Mengenali 8 Karakter Anak

Sebagai orangtua, kerapkali kita merasa sudah sangat mengenal anak-anak kita. Mulai dari hobi, kegemaran, sifat dan minatnya. Tapi sudah benarkah penilaian kita terhadap anak? Sesuaikah apa yang kita lihat dengan karakter anak kita?

Setiap manusia sejak lahir, memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai orangtua, kita harus jeli melihat karakter anak-anak kita. Nah, yang manakah karakter anak Anda?

  1. Anak penakut atau pemalu.

Anak penakut atau pemalu adalah anak yang tidak mudah untuk langsung bergabung dalam sebuah kegiatan kelompok. Anda harus rajin untuk membawanya ke tempat kegiatan tersebut, hingga anak merasa nyaman bermain di sana. Jangan ragu untuk meninggalkan anak di tempat tersebut sejauh Anda yakin dengan keamanannya, supaya anak tahu bahwa dirinya akan baik-baik saja dengan lingkungan barunya.

  1. Anak yang aktif atau ceriwis serta rewel

Satu kunci menghadapi anak dengan karakter ini adalah sikap tenang dan supersabar. Ini dikarenakan anak dengan karakter ini sangat moody dan memiliki perasaan serta respon yang lebih peka dibanding anak lainnya. Anda boleh menuruti keinginannya tetapi bukan tanpa syarat kedisiplinan, supaya karakter anak bisa terarah dengan lebih baik. Berikan pula ruang gerak yang lebih leluasa untuknya, agar ia bisa berlari-larian ke sana kemari.

  1. Anak manis yang penurut.

Menghadapi anak dengan karakter ini tentu lebih mudah. Anda akan bisa lebih santai melewatkan waktu bersama anak. Karena ia tak terlalu minta perhatian, justru Andalah yang perlu lebih banyak memberikan perhatian untuknya, dan jangan lupa mensyukuri betapa manisnya ia sepanjang hari. Walaupun sangat nyaman dengan karakter anak seperti ini, tetapi Anda jangan melupakan untuk menanyakan perasaan  anak, agar dia tahu bahwa Anda tetap menyayangi dan memperhatikannya.

  1. Anak Yang Peragu

Jika Anda sering melihat anak Anda tampak ragu dalam memilih sesuatu, sementara usianya sudah cukup matang dalam menentukan apa yang dia inginkan, maka Anda harus bisa membangun kepercayaan diri anak Anda dalam mengambil keputusan. Latihlah anak Anda dengan cara mengajak anak berdiskusi, mendengarkan pendapatnya dan ajak anak untuk memilih tempat seru untuk mengisi akhir pekan keluarga atau memilih  film atau restoran yang diinginkan. Apapun pilihannya, biarkan anak terbiasa yakin dengan pilihan itu. Jika pilihan dirasa kurang tepat, berikan opsi secara halus tanpa terkesan memaksakan kehendak. Sifat ragu anak perlahan akan hilang, dan mulai percaya pada dirinya sendiri, untuk bekal kelak anak dewasa.

  1. Anak Yang Pemarah

Anak dengan karakter seperti ini harus dihadapi dengan ekstra sabar. Umumnya anak yang pemarah juga keras kepala, sering menangis saat gagal melakukan sesuatu.  Agar dia bisa mengatur dan mengontrol emosi, biarkan ia bergaul dengan teman-temannya untuk belajar mengatur emosinya. Lama kelamaan ia juga akan terbiasa. Selalu sediakan waktu untuk melakukan aktivitas rutin bersama anak, agar anak terbuka dan bisa meluapkan emosinya dengan obrolan santai bersama Anda.

  1. Anak Yang Sensitif

Menghadapi anak yang memiliki sifat sensitif umumnya membutuhkan waktu untuk mengorek, mengapa tiba-tiba anak menangis atau mengambek. Jika terlihat anak sedang muncul sifat sensitifnya, biarkan saja dulu. Genggam tangannya dan peluk saja, tanpa harus bertanya. Jika sudah tenang anak dengan sendirinya akan menceritakan apa yang membuat dia sedih. Sebaliknya sisi sensitif anak memiliki nilai positif, yaitu lebih memiliki empati pada lingkungan sekitar. Anak akan tumbuh menjadi anak yang suka menolong dan lembut hati.

  1. Anak Yang Penggembira

Anak dengan karakter seperti ini sangat bisa menyenangkan semua orang. Setiap berada di dekatnya, orang akan mudah tertawa senang. Tetapi Anda jangan lengah dengan karakter anak seperti ini, karena jika salah menyikapi karakter ini, anak akan terbiasa menganggap ringan semua kondisi dan tidak memiliki intuisi untuk “membaca” keadaan. Anda harus tetap mampu mengajarkan sikap yang imbang, kapan bisa easy going kapan harus lebih serius. Lakukan dengan cara yang nyaman, seperti mengajak bicara dengan baik dan tenang.

  1. Anak Yang Aktif

Anak seperti ini sangat tidak bisa diam dan selalu siap untuk berlari.  Jika Anda mengajak anak traveling di perjalanan yang panjang dengan mobil, berhentilah beberapa kali agar ia bisa berlarian untuk sementara waktu. Berikan permainan yang dapat menyerap energinya seperti bola, sepeda dan juga melompat di atas trampoline.

Yang manakah karakter anak Anda?  Yang manapun itu, karakter seorang anak tidak lepas dari apa yang dilihat dan didengarnya di rumah. Selalu beri contoh akan sikap yang baik pada anak, sesuai dengan karakter mereka.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN