Yogyakarta Yang Istimewa di Hati Obama

JOGJAKARTA – Siapa sangka Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama pernah mengisi masa kecil di Yogyakarta? Nah, nostalgia masa kecilnya di Yogyakarta itu akan kembali dilakoni Obama, Rabu (28/6). Sekaligus mengeksplorasi pariwisata Jogja.

“Ini bagaikan napak tilas perjalanan masa kecil beliau (Barack Obama, Red). Setelah tidak lagi menjabat Presiden Amerika Serikat, Obama bersama keluarga akan kembali menapaki kenangan masa kecilnya di Yogyakarta,” tutur Kadispar Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Riyanta, Rabu (28/6).

Dari paparan Aris, mantan orang terkuat dunia itu pernah mengisi masa kecil di rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo. Alamatnya ada di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Sekarang, rumah paman tirinya itu sudah menjadi Museum UGM. Namun, di tempat itu masih tersimpan tempat tidur dan kursi yang sering dipakai Obama kecil.

“Kenangan masa kecil Barack Obama masih terpelihara. Sekarang ruangan yang dipakai Barack Obama dan keluarganya diberi nama ruang Barry,” timpal salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo.

Tempat tidur Obama kecil masih tersimpan rapi. Semuanya orisinil. Tidak ada yang diganti. Posisi tempat tidurnya pun tidak diubah. Setnya masih menghadap ke barat. Sama seperti saat ditinggalkan Obama ke Amerika Serikat. “Tempat tidurnya dulu ada dua. Tapi salah satunya kini disimpan di Semarang, Jawa Tengah,” ucapnya.

Selain tempat tidur, mainan Obama kecil juga masih tersimpan di museum UGM. Sayangnya, kondisinya sudah rusak. “Mainan Obama kecil masih kami simpan. Bentuknya kotak-kotak. Tapi karena sudah lama, kondisinya kini rusak,” tambahnya.

Nostalgia lainnya adalah kursi warna putih. Kursi ini, dulunya dipakai Obama kecil duduk di beranda depan beserta meja berwana coklat tua. Semuanya masih terawat. Bahkan frame foto-foto Obama kecil juga masih ada,” ucapnya.

Sejumlah kenangan tadi ikut dikomentari Menpar Arief Yahya. Baginya, liburan dan napak tilas Barack Obama bersama keluarganya ke Yogyakarta itu akan menciptakan persepsi sangat bagus. Alasannya simpel. Obama adalah tokoh dunia. Punya followers yang sangat banyak.

Di Twitter saja, akun @BarackObama diikuti 91.286.757 netizen. Persepsi masyarakat dunia diyakini bakal sangat bagus terhadap Yogyakarta sebagai destinasi wisata berkelas dunia. “Image yang terbangun Yogyakarta itu tempatnya liburan orang mapan, orang kaya, selebriti dan kepala negara,” ucap Menpar Arief Yahya.

Kebetulan, Yogyakarta juga tak kalah keren dari Bali. Di sana ada Borobudur dan Prambanan, dua destinasi wisata kelas dunia. Wisatanya pun nyaman, aman dan keren. Sangat oke untuk menghabiskan waktu berlama-lama. “Yogyakarta juga punya atmosfer budaya, alam yang lengkap, ada bahari, ada forest, ada rice field, kuliner, souvenir, dan asyik. Terima kasih Barack Obama. Yogyakarta jadi makin mendunia,” ujar Arief. (*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN