Ali Telah Tiada, Rumble In The Jungle Yang Tak Terlupakan

Sumber : Wikipedia - Supplementcentercanada

Kitanesia- 4 Juni 2016, Muhammad Ali tutup usia pada umur 74 tahun. Ali meninggal di rumah sakit Phoenix – Amerika Serikat, karena penyakit pernafasan dan mengidap penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah kejang syaraf yang aktif saat penderita sedang dalam posisi diam.

Muhammad Ali dengan nama asli Cassius Marcellus Clay Jr adalah petinju kelas berat terhebat di kelasnya dan namanya yang sudah mendunia dan melegenda pada dunia tinju. Pada debut tinju nya melawan Liston, Ali dianugrahi sebutan “Phantom Punch” karena memukul Liston dengan sangat cepat dan tidak terlihat menyentuh Liston. Pertandingan legenda juga saat melawan Joe Frazier,pada ronde ke 15 Ali tidak kuat dan memilih untuk mengakhiri pertandingan.

Pertandingan terkenalnya juga saat Rumble in the Jungle melawan George Foreman di Kinshasha,Zaire dalam memperebutkan gelar WBC/WBA. Ali menang dengan pukulan KO sebelum ronde ke 8 yang membuat George Foreman jatuh.

Muhammad Ali mengubah namanya saat memeluk Agama Islam pada 1975.Ia pindah Islam karena tertarik dengan ajarannya yang mengajarkan damai,sopan santun,cara etika dan cara beribadah yang baik.

Seperti dilansir oleh Newyork times,Ali pernah menolak untuk mengikuti program wajib militer AS saat sedang perang melawan Vietnam,Ali mengatakan “Saya tidak ada masalah dengan orang – orang vietkong dan tidak ada satupun orang Vietkong yang memanggil saya Nigger(Negro).

Ali juga dikenal sebagai tukang selingkuh.Pertama ia menikah dengan Sonji Roi pada 14 Agustus 1964 lalu bercerai pada 10 Januari 1966 karena pakaian Roi tidak sesuai dengan etika agama Islam, Ia menikah lagi pada 17 Agustus 1966 dengan Belinda Boyd dan dan dikaruniai tiga anak tapi setelah itu ia berpisah lagi karena berselingkuh dengan Veronica Porche Anderson.

Pada tahun 1973 ,Muhammad Ali berkunjung ke Indonesia dan bertanding 12 Ronde tanpa gelar melawan Rudi Lubbers.Ali sangat menyukai masyarakat Indonesia karena masyarakatnya yang ramah dan murah senyum.Pada 23 Oktober 1996 Ali juga sempat bertemu pejabat-pejabat Indonesia.

ali vs rudi

Pahlawan datang dan pergi tetapi legenda akan selamanya, Selamat Jalan Muhammad Ali.

*(KitaZH)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN