Halo pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang profesional. Surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang sangat penting dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, surat lamaran harus ditulis dengan baik dan profesional agar dapat meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini akan dijelaskan tentang contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang profesional.

1. Mengetahui Informasi Pribadi yang Wajib Dicantumkan pada Surat Lamaran

Sebelum menulis surat lamaran, kita harus mengetahui informasi pribadi yang wajib dicantumkan pada surat lamaran. Informasi pribadi yang wajib dicantumkan pada surat lamaran antara lain nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email. Selain itu, kita juga perlu mencantumkan pendidikan terakhir yang kita miliki, pengalaman kerja yang dimiliki, dan keterampilan yang dimiliki.

2. Nama Lengkap

Informasi pribadi pertama yang wajib dicantumkan pada surat lamaran adalah nama lengkap. Nama lengkap harus ditulis dengan jelas dan tidak disingkat, agar mudah dibaca oleh pihak perusahaan. Selain itu, kita juga perlu mencantumkan gelar akademik, seperti S.Pd atau S.Kom, jika kita memiliki gelar akademik.

3. Tempat dan Tanggal Lahir

Informasi pribadi kedua yang wajib dicantumkan pada surat lamaran adalah tempat dan tanggal lahir. Tempat dan tanggal lahir harus ditulis dengan jelas dan lengkap, sehingga pihak perusahaan dapat memverifikasi identitas kita. Pada umumnya, format penulisan tempat dan tanggal lahir adalah Tempat, Tanggal Bulan Tahun, seperti Jakarta, 12 Januari 1990.

4. Alamat Lengkap

Informasi pribadi ketiga yang wajib dicantumkan pada surat lamaran adalah alamat lengkap. Alamat lengkap harus ditulis dengan jelas dan lengkap, sehingga pihak perusahaan dapat mengirimkan undangan wawancara atau surat pemberitahuan lainnya. Alamat lengkap dapat mencakup nama jalan, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan kode pos.

5. Nomor Telepon dan Email

Informasi pribadi keempat yang wajib dicantumkan pada surat lamaran adalah nomor telepon dan email. Nomor telepon yang dicantumkan harus nomor telepon yang dapat dihubungi, sehingga pihak perusahaan dapat menghubungi kita untuk informasi lebih lanjut. Selain itu, kita juga harus mencantumkan alamat email yang valid, sehingga pihak perusahaan dapat mengirimkan surat elektronik atau informasi lainnya melalui email.

6. Pendidikan Terakhir

Informasi selanjutnya yang wajib dicantumkan pada surat lamaran adalah pendidikan terakhir yang kita miliki. Informasi ini penting untuk memberikan gambaran kepada pihak perusahaan tentang kualifikasi kita dalam bidang yang kita lamar. Pendidikan terakhir yang wajib dicantumkan antara lain nama institusi pendidikan, jurusan yang diambil, tingkat pendidikan, dan tahun kelulusan.

7. Pengalaman Kerja

Informasi selanjutnya yang perlu dicantumkan pada surat lamaran adalah pengalaman kerja yang kita miliki. Pengalaman kerja ini dapat memberikan gambaran kepada pihak perusahaan tentang kemampuan kita dalam bidang yang kita lamar. Pengalaman kerja yang perlu dicantumkan adalah nama perusahaan, jabatan yang dipegang, rentang waktu kerja, dan deskripsi pekerjaan yang dijalankan.

8. Keterampilan yang Dimiliki

Informasi selanjutnya yang perlu dicantumkan pada surat lamaran adalah keterampilan yang dimiliki. Keterampilan ini dapat memberikan gambaran kepada pihak perusahaan tentang kemampuan kita dalam bidang yang kita lamar. Keterampilan yang perlu dicantumkan antara lain keterampilan teknis, keterampilan sosial, dan keterampilan bahasa.

9. Tampilan Surat Lamaran yang Baik dan Profesional

Tampilan surat lamaran juga sangat penting untuk meningkatkan peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran harus ditulis dengan rapi, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, serta format yang sesuai dengan standar surat lamaran. Format surat lamaran yang biasa dipakai adalah format blok, yaitu dengan menuliskan seluruh isi surat lamaran di sebelah kiri kertas.

10. Penggunaan Bahasa yang Tepat

Bahasa yang digunakan pada surat lamaran harus jelas, tepat, dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan bahasa yang berbelit-belit atau terlalu formal. Gunakan bahasa yang ringkas dan tepat, agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan baik oleh pihak perusahaan.

11. Pertimbangkan Gramatika dan Ejaan

Selain menggunakan bahasa yang tepat, pastikan juga untuk memperhatikan gramatika dan ejaan pada surat lamaran. Surat lamaran yang ditulis dengan benar gramatika dan ejaannya akan memberikan kesan profesional dan terorganisir pada pihak perusahaan.

12. Bentuk Surat Lamaran yang Tepat

Bentuk surat lamaran yang tepat juga sangat penting. Surat lamaran harus ditulis dengan menggunakan kertas surat yang berkualitas, ukuran kertas A4, dan font yang mudah dibaca. Selain itu, pastikan juga untuk mengetahui alamat perusahaan yang akan kita lamar, agar surat lamaran dapat diantar dengan tepat.

13. Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik

Paragraf pembuka pada surat lamaran harus ditulis dengan baik dan menarik. Paragraf pembuka harus memperkenalkan diri kita dengan singkat dan menarik, serta menyampaikan tujuan kita dalam menulis surat lamaran. Paragraf pembuka juga dapat berisi tentang informasi yang membuat kita tertarik dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

14. Menyesuaikan Surat Lamaran dengan Pekerjaan yang Dilamar

Surat lamaran yang profesional juga harus disesuaikan dengan pekerjaan yang kita lamar. Pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan, sehingga surat lamaran yang kita tulis dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan keterampilan dan pengalaman kerja yang kita miliki dengan persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan.

15. Menyertakan Lampiran yang Dibutuhkan

Pada beberapa perusahaan, surat lamaran harus disertai dengan lampiran yang dibutuhkan, seperti CV, ijazah, atau sertifikat. Pastikan untuk menyertakan lampiran yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dan kebersihan lampiran tersebut.

16. Menutup Surat Lamaran dengan Baik dan Profesional

Menutup surat lamaran juga sangat penting. Surat lamaran harus ditutup dengan kalimat yang baik dan profesional, seperti “Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan segenap hati dan kesungguhan. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya.”

17. Melakukan Peninjauan Kembali dan Koreksi pada Surat Lamaran

Setelah menulis surat lamaran, pastikan untuk melakukan peninjauan kembali dan koreksi pada surat lamaran tersebut. Periksa kembali ejaan, tata bahasa, dan format surat. Pastikan juga bahwa surat lamaran yang kita tulis sudah sesuai dengan standar surat lamaran yang berlaku.

18. Menjaga Etika dalam Menulis Surat Lamaran

Terakhir, pastikan bahwa kita menjaga etika dalam menulis surat lamaran. Hindari menggunakan bahasa yang kasar atau memperlihatkan sikap sombong dalam surat lamaran. Hormati perusahaan yang kita lamar, dan sampaikan niat kita untuk bekerja dengan baik dan profesional.

FAQ (Frequently Asked Questions)

No Pertanyaan Jawaban
1. Apakah surat lamaran pekerjaan harus ditulis secara manual? Tidak, surat lamaran pekerjaan dapat ditulis dengan menggunakan komputer atau mesin ketik.
2. Bagaimana cara mengetahui informasi tentang perusahaan yang akan dilamar? Informasi tentang perusahaan yang akan dilamar dapat diperoleh melalui internet atau melalui teman atau kenalan yang bekerja di perusahaan tersebut.
3. Apakah surat lamaran harus disertai dengan foto? Tidak, foto tidak wajib disertakan dalam surat lamaran, kecuali diminta oleh pihak perusahaan.
4. Apakah surat lamaran harus ditulis secara formal? Surat lamaran harus ditulis dengan bahasa yang profesional dan tidak terlalu casual atau informal.
5. Bagaimana cara mengetahui kualitas kertas surat yang baik? Kualitas kertas surat yang baik dapat dilihat dari ketebalan dan kehalusan kertas tersebut.

Demikianlah artikel tentang contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang profesional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari pekerjaan. Jangan lupa untuk menulis surat lamaran dengan baik dan profesional, agar dapat meningkatkan peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Sumber :

Explore More

Aplikasi The Sun Mod Apk untuk Peringkat Tinggi di Google : apkoptions.com

Mei 30, 2023 0 Comments 0 tags

Halo semuanya! Aplikasi The Sun Mod Apk adalah game seru yang bisa kamu mainkan di smartphone-mu. Terlebih lagi, aplikasi ini bisa membantu untuk meningkatkan peringkatmu di mesin pencari Google. Bagaimana

Lift Rumah Mewah: Ciptakan Pengalaman Hidup yang Berkelas : Belift.co.id

Februari 28, 2023 0 Comments 0 tags

Jual Lift Rumah Mewah Apakah Anda ingin menambahkan kenyamanan dan kemewahan pada rumah Anda? Jika ya, mungkin lift rumah mewah adalah pilihan terbaik. Lift rumah mewah bukan hanya menambah nilai

loses the support of the other captains on the day of their battle. Additionally, : Mangamefi

Januari 23, 2023 0 Comments 0 tags

“Black Dragons” and “Christmas Showdown” are two different storylines. Returning to the present, Takemichi discovers for the second time that the Tokyo Manji Gang has grown to become a significant