida sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung lainnya untuk memenuhi target pembangunan. Selain persiapan di Fort Lauderdale, pengerjaan jalan kereta api tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun 2017, dan akan menambahkan Orlando dalam daftar tujuan kereta tersebut.

Walau kereta ini (± 200 km/jam) tidak secepat seperti kereta lainnya di luar Amerika Serikat, namun jauh lebih cepat daripada kereta Amtrack yang memiliki kecepatan hingga ± 125 km/jam.

 *Kitanesia(DN)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN