Mengenalkan Traveling Pada Anak

 

Banyak orangtua yang sangat senang bepergian jauh dan mengajak anak-anak mereka tanpa ragu sejak anak masih sangat kecil. Padahal jarak perjalanan yang dilakukan cukup jauh, bahkan ada yang berani mangajak bayi dan balitanya mendaki gunung! Waw!

 Sebenarnya, mengenalkan traveling sejak dini dapat membuat anak jauh lebih berani, mandiri, dan jadi petualang yang hebat. Lalu, bagaimana  cara awal supaya anak senang diajak bepergian jauh?

  1. Perkenalkan anak dengan Atlas dan Bola Dunia Sejak Dini

Bola dunia biasanya menjadi daya tarik bagi anak, karena bentuknya yang bulat, mudah digerakan dan berwarna cerah. Semakin anak bertumbuh besar, anak semakin paham guna dari bola dunia. Anak akan tahu symbol gunung, laut, daratan serta banyak nama tempat yang tertera jelas di atas bola dunia.

Dari situlah Anda bisa mengenalkan banyak destinasi menarik pada anak, lengkap dengan sejarahnya.

  1. Menceritakan Pengalaman Traveling Anda

Kekuatan cerita tak bisa ditawar lagi. Ketika Anda menceritakan tentang pengalaman seru traveling Anda pada anak, mereka akan duduk tenang dan mendengar dengan seksama saat Anda mulai bercerita, ceritakan dengan ekspresi seperti sedang mendongeng. Cara tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dunia traveling kepada mereka melalui pengalaman Anda.

  1. Mengenalkan Anak Pada Komunitas Traveling

Jika Anda tergabung dalam komunitas traveling, ajak anak mengenal dunia komunitas traveling bersama Anda. Atur kegiatan traveling dengan komunitas yang melibatkan keluarga, hingga anak tahu bagaimana rasanya berkumpul bersama untuk merencanakan perjalanan.

  1. Anda BIsa Membantu Mengasah Rasa Ingin Tahu Anak

Semua anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan itu adalah ciri seorang petualang terbaik. Dalam keseharian Anda, ajak sang anak untuk menggali ide kreatif sehingga tercipta pondasi yang mereka butuhkan saat menjelajah dunia kelak. Hal ini bisa membantu membentuk karakter anak dalam menentukan pilihan masa depannya.

  1. Anda Dapat Membantu Anak untuk Percaya Hati Nurani

Bantulah anak untuk dapat mengasah insting akan menjadikan mereka petualang yang hebat. Belajar peka dan memercayai insting akan sangat membantu saat sedang menjelajah dunia. Saat keadaan bahaya, insting akan membantu anak akan mampu bertahan hidup. Kondisi ini akan tertanam pada kehidupan pribadi dan sehari-hari mereka, anak menjadi tidak mudah menyerah.

  1. Tiba Saatnya Mengajak Anak Traveling!

Setelah 5 poin tadi, tiba saatnya Anda mempraktekan apa yang sudah Anda ajarkan pada anak. Tibalah saat dimana anak merasakan perjalanan yang luar biasa bersama Anda. Banyak hal yang akan anak dapatkan, selain mudah beradaptasi, anak juga akan terasah kepekaan dan mudah mendapatkan teman baru.

Jadi, sudah siapkah untuk mengajak anak Anda traveling seru saat liburan tiba? Beberapa orangtua mengenalkan traveling ala backpackers pada anak mereka. Mungkin Anda punya konsep unik lainnya untuk menambah wawasan liburan pada anak Anda? Bisa dicoba! Selamat ber-traveling!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN