Mata Bionik Pengganti Mata

Image by www.digitaltrends.com

Kitanesia- Kabar gembira datang bagi para penderita gangguan mata yang mendekati kebutaan. Belum lama ini ini di Amerika Serikat telah ditemukan solusi untuk menghadapinya.

John Jameson seorang yang sehat dan selalu menikmati pemandangan dunia, hingga iya terkena infeksi jamur histoplasmosisi yang mengakibatkan penglihatannya kabur. Operasi untuk mengatasi infeksi jamurnya malah merusak penglihatannya, ia hanya dapat melihat dengan sangat terbatas sekali, sehingga secara hukum ia dinyatakan buta.

40 tahun hidup dengan penglihatan terbatas Jameson sekarang dapat melihat kembali berkat terobosan ilmiah, yaitu penemuan mata bionik yang dinamakan “The Vision Care Implantable Miniature Telescope” penemuan Dr. Isaac Lipshitz serta operasi yang luar biasa oleh  Dr. Christopher Shelby dari WK Eye Institute di Shreveport, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dikembangkan oleh Dr. Isaac Lipshitz dari VisionCare, awalnya di disain bagi mereka yang menderita macular degeneration terkait usia (kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina).

Di Amerika Serikat kondisi ini yang paling banyak menyebabkan hilangnya penglihatan, kondisi ini mempengaruhi penglihatan 10 juta orang lebih.

Walau John Jameson tidak mengidap kondisi ini namun gejalanya serupa, sehingga ia dianggap sebagai orang yang ideal untuk menguji teknologi ini.

Operasinya mengimplemantasi sebuah teleskop Galilean mini yang lensa bersudut lebar (wide-angle micro-optical lenses). Teleskop mini ini kemudian di implant pada mata, menggantikan lensa mata asli. Teleskop mini ini bekerjasama dengan kornea mata dan dapat memperbesar gambar hingga 2,2 sampai 2,7 kali dari ukuran aslinya.

Pembesaran gambar teleskop tersebut diproyeksikan ke bagian retina mata yang sehat, melampaui titik buta dan mengembalikan kemampuan seseorang untuk melihat.

Implant sukses dilakukan kepada Jameson, sekarang ini ia sedang menjalankan terapy untuk menyesuaikan penglihatannya. Dengan penglihatan yang sudah diperbaiki Jameson dapat melihat gambar sebelumnya hanya dapat dibayangkannya saja.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN