Menteri Basuki Melepas Peserta Gowes Bandung-Jakarta di Gedung Sate Bandung

KITANESIA, BANDUNG-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melepas 400 peserta yang terdiri dari pegawai Kementerian PUPR para pensiunan, mitra kerja di lingkungan PUPR serta pencinta olah raga sepeda  di acara “Gowes PU 2016” yang menempuh rute Bandung-Jakarta.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti PU ke 71 para peserta Gowes nantinya akan menempuh perjalanan kurang lebih sepanjang 182 kilometer dari Gedung Sate Bandung dan berakhir di Kampus PUPR di jalan Pattimura, Jakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Basuki adalah Sekretaris Jenderal Anita Firmanti, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) sebagai ketua Baporseni PUPR Rido M. Ichwan  dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawijaja. Sementara itu tampak dalam jajaran peserta adalah para pejabat dan pensiunan pejabat Kementerian PUPR yaitu Agoes Widjanarko dan Imam S. Ernawi.

Menteri Basuki mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi sifat-sifat kejuangan para pahlawan Sapta Taruna yang gugur di Gedung Sate Bandung.

menteri-basuki-melepas-peserta-gowes-bandung-jakarta-di-gedung-sate-bandung-1

“Kalau pengalaman tahun lalu besok jam 1-2 masuk kampus Pattimura itu, mungkin saya terlalu sentimentil, karena mengingat perjuangan 7 sapta taruna itu disini (Gedung Sate), jadi saat para peserta apalagi para senior masuk itu membawa semangat itu dari Gedung Sate,” tambah Menteri Basuki.

Kegiatan yang diselenggarakan kali kedua ini bertujuan mengenang kembali sejarah bahwa tanggal 3 Desember mempunyai makna khusus bagi warga Kementerian PUPR. Dikisahkan bahwa pada tanggal 3 Desember 1945 terjadi peristiwa bersejarah, yaitu gugurnya 7 orang karyawan atau sapta taruna yang berjuang mempertahankan Markas Departemen PU di Kota Bandung dari tentara sekutu. Markas Pertahanan Departemen PU tersebut saat ini lebih dikenal dengan nama Gedung Sate.

Peristiwa tanggal 3 Desember 1945 dikenang dan diperingati sebagai Hari Bakti PU, sehingga, tutur Menteri Basuki, pelaksanaan rangkaian acara menyambut Hari Bakti ini menjadi motivasi dan inspirasi dalam bekerja nyata membangun infrastruktur untuk bangsa.

menteri-basuki-melepas-peserta-gowes-bandung-jakarta-di-gedung-sate-bandung-5

“Bagi seluruh Jajaran Pejabat dan Karyawan Kementerian PUPR, mari kita tegakan kepala, tingkatkan semangat, dan bekerja lebih keras lagi sebagai Bakti kita kepada Bangsa ini,” tegas Menteri Basuki.

Lebih lanjut Menteri Basuki berharap kegiatan tersebut berlanjut di tahun berikutnya, khususnya dapat melibatkan generasi muda. Bahkan, katanya, tidak menutup kemungkinan di masa datang, lebih banyak peserta yang bergabung sehingga dapat menjadi aset pariwisata kota Bandung.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang akrab dipanggil Aher mengatakan, bahwa mengayuh sepeda dari Bandung ke Jakarta ini dinilainya sangat luar biasa dan membutuhkan semangat yang besar.

menteri-basuki-melepas-peserta-gowes-bandung-jakarta-di-gedung-sate-bandung-2

“Harapannya terkait Hari Bakti PU ke-71 adalah Kementerian PUPR semakin profesional membangun infrastruktur di Indonesia, pada saat yang sama tentu saja Hari Bakti PU diperingati untuk memberi semangat pelayanan pada masyarakat sebab Kementerian PUPR  itu biasanya tugasnya itu tugas infrastuktur yang berat-berat,” tutup Aher.

Gowes PU 2016 terdiri dari 2 etape, etape pertama dilaksanakan hari ini (26/11) dari Bandung sampai Purwakarta. Sedangkan etape kedua, dilaksanakan besok (27/11)  peserta melanjutkan perjalanan dari Purwakarta sampai Jakarta.

menteri-basuki-melepas-peserta-gowes-bandung-jakarta-di-gedung-sate-bandung-6

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN