Strategy Komunikasi Cerdas, ngeVlog Ala Jokowi Bersama Raja Salman

KITANESIA, BOGOR– Buat yang suka nge-vlog? Atau suka nonton vlog orang lain? Bila iya, silakan simak vlog makan siang Jokowi bersama Raja Salman di Istana Bogor. Dalam hitungan jam, sekitar 62 ribu lebih netizen telah membagikan postingan vlog buatan Presiden Joko Widodo. Video ini bahkan telah diputar lebih dari 1 juta kali.

Ya, Presiden Jokowi memang benar-benar faham memanfatkaan teknologi. Vlog tak segan dimanfaatkannya untuk mengampanyekan sesuatu dengan cara yang kreatif. Momentum makan siang berama Raja Salman pun dimanfaatkannya untuk menarik simpati netizen seluruh dunia. Semuanya dituangkan melalui format audio sekaligus visual. “#JKWVLOG Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman,” tulis Presiden Jokowi. Vlog tersebut diunggah Presiden Jokowi di akun Facebooknya, Rabu (1/3/2017) malam.

Momen makan siang kenegaraan bersama Raja Salman pun menjadi lebih cair. Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik itu, Presiden Jokowi tak segan membagikan kehangatan komunikasi bersama Raja Salman. Aktivitas makan siangnya bersama Raja Salman di share ke dunia maya. Momentum Raja Salman saat sedang menyuapkan sayuran ke mulutnya j uga ikut diabadikan. Alhasil, netizen langsung merespon positif. Vlog tadi langsung vral kemana-mana. Dalam hitungan jam, sudah ada lebih dari 1 juta netizen yang memutar vlog tadi.

Dalam video itu, Jokowi mengatakan kalau kunjungan Raja Salman merupakan balasan atas kunjungan dia dua tahun silam ke Saudi. ’’Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau bisa berkunjung ke Indonesia,’’ ujarnya. Dia berharap kunjungan tersebut bisa meningkatkan hubungan baik antara kerajaan Saudi dengan Indonesia. Raja Salman juga ikut berkomentar dalam video itu. Dia mengungkapkan kegembiraannya bisa berada di Indonesia, dan bertemu dengan masyarakat Indonesia serta Presiden Jokowi. ’’Bagi kami, rakyat Indonesia adalah merupakan saudara kami, dan juga merupakan rakyat yang sangat mulia,’’ ucapnya.

Vlog yang diunggah Jokowi bersama Raja Salman ini bukan yang pertama. Pada 4 Februari 2017, Presiden Jokowi juga sempat mengunggah vlog turnamen sepakbola Piala Presiden yang mempertemukan PSS Sleman dan Persipura.

Medium vlog kini nampaknya menjadi metode baru bagi Presiden Jokowi untuk berkomunikasi, setelah jejaring sosial Twitter dan Facebook. Putra Jokowi, Kaesang Pangarep juga dikenal aktif mengunggah vlog melalui medium YouTube.

Gaya baru dalam berkomunikasi yang dilakukan oleh Jokowi sangat efektif, terbuka dan sangat hangat, jika hal ini tetap dipertahankan tentu akan bagus untuk Indonesia yang bisa membuat dan mengemas sebuah acara kenegaraan dengan begitu cair, cara seperti memposting aktivitas makan siang kenegaraan adalah hal yang sangat cerdas. Jutaan Follower dan fans Jokowi dan Raja Salman menyatu dalam satu kekuatan, rasa saling menghormati serta kebersamaaan menyatu dalam suasana yang hangat sudah barang tentu Vlog Jokowi dan Raja Salman telah menyebar ke seluruh dunia dan dunia dalam genggaman, andai meminjam istilah dunia  more digital more personal, more digital more global dan more digital more profesional.

Platform digital dengan cara seperti ini tentunya memiliki jangkauan yang mendunia, cost per user nya lebih rendah, efektifitasnya tiga kali lebih kuat dibandingkan dengan media konvensional. Video dan gambar bergerak lebih banyak diminati dengan presentase 60 persen oleh pengguna gadget dan piranti device, gambar 35 persen dan teks 5 persen.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN