Presiden Bertolak ke Korea Selatan

Kitanesia, Bali – Minggu 15 Mei 2016, Presiden Joko Widodo akan melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Seoul, Republik Korea dan kunjungan kerja ke Sochi, Federasi Rusia.

Kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan ini adalah untuk memenuhi undangan dari Presiden Park Geun-hye. Dalam pertemuan dengan Presiden Park, Presiden akan mengajak Korea Selatan yang telah menjadi salah satu mitra strategis Indonesia untuk menjadi mitra dalam “Akselerasi Industrialisasi Indonesia”.

Selain pertemuan dengan Presiden Park, Presiden akan bertemu dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, bertemu dengan pemilik dan CEO perusahaan besar Korea, serta menjadi pembicara kunci dalam Asian Leaders Conference.

Agenda Utama di Rusia : Bertemu dengan Presiden Putin dan Hadiri KTT ASEAN-Rusia

Sementara itu, di Sochi, Rusia, agenda utama Presiden adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan Rusia adalah negara besar anggota G20 dan Russia merupakan mitra strategis Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Presiden Putin, Presiden akan membahas langkah untuk mempererat hubungan kerja sama bilateral, khususnya melalui kerja sama ekonomi dan pertahanan, mendorong diversifikasi investasi Russia di Indonesia ke sektor infrastruktur dan energi, membahas upaya bersama untuk menghadapi berbagai tantangan keamanan di kawasan dan global.

Dalam KTT ASEAN-Rusia, Indonesia akan mengangkat beberapa isu strategis yang menjadi kepentingan nasional kita, yakni arsitektur dan keamanan kawasan; peningkatan kerja sama people to people contact; peningkatan kerjasama konektivitas, energi, dan UMKM.

Tema KTT ASEAN-Rusia yang diusung kali ini adalah “Moving toward a Strategic Partnership for mutual benefit”. KTT ini juga sekaligus merupakan Commemorative Summit, memperingati 20 tahun hubungan Rusia dan ASEAN.

Dari kunjungan ke dua negara ini, Presiden berharap akan memberikan manfaat nyata yang bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan juga rakyat Korea Selatan dan Rusia.

Presiden akan bertolak ke Seongnam Air Base Seoul, Korea Selatan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Minggu 15 Mei 2016 pukul 09.25 WITA dan diperkirakan tiba di Seoul pada pukul 17.20 Waktu Setempat (WS). Presiden dan rombongan berada di Seoul hingga Rabu pagi, 18 Mei 2016.

Dari Seoul, Presiden akan menuju Sochi Rusia. Presiden akan kembali ke tanah air pada Jumat sore, 20 Mei 2016 dari Sochi Rusia dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu siang, 21 Mei 2016.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN