Manfaat Bercerita Pada Anak

Sudahkah kebiasaan membawakan cerita pada anak Anda terapkan? JIka sudah, lanjutkan kebiasaan baik itu, tetapi jika belum, sebaiknya Anda harus segera mencoba untuk mulai menerapkan. Terutama jika anak Anda masih berusia balita.

Mengapa harus membiasakan diri untuk membawakan cerita pada anak? Ternyata ada banyak manfaat dari bercerita pada anak.
1. Mulailah membawakan cerita dengan menggunakan buku. Dengan cara ini anak akan menyukai kebiasaan membaca buku.
2. Bagi anak usia dini mendengarkan cerita yang menarik yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikan.
3. Cerita dapat menjadi stimulasi anak untuk belajar bicara dan mengenal kosa kata.
4. Dalam bercerita, orangtua ataupun guru dapat menanamkan kejujuran, keberanian, kesetiaan, keramahan, ketulusan, dan sikap positif lain dalam kehidupan lingkugan keluarga, sekolah dan luar sekolah.
5. Menanamkan sejumlah pengetahuan sosial, nilai-nilai moral dan keagamaan.
6. Memberikan pengalaman untuk belajar dan berlatih mendengarkan.
7. Membangun perkembangan kognitif, efektif maupun psikomotorik anak.
8. Membuat anak memahami perasaannya dan terbuka untuk mengatakan pada orangtua.
9. Memberikan informasi tentang kehidupan sosial anak dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dengan bermacam pekerjaan.
10. Membantu anak membangun bermacam peran yang mungkin dipilih anak, dan bermacam layanan jasa yang ingin disumbangkan anak kepada masyarakat.
11. Menguatkan ikatan atau bonding antara anak dan orangtua.
12. Kebiasaan bercerita ini akan terbawa hingga usia anak bertambah, diawali cerita atau dongeng ketika kecil, berlanjut ke cerita di kehidupan nyata sesuai usia anak.
13. Bercerita juga bisa membuat anak lebih terbuka pada orangtuanya. Hal ini tentu lebih baik daripada anak memilih orang lain untuk bercerita, bukan?

Yuk, jadikan setiap hari menjadi hari bercerita dengan anak. Cukup memerlukan waktu 15 menit saja bagi Anda dan anak tercinta untuk saling berbagi cerita, dan rasakan sendiri dampak baiknya.***(veye)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN