Tiga Tahun Kerja Bersama

KITANESIA, JAKARTA- Tepat pada tanggal 20 Oktober 2017 kemarin, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla genap berusia tiga tahun. Selama tiga tahun itu pula pemerintah terus bekerja mewujudkan visi dan misi pemerintahan.

Ada banyak capaian yang dapat diuraikan selama masa pemerintahan itu. Bagi Presiden Joko Widodo sendiri, masa tiga tahun itu memiliki kesan tersendiri.

“Tiga tahun menjadi Presiden Republik Indonesia adalah tiga tahun blusukan ke seluruh penjuru negeri,” demikian disampaikan Presiden dalam akun Facebook-nya pada Sabtu, 21 Oktober 2017.

Blusukan memang seakan menjadi kekuatan utama dari sosok yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini. Ia memiliki alasannya sendiri mengapa selalu melakukan aktivitas yang telah dimulainya sewaktu menjabat sebagai wali kota.

“Jika hanya duduk di kantor, kita tidak akan pernah tahu masalah di lapangan,” tulisnya.

Bersama dengan status tersebut, Presiden juga mengunggah video yang meringkas apa yang telah dilakukannya selama tiga tahun ke belakang.

Dalam video yang mengangkat tagar #kerja3ersama itu, terungkap bahwa setidaknya 117 kabupaten dan 47 kota di seluruh Indonesia telah ia kunjungi.

Meski terkadang harus menempuh perjalanan yang tidak mudah dan melelahkan untuk mencapai sejumlah lokasi tersebut, Presiden tetap melaju dengan penuh semangat. Dalam perjalanannya itu, Kepala Negara menemui para kepala daerah dan yang paling penting ialah masyarakat itu sendiri.

Untuk tahun 2017 saja, sebanyak 1.286.395 Kartu Indonesia Sehat (KIS) ia bagikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, sebanyak 46.336 Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan 137.035 sertifikat tanah ia bagikan langsung dalam sejumlah perjalanannya itu.

Kita juga tahu bahwa infrastruktur merupakan yang menjadi fokus perhatian presiden ketujuh Indonesia ini. Maka itu ia dan jajarannya bergerak cepat untuk membangun Indonesia yang tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

Untuk urusan infrastruktur ini, 23 groundbreaking telah dilakukan Presiden di sejumlah daerah. Beberapa di antaranya ialah untuk pengembangan ataupun pembangunan tol laut, jalan tol, waduk, dan rumah rakyat.

Satu lagi, masih ingat dengan ucapan khas Presiden Joko Widodo yang hampir pasti dilontarkan saat kunjungan kerja ke sejumlah daerah?

“Silakan diambil sepedanya!”

Selama tahun 2017 ini, sebanyak 119 unit sepeda diberikan langsung oleh dirinya bagi masyarakat yang mampu menjawab tantangan yang diberikan.

Tentu saja kisah perjalanan dan perjuangan Presiden Joko Widodo tak berhenti sampai di sana. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama jajarannya akan terus mewujudkan lompatan capaian lainnya pada tahun-tahun mendatang demi Indonesia yang semakin maju dan berdaya saing.

Mari kita kembali bekerja bersama!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN