Halo! Selamat datang di artikel jurnal ini yang akan membahas tentang Zakat Fitrah pada masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang santai namun informatif mengenai konsep dan pelaksanaan zakat fitrah, serta pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Pada bagian ini, kita akan membahas pengertian dan tujuan utama dari zakat fitrah. Selain itu, akan diberikan gambaran singkat mengenai makna dan kewajiban zakat fitrah dalam Islam. Yuk, simak lebih lanjut!

Apa itu Zakat Fitrah?

Sebelum memahami zakat fitrah secara mendalam, penting untuk mengetahui bahwa zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada bulan Ramadan. Zakat fitrah ini berfungsi untuk membersihkan hati dan jiwa serta mengangkat derajat sosial ekonomi kaum miskin.

Pengertian zakat fitrah dalam Islam adalah bantuan yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan di akhir bulan Ramadan dalam bentuk makanan pokok atau uang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Zakat fitrah juga memiliki tujuan sosial dan religius, seperti menjaga kelestarian hubungan antar sesama umat Islam dan meningkatkan keimanan dalam berbagi rezeki.

Lalu, bagaimana cara menghitung zakat fitrah? Zakat fitrah dihitung berdasarkan ukuran makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat setempat, seperti beras, gandum, atau kurma. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan untuk setiap individu juga telah ditetapkan oleh pihak berwenang dalam negeri, agar konsisten dengan kebutuhan dasar di wilayah tersebut.

Zakat fitrah harus dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri atau saat menjelang waktu shalat Idul Fitri. Dalam hal ini, zakat fitrah menjadi simbol kesyukuran atas keberkahan Ramadan yang telah dilalui serta menghilangkan dosa-dosa kecil selama berpuasa.

Berapa Jumlah Zakat Fitrah?

Setiap tahun, jumlah zakat fitrah yang ditetapkan bisa berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan dasar di masing-masing wilayah. Sebagai contoh, di Indonesia, MUI menetapkan jumlah zakat fitrah pada tahun ini adalah 2,5 liter beras atau 3,6 kilogram beras per orang.

Adapun perhitungan zakat fitrah juga harus diperhatikan, seperti jumlah anggota keluarga yang wajib membayar, baik yang masih anak-anak maupun yang sudah dewasa. Jangan lupa, dalam menghitung zakat fitrah, pastikan juga memperhatikan harga pasar dari makanan yang akan disumbangkan.

Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan setiap individu tidak hanya berlaku bagi orang dewasa yang berpenghasilan tetap, tapi juga untuk anak-anak yang belum memiliki penghasilan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep zakat fitrah sejak dini dan membiasakan anak-anak berbagi kepada yang membutuhkan.

Penting untuk diingat, apabila seseorang mampu membayar lebih dari jumlah zakat fitrah yang ditentukan, sangat dianjurkan untuk memberikan lebih atau disebut dengan istilah “zakat fitrah muwadda’ah”. Hal ini bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin yang membutuhkan dengan lebih baik lagi.

Pelaksanaan Zakat Fitrah

Sekarang mari kita lihat bagaimana zakat fitrah dilaksanakan oleh masyarakat secara umum. Pelaksanaan zakat fitrah terdiri dari beberapa tahap, seperti berikut:

Persiapan

Sebelum tanggal penyaluran zakat fitrah tiba, masyarakat harus mempersiapkan diri untuk melakukan pembelian bahan makanan pokok atau uang yang akan disumbangkan. Persiapan ini meliputi pengumpulan dana atau pembelian bahan makanan secara terencana.

Pelaksanaan

Pada saat pelaksanaan, masyarakat akan melakukan pembagian zakat fitrah kepada pihak yang berhak menerima. Hal ini biasanya dilakukan melalui lembaga amil zakat yang dipercaya atau langsung diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan yang sudah dikenal dengan baik.

Tak hanya itu, ada juga masyarakat yang memilih untuk memberikan zakat fitrah dalam bentuk makanan langsung kepada orang yang membutuhkan. Pendekatan ini dilakukan agar masyarakat bisa merasakan kebahagiaan bersama dalam momen Idul Fitri.

Faedah dari Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki manfaat dan faedahnya tersendiri bagi masyarakat. Beberapa manfaat dari pelaksanaan zakat fitrah di antaranya adalah:

  1. Zakat fitrah membantu membersihkan hati dan jiwa kaum muslim sebagai evaluasi diri atas kelancaran ibadah selama bulan Ramadan.
  2. Zakat fitrah juga membantu mengangkat derajat sosial dan ekonomi kaum miskin di masyarakat.
  3. Zakat fitrah memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan di antara umat Muslim dalam berbagi rezeki dan membantu sesama.
  4. Zakat fitrah mendukung terciptanya keadilan sosial di tengah-tengah masyarakat.
  5. Zakat fitrah juga dapat meningkatkan keimanan dan kesadaran individu dalam berzakat serta memperkuat ikatan dengan Allah SWT.

Tabel

Berikut adalah contoh tabel mengenai perbandingan zakat fitrah di beberapa negara:

Negara Jumlah Zakat Fitrah
Indonesia 2,5 liter beras atau 3,6 kg beras
Malaysia RM 7
Saudi Arabia 10 Riyal

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa bedanya zakat fitrah dengan zakat mal?

Zakat fitrah dan zakat mal adalah dua bentuk zakat yang berbeda dalam Islam. Zakat fitrah wajib dikeluarkan di bulan Ramadan sebagai bentuk kewajiban setelah berpuasa, sementara zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang telah mencapai nisab (batas minimum) setelah berlalu satu tahun.

Apakah anak-anak juga harus membayar zakat fitrah?

Ya, anak-anak juga harus membayar zakat fitrah. Sebagai orang tua, penting untuk mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan konsep zakat fitrah sedini mungkin agar mereka tumbuh dengan kesadaran berbagi kepada yang membutuhkan.

Bagaimana cara menyalurkan zakat fitrah?

Ada beberapa cara untuk menyalurkan zakat fitrah, antara lain melalui lembaga amil zakat terpercaya, organisasi sosial, atau langsung kepada yang membutuhkan yang kita kenal dengan baik. Pastikan zakat fitrah yang disalurkan tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apa yang terjadi jika seseorang tidak membayar zakat fitrah?

Menahan atau tidak membayar zakat fitrah yang seharusnya merupakan kewajiban bisa berdampak pada kelancaran amal ibadah seorang muslim. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami dan melaksanakan zakat fitrah dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan berkah dan keberkahan dalam hidup ini.

Bisakah zakat fitrah ditunaikan dengan uang?

Tentu saja, zakat fitrah dapat ditunaikan dengan uang. Namun, pastikan bahwa jumlah uang yang disumbangkan setara dengan nilai zakat fitrah yang ditentukan untuk wilayah tempat tinggal Anda.

Sumber :

Explore More

Gaya Hidup Spiritual : Hotelier

Februari 27, 2023 0 Comments 0 tags

Gaya Hidup atau Lifestyle yang Populer di Indonesia Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, budaya, dan kebiasaan. Namun, di era modern ini, ada beberapa gaya hidup atau lifestyle yang

Kursus Desain Kuku Jogja : feta.beauty

Juni 5, 2023 0 Comments 0 tags

Halo! Apakah kamu ingin terjun ke dunia desain kuku? Atau mungkin kamu sedang mencari tempat kursus desain kuku di Jogja? Tenang saja, di sini kami akan memberikan informasi mengenai kursus

aplikasi umkm android : Androidponsel.id

Februari 13, 2023 0 Comments 0 tags

Usaha kecil dan menengah (UMKM) adalah salah satu jenis usaha yang paling menguntungkan saat ini. Meskipun perkembangan UMKM telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, masih banyak entrepeneur yang mencari