Woow!! Ada Kompensasi Keterlambatan Penerbangan

KITANESIA – Delay atau keterlambatan suatu penerbangan biasanya terjadi karena beberapa alasan seperti cuaca buruk atau masalah tehnis operasional dalam manajemen maskapai penerbangan.

Apapun penyebabnya, keterlambatan penerbangan pasti terjadi atas dasar keamanan dan keselamatan penerbangan itu sendiri.

Masyarakat pengguna moda tranportasi udara harus memahami hal ini karena pada dasarnya maskapai penerbangan atau operasional bandara dan stake holder lain juga tidak ada yang menginginkan terjadinya keterlambatan suatu penerbangan.

Kementerian Perhubungan pun sudah mengatur kompensasi keterlambatan penerbangan untuk para penumpang melalui Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 89 Tahun 2015 Pasal 3 dan 9. Peraturan ini dikeluarkan agar para penumpang memahami bahwa hak mereka sebagai konsumen transportasi udara juga dilindungi oleh Kementerian Perhubungan. Jadi selama alasan keterlambatan adalah demi keamanan dan keselamatan penerbangan maka para penumpang diminta bisa kooperatif dan bijak menyikapinya.

Untuk keterlambatan mulai dari 30 menit sampai 60 menit, penumpang mendapat minuman dan snack. Untuk keterlambatan sampai 120 menit, penumpang mendapat makan dan minum. Jika terlambat sampai 180 menit diberikan snack, makan dan minum dan jika masih terlambat sampai 240 menit ada kompensasi uang tunai Rp. 300.000,- Para penumpang juga bisa dialihkan ke penerbangan berikutnya untuk keterlambatan yang sudah lewat dari 60 menit. Pihak maskapai wajib mengalihkan penumpang ke penerbangan lain jika suatu penerbangan dibatalkan.

Semua kompensasi tersebut berlaku jika penyebab keterlambatan adalah faktor manajemen maskapai yang bersangkutan.*

Sumber : Kementrian Perhubungan

MEAL2

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN